jump to navigation

Sekilas Info Seputar SNMPTN 2009 – bag 2 April 30, 2009

Posted by Administrator in Informasi SNMPTN.
Tags: ,
trackback

Jadwal Ujian Snmptn 2009

1. Ujian Tulis
* Rabu, 1 Juli 2009:
o Tes Potensi Akademik
o Tes Bidang Studi Dasar
* Kamis, 2 Juli 2009:
o Tes Bidang Studi IPA
o Tes Bidang Studi IPS
2. Uji Keterampilan
* Pendaftaran Uji Keterampilan dilaksanakan pada tanggal 4 Juli 2009 dan pelaksanaan Uji Keterampilan pada tanggal 8 Juli 2009.

ALUR TATA CARA MEMPEROLEH FORMULIR PENDAFTARAN

snmptn 2009

snmptn 2009

JENIS TES

1. Tes Potensi Akademik (TPA).
2. Tes Bidang Studi Prediktif (TBSP) :
* Tes Bidang Studi Dasar terdiri atas mata ujian Matematika Dasar, Bahasa Indonesia, dan Bahasa Inggris.
* Tes Bidang Studi IPA terdiri atas mata ujian Matematika, Biologi, Kimia, dan Fisika.
* Tes Bidang Studi IPS terdiri atas mata ujian Sosiologi, Sejarah, Geografi, dan Ekonomi.
3. Uji Keterampilan untuk beberapa program studi.

jadi TPA adalah tes yang mengukur kemampuan verbal, kuantitatif, dan penalaran (logika) sedangkan TBSP adalah tes bidang studi yang terdiri dari kemampuan dasar dan kemampuan ipa/ips yang bertujuan untuk memprediksikan kemampuan akademik calon mahasiswa.

PENILAIAN HASIL UJIAN

1. Penilaian hasil ujian menggunakan ketentuan sebagai berikut :
* Jawaban BENAR : + 4
* Jawaban SALAH : – 1
* Tidak Menjawab : 0
2. Setiap mata ujian akan dinilai berdasarkan peringkat dengan skala nol sampai seratus sebelum nilai tersebut dijumlahkan. Oleh karena itu, setiap mata ujian harus dikerjakan sebaik mungkin dan tidak ada yang diabaikan.

BIAYA UJIAN
1. Rp150.000,00 ( Seratus lima puluh ribu rupiah) per peserta untuk kelompok IPA atau Kelompok IPS.
2. Rp175.000,00 (Seratus tujuh puluh lima ribu rupiah) per peserta untuk kelompok IPC ( IPA + IPS).
3. Biaya tersebut disetor ke Bank Mandiri. Biaya yang sudah disetor tersebut tidak dapat ditarik kembali dengan alasan apapun.

KELOMPOK PROGRAM STUDY DAN JUMLAH PILIHAN

1. Program Studi yang ada di Perguruan Tinggi Negeri dibagi menjadi dua kelompok, yaitu Program Studi kelompok IPA dan IPS.
2. Setiap peserta ujian kelompok IPA/IPS dapat memilih maksimal dua program studi sesuai dengan kelompok ujian yang diikuti.
3. Setiap peserta ujian kelompok IPC dapat memilih maksimal tiga program studi dengan catatan minimal satu program studi kelompok IPA dan satu program studi kelompok IPS.
4. Urutan pilihan Program Studi merupakan prioritas pilihan.
5. Peserta ujian yang memilih satu program studi boleh memilih program studi dari PTN di wilayah mana saja (lintas wilayah).
6. Peserta ujian yang memilih dua program studi atau lebih, salah satu program studi tersebut harus merupakan program studi dari PTN yang berada satu wilayah dengan tempat peserta mengikuti ujian. Pilihan yang lain dapat merupakan program studi dari PTN di luar wilayahnya (lintas wilayah).
7. Daftar program studi, daya tampung dan jumlah peminat tahun 2008 akan dicantumkan dalam Buku Panduan Peserta.

CARA MEMPEROLEH FORMULIR PENDAFTARAN

1. Membayar biaya ujian di Bank Mandiri melalui :
* Kantor cabang Bank Mandiri di seluruh Indonesia.
* ATM Mandiri.
* Mandiri Internet.
* Loket Bank Mandiri yang berada di tempat pendaftaran.
2. Saat melakukan pembayaran, calon peserta memasukkan informasi :
* Lokasi ujian.
* Nomor ID calon peserta (KTP/SIM/Tgl Lahir Lengkap).
* Kelompok Ujian (IPA/IPS/IPC).
3. Pembayaran dapat dilakukan secara kolektif di seluruh cabang Bank Mandiri dengan melengkapi daftar calon peserta seperti butir (2).
4. Pembayaran dapat dilakukan mulai tanggal 1 Juni 2009 (dapat diwakilkan).
5. Penukaran bukti pembayaran (slip setoran/struk ATM/print out Internet Banking asli dari bank) dengan Formulir Pendaftaran SNMPTN 2009 di Panitia Lokal setempat dapat dilakukan tanggal 15 – 26 Juni 2009 (dapat diwakilkan).
6. Alur Pendaftaran dapat dilihat pada halaman 22.

CARA PENGEMBALIAN FORMULIR PENDAFTARAN

1. Pengembalian Formulir Pendaftaran dilaksanakan di Panitia Lokal pada tanggal 15 – 27 Juni 2009.
2. Pengembalian Formulir Pendaftaran harus dilakukan sendiri (tidak boleh diwakilkan).
3. Pada saat mengembalikan Formulir Pendaftaran, peserta harus membawa :
* Formulir Pendaftaran SNMPTN yang sudah diisi lengkap dan benar serta tiga lembar pasfoto berwarna terbaru ukuran_4_x_6_cm, yang sudah ditempelkan pada bukti hadir dan tanda peserta SNMPTN (kecuali tanda tangan dan cap jempol).
* Fotokopi Ijazah dan STL serta menunjukkan aslinya.
* Fotokopi Identitas Diri (KTP/Paspor/Kartu Pelajar) dan menunjukkan aslinya.

info lengkap dan terbaru situs resmi snmptn : http://www.snmptn.ac.id

DAPATKAN
SOAL + PEMBAHASAN SOAL SNMPTN 2008
GRATIS…
UNTUK MEMBER WWW.PREDIKSI-SNMPTN.COM


Komentar»

1. jangkrik - Mei 1, 2009

kami berhak dapat kesempatan sekolah yang sama.jadi tolonglah diminimalisirkan biaya pendaftaran yang relatif mahal itoe

2. Tiar - Mei 3, 2009

Jd.. Pemblian formulir mulai tgl brapa?

3. bla - Mei 4, 2009

qoute : Tes Bidang Studi IPS terdiri atas mata ujian SOSIOLOGI, Sejarah, Geografi, dan Ekonomi.

sosiologi ????? gak salah ???

chico - Juni 10, 2009

Yup.. sekarag pake sosiologi..

sejak tahun 2008, cuz UN nya aja pake sosiologi.

begitu..

and angkatan aku kelinci percobaan pemerintah, UN nya jd 6 mata pelajaran.. tapi Anehnya malah peningkatan kelulusan naik dr tahun sebelumnya..
o_O

4. Fhyta - Mei 5, 2009

maaf,klo saya boleh usul tolong di sediakan jumlah kursi per fakultas.. di setiap PTN

5. Yulce Topolega - Mei 5, 2009

Saya mau menanyakan pendaftaran SMPTN di mulai tanggal berapa???
Di mana pendaftaran di laksanakan? Selain melalui Bank Mandiri,
apakah formulir dapat diperoleh melalui Universitas Negeri
yang ada di Kota saya, contohnya saya bisa memperolehnya di Universitas Gajah Mada (UGM)!!!!!!

Terima kasih….. Gbu

6. tika - Mei 7, 2009

oya aq mo nanya nih,,,,
pada saat pengembalian formulir ditempat panitia lokal tu dimana yua??
makacih sblmnya n cptan dibales yua!!!

7. Arum puri p - Mei 8, 2009

Saya mau tanya maksudny jngan ada soal yg diabaikan itu berarti semua soal hrs d jwb?
Atau ad kriteria2 seperti cr penilaian sleksi masuk STAN?
Tlong pnjelasany?

8. BOY - Mei 9, 2009

memang benar selogan kecil “ORANG MISKIN DILARANG SEKOLAH”
uang pendaftaran aja mahal, emang orang miskin gk ada tempat di NEGERI INI!!!!!!!!!!!!!!!!
TOLONGLAH PEMERINTAH KU DI REVISI LAGI SYARAT-SYARATNYA TERUTAMA UANG PENDAFTARANNYA

9. rico - Mei 10, 2009

test kemampuan akademik uktuk pelakaran pa saja

10. evie - Mei 11, 2009

bs gak pendaftarannya make kartu pelajar?

11. tia - Mei 12, 2009

jd mulai di buka pendaftaran tgl brp?? tempat tes nya dmn?

12. nissa - Mei 12, 2009

aduhh
pendaftaranya kapan dimulai ?
apa aku udah kelewatan?
biayanya berapa formulirnya?
sama tgl pendaftarannya?
bisa beli formulir di panitia ga?

13. ieZtia_na - Mei 13, 2009

kpn snmptn di mulai??

liphia leite - Mei 31, 2009

1 dan 2 juli

14. mufydah - Mei 13, 2009

iyaa..
toLong dong info tentang prosedur pendaftaran.
kayak kapan pendaftarannya, prsyaratanya apa aja, dLL.
kirimnya ke Layyin_anym@yahoo.com atw ke my phone 085651187186.
secepatnya.
thanks before.

15. vita vit - Mei 13, 2009

jadi binun ,,
sebenarnya pendaftaran SNMPTN mule kpan ??
kalo 1 Juni ,berarti barengan sama testnya dund ???

16. wiena - Mei 14, 2009

positif tha jur. ips thun Nie Ad SOsIoLOgi Na/ehm>>>>>……

17. nanang - Mei 14, 2009

terus bagi anak mak ( keagamaan ) bagaimana?

18. honey_sucks - Mei 14, 2009

mumed kang

XO XO

19. khaleed_aq - Mei 15, 2009

tolong jumlah daya tampung yang masih tersisa tiap2 PTN juga dipublikasikan . .

makasih

20. panah hujan - Mei 20, 2009

thanks🙂

21. ipeh - Mei 21, 2009

pendaftarannya dimulai kapan sih ??
bingung ..
trus persyratannya ap ??
kasi taw selengkapnya ya di emailQ ..
siilemodsangad@yahoo.com
makkasii ..

22. uty - Mei 22, 2009

haihai..ada kisi2?

23. amal - Mei 24, 2009

kalo kt dah ktrm dr jalu tes glmbg1,kmdian ikt snmptn jg lulus,apkh uang sumbgnx bs d balikin? 100% ato brp persen?
pendaftaran snmptn d buka tgl brapa?
thx ats inf0x

24. tiwi - Mei 24, 2009

kapan sih pendaftaran snmptn di unnes ? bingung

25. ratna - Mei 26, 2009

berpa sih jumlah soal dalam snmptn per bidang studi???

26. jefti - Mei 26, 2009

gimana cara daftar snmptn…..? n testnya dimana ……..?

27. safna - Mei 27, 2009

pendaftarannya kapan dimulai???
dah tak cari2 kok gak ada2
ntar kalau dah dibuka tlg krm ke safna_aniez@yahoo.com

28. hotmaringan tua sinaga - Mei 27, 2009

kalau ngambil pend.musik nya memang mesti ikutin test praktek,,gmn ne klu yg d luar pulau jawa…sperti d sumut,,kn g mgkin msti k jawa tuk ikutin test ny smntara ongkos sumtara-jawa kan mahal……bntuin dunkz gmn ke’ cr ny spy g ikut test prktek…..
blz…..
hp:081361584418

29. Rettyna - Mei 27, 2009

kapan pengumuman buat beasiswa tahun ini?

30. de konyel - Mei 28, 2009

heeeee…… nju nju nju…….

31. metha - Mei 28, 2009

Q mau nanya…kalw mau ngmbil jurusan pendidikan misalnya…pend.mat atw pedidikan apalah yang clon2 guru gt ntr jd nya..ada pula tes keterampilan nya tuh???bls yh…..

yhiugha - Juni 1, 2009

hy.,

32. girl - Mei 29, 2009

gmn klo biaya pndaftarannya lngsung ja gmn????g sah lwt mandiri,,,,

33. bari - Mei 29, 2009

blh nda,,tmpt pmbyaran n lkasi ujiannya beda…??

34. Lyna F - Mei 29, 2009

JAdi,, pendaftaranYa itu mulai di buKa tanggal brp??

35. vita - Mei 29, 2009

duh kan hari ini pendaftaran terakir di sekolah dan gw bener-bener lupa, jadi gw bisa daftar dimana yaa
tolong dong, kasi tau ke email gw otongjenaka@hotmail.com
plis banged

36. ira - Mei 29, 2009

geografi masih ada?
tapi kok di kompas hari Kamis, 28 Mei 2009 katanya geografi di ganti dengan ppkn?
yang mana yang bener tuh

37. siska - Mei 29, 2009

q mo nanya,, klo dr ipa tp milihnya cm ips bisa apa gag????

38. dendhy - Mei 29, 2009

persyaratan PSSB koq q lom mdeng bner bgt yaw…..
please jlsin?
tq…..

39. liphia leite - Mei 31, 2009

klo milih jurusan sama tapi di ptn yang b’beda boleh g
contohnya nie
matematika di um ma unbraw…
reply please.

40. yhiugha - Juni 1, 2009

hy., hy.,
doain ak byar ditrima kul ea
thanks for all

41. Cha - Juni 2, 2009

, dah da info nii
, thanks unila
, langsung daftar nii kayaknya besok

42. gecko - Juni 4, 2009

yang boleh ikut snmptn lulusan tahun brapa aja????

43. Tomy - Juni 9, 2009

Pendaftaran untuk wilayah tegal dmn??tahxx..

44. ladyez - Juni 10, 2009

thxxxxxxxxxxxx infrmse na

45. fitria - Juni 15, 2009

duwh ribet sangad she..
gmn cara ambil formulir pendaftarannya..??
huuuft,,,
kasih tau donk

46. evi - Juni 16, 2009

pengumuman gasil snmptn kpn ya?
thx info nya

47. Maya - Juni 16, 2009

Mau tanya ne?
klu qta milih ipc. .
jurusn prtma ku akuntnsi,management,dn budi daya perairan. .
trz. .
ktna klu ad nilai mti dr slh satu peljrn yg d ujikan. .qta ud tdk g lolos lge. .

trz. .
ak mau tny. .
jika. .
d nilai ipa ku ad yg nilai mati. .
pengaruh pa g sma nilai ips ku?
kn plhn ptma ku ips. .
pgruh g pnilaix?
jwb iag. .
mksi. .

48. melpa - Juni 17, 2009

fotonya bagi lulusan 2009 harus berwarna ya, soalnya tahun yang lalu pake foto hitam putih 4×6 dua lembar,
trus foto yang 1 lagi untuk pa

49. ryan pk - Juni 22, 2009

sy anak ips tp mw msuk jurusa matematika non pendidikan di UPI..
kira2 bisa gak yha??
trus menurut anda gmn tentang pernyataan saya>>

50. MarSha - Juni 25, 2009

Duh, , mci bingunx euy. . Ribeudh sangadh dFtr.a. .
-_-“

51. Ivan - Juni 30, 2009

Ciip…!!!

52. juan - Juni 30, 2009

gw anak IPA tp mw msuk fkltas ekonomi bisa gak yah.,.,.??????

53. ghani - Juli 3, 2009

pak,, nilai kimia snmptn gue minus5. Lha plajaran laennya bgus2.
apa itu mempengaruhi jaln saya menuju PTN yang Q inginkan?
Pdahal pilihan di snmptnQ PGnya g gede2 amat.

54. ghani - Juli 3, 2009

nilai kimiaQ minus pak!!!
pa dgn bgitu aQ langsung digugurkan dlm snmptn 2009? tnpa melihat hasil pelajaran yang laen.

55. RaNny yuliana sari - Juli 3, 2009

Pak,bu,atw kak sy mw tny..
SnMptn kMRn saya piliH jurusan..
Pend kesjahteraAn kLuarga UNJ
Pend tek bngunan UNS
Dan PGMI UIN..
Dr jurusan yg sy piliH tsbt jurusan mana yg adh tes ketrampilan’a?

ToloNg blz yawh penting bgd ney ke email Boboho_bolobolo@yahoo.com

56. Yudi - Juli 9, 2009

Tahun ini, pada SNMPTN ini ada nilai matinya ga??

57. sunarno - Juli 9, 2009

apakah pengumuman SMPTN bisa dilihat melalui internet

58. Sunarno - Juli 9, 2009

kapan pengumuman SMPTN diumumkan

59. gany - Juli 25, 2009

passing grade ipb 2009 brpa yah?
cara menghitung nilai snmptn bagaimana??

60. mitha - Juli 25, 2009

kalo kita diterima d PTN tapi kartu peserta SNMPTNnya hilang gimana? jadi gugur ga? makasih infonya..

61. ronny welfrin - Agustus 4, 2009

aduh cape nyari tanggal pendaftaran ulang snmptn
ada yang bisa kasih tau gk kapan terakhir pendaftaran ulang di universitas khairun
bagi yang tau tolong kasih tau aku ya
di welfrin_ronny@yahoo.com
terserah mau YM,@mail,Friendster,FaceBook,Tagged
yang penting tolong ya komen ke aku kasih tau aku ya please
aku butuh bgt

62. Stuard - Desember 8, 2009

Saya warga kalimantan timur ingin mendaftar ke its.. Tolong bimbingannya ? Dan apakah tes lulusan sTM dan lulusan smA sama ?

63. Azvan - Maret 6, 2010

Tolong donk kirimkan Soal snmptn 2008 ke Emailku…. Please……… Q lagi semangat belajar nich…….

64. thyn - April 2, 2010

ada program agama gak?
bagi anak IPS boleh gak masuk jurusan agama?
kalo ada terus apa saja yang di ujikannya?
sama mo minta kuotanya berapa untuk masing – masing perguruan tinggi negri?

65. edwine syah ronny - Mei 7, 2010

pengembalian formulir maksudnya apa sih.????

truz jumlah soal yg diujikan biasanya brapa tuh,,..

aku ingin sekali lulus,,..SNMPTN,,..tahun ini,,..

smoga tahun neh menjadi tahun yg bersejarah,,..dan indah bwt aku,,..dan tmand”,,..karna kita bisa lulus dan masuk PTN yg kita inginkan,,…amiiin ya ALLAH,,.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: