jump to navigation

10 Jurusan Kuliah Paling Diminati Desember 7, 2013

Posted by Administrator in Info Umum.
Tags: , ,
trackback

pekerjaanBagi anda yang ingin melanjutkan pendidikan di Perguruan Tinggi pasti tidak ingin salah langkah dengan memilih jurusan kuliah nantinya. Karena sebaiknya anda memilih jurusan kuliah sesuai dengan apa yang anda sukai sesuai minat anda.

Nah sebelum menentukan pilihan jurusan kuliah, ada baiknya anda untuk mengintip 10 jurusan kuliah yang dicatat oleh QS Top Universities belakangan ini. 10 jurusan kuliah ini diketahui telah banyak dilirik oleh lulusan Sekolah Menengah Atas saat akan meneruskan pendidikan di Perguruan Tinggi. Berikut adalah data 10 jurusan kuliah yang paling diminati:

1. Kedokteran

Peringkat pertama untuk jurusan kuliah terfavorit dipegang oleh jurusan kedokteran. Hal ini tentu saja tidak mengejutkan karena bidang ini terbilang cukup stabil dan permintaan untuk tenaga medis cukup banyak di Indonesia. Well, bagi yang ingin memilih jurusan  kuliah ini tentu harus mempersiapkan diri dengan baik karena persaingannya sangat ketat. Kemudian jangan lupa juga untuk memilih Universitas yang memiliki jurusan kedokteran yang berkualitas dan memiliki daya saing.

2. Ilmu Komputer

Jurusan kuliah yang satu ini menempati posisi kedua setelah jurusan kedokteran. Tentu saja, karena perkembangan teknologi komputer saat ini cukup pesat sehingga banyak orang yang memiliki kemampuan komputer sangat dicari. Yang membuat jurusan kuliah ini menjadi pilihan, lulusan dari jurusan komputer berkesempatan memperoleh pekerjaan dengan bayaran yang tinggi, dimanapun itu baik didalam Negeri maupun luar Negeri.

3. Hukum

Seperti halnya jurusan kuliah kedokteran, jurusan yang satu ini merupakan salah satu subjek yang menerima banyak permintaan lulusan baru yang memiliki reputasi bagus. Namun tentu saja, untuk sukses di bidang hukum tidak boleh asal memilih Universitas yang menawarkan jurusan hukum. Namun perlu pertimbangan yang matang dalam menentukan pilihan yang berkualitas.

4. Ekonomi

Untuk jurusan non-eksakta, Ekonomi menduduki peringkat kedua setelah hukum. Meski lulusan yang berasal dari bidang ekonomi cukup banyak, permintaan perusahaan tetap tinggi. Tujuan orang yang memilih jurusan kuliah ini tentu saja agar mudah mendapatkan pekerjaan setelah selesai melanjutkan pendidikan tinggi kelak.

5. Teknik Mesin

Jurusan yang satu ini juga tak kalah banyak dilirik oleh anak-anak yang baru saja lulus SMA karena menawarkan pekerjaan dengan honor yang cukup tinggi. Meski persaingan untuk masuk ke jurusan ini terbilang sulit, tapi minat untuk masuk jurusan kuliah ini tetap saja tinggi. Untuk itu, bagi yang berminat bisa menyiapkan diri saat ini.

6. Psikologi

Selain jurusan kedokteran, ada satu jurusan yang tidak berbeda jauh yaitu jurusan Psikologi. Jurusan kuliah ini selalu masuk dalam 10 jurusan terpopuler di Inggris dan bahkan di dunia. Hal ini terbukti dengan banyaknya minat anak-anak yang lulus SMA memilih jurusan Psikologi sebagai pendidikan lanjutan setelah selesai di Sekolah Menengah Atas.

7. Teknik Elektropasing grade unpad 2015

Untuk bidang jurusan teknik, jurusan teknik elektro menjadi jurusan kedua yang paling banyak diminati setelah jurusan teknik mesin. Jurusan ini terbilang unik karena menawarkan lahan kerja yang sangat disukai anak-anak masa kini yang senang dengan teknologi atau gadget. Tidak heran jurusan ini mampu masuk dalam daftar 10 besar jurusan kuliah yang paling diminati.

8. Matematika

Jurusan selanjutnya yang populer adalah matematika. Meski ilmu ini adalah ilmu dasar, permintaan akan ahli Matematika saat ini tetap saja tinggi. Pasalnya, ahli Matematika saat ini memiliki lahan kerja yang sangat luas dibandingkan jurusan lain. Meski dibituhkan kemampuan dalam ketelitian dan kesabaran, namun tetap saja banyak yang memilih jurusan kuliah yang satu ini.

9. Fisika

Tidak berbeda jauh dengan jurusan Matematika yang penuh dengan perhitungan, jurusan Fisika juga banyak diminati. Uniknya, minat di jurusan Fisika ini meningkat karena banyaknya film bertema Science seperti “The Big Bang Theory” yang membuat anak-anak muda berubah pikiran bahwa menjadi ilmuwan ternyata keren.

10. Geografi

Jurusan kuliah terfavorit yang terakhir ini baru-baru saja banyak diminati yaitu jurusan Geografi. Mempelajari ilmu ini banyak dibilang orang membosankan, akan tetapi karena banyaknya permintaan terhadap ahli Geografi maka jurusan ini menjadi satu yang diminati.

Nah, sudah dapat gambaran bukan, sebaiknya anda memilih jurusan kuliah sesuai dengan kemampuan dan minat anda. Karena ilmu yang anda dapatkan kelak akan digunakan sebagai modal anda bekerja dan sukses. Semoga membantu.

Source:Kompas.com

Komentar»

1. munica - Desember 10, 2013

bagaimana cara menentukan jurusan yang pas buat kita sedangkan kita belum tahu apa yg menjadi kemampuan,bakat&cita-cita?

2. femyf - April 22, 2014

Kalo farmasi ? Masuknya di kedokteran yah ? Jadi di posisi pertama gitu ?

3. roni - April 28, 2014

klw pndftaran usu bgian kdktran itu kpan ya ????

Sahat Agustinus - Januari 18, 2015

usu jelek mas bagus di unimed aja. berkualitas kok

4. Icahbanjarmasin - Mei 28, 2014

Info yang sangat bermanfaat nih sob.

5. Suharyan167 - Juli 1, 2014

Hhmm.. jika memilih jurusan psikologi apa mudah untuk mencari pekerjaan? tapi bukankah jurusan komunikasi juga banyak diminati..

6. sivi zireyna - Juli 18, 2014

terus gimana cara milih universitas yang berkualitas?

7. Muh. faisal - Juli 21, 2014

yes akhrx kimia gk msk brarti pesaing gak bnyk nih ,,,

hahahaha

8. dusuntengah - Agustus 11, 2014

bagi saya semua jurusan itu bagus karena pada intinya kuliah itu untuk membentuk pola pikir seseorang menjadi lebih kritis dan dewasa serta mempunyai pikiran yang panjang dan jauh kedepan. Jadi misalkan kita kuliah di jurusan TI belum tentu nantinya kita menjadi seorang IT yang handal alias tergantung nasib seseorang juga, hehe.

9. zalvina.cute - Oktober 24, 2014

Trimaksih info-Nya sob (y)
Bagus bangiet and sangat bermanfaat ,
Saiia jadi ngerti , and tau ,mna ynk harus saiia ambil nntinya

10. Mukhlisin - Oktober 26, 2014

wah jurusan ane minati no 2 tuh…

11. Maria Manik - Maret 3, 2015

suka banget jurusan yang pertama..🙂


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: