jump to navigation

SPMB Diganti Senam PTN jadi bukan SNMPTN Mei 13, 2008

Posted by Administrator in snmptn.
Tags: , , , ,
trackback

[SURABAYA] Sebanyak 57 kampus yang keluar dari Sistem Penerimaan Mahasiswa Baru (SPMB) dan tergabung dalam Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (Senam PTN), menyatakan siap menggelar ujian masuk di 38 tempat di Indonesia. Ujian akan dilaksanakan 2-3 Juli 2008. Penjualan formulir pendaftaran 16-28 Juni, dan pengumuman hasil tes pada 1 Agustus.

“Mekanisme secara keseluruhan pelaksanaan masih sama dengan SPMB, calon mahasiswa membeli formulir untuk program IPS dan IPA atau dua pilihan universitas seharga Rp 150.000. Sedangkan untuk program IPC atau tiga pilihan perguruan tinggi seharga Rp 175.000.

Pencetakan soal dibuat di tujuh provinsi, yaitu di Aceh, Padang, Jakarta, Bandung, Semarang, Surabaya, dan Makassar,” ujar Dirjen Pendidikan Tinggi Depdiknas, Fasli Djalal, di Surabaya, Minggu (12/5).

Menurut Fasli, dalam pelaksanaan Senam PTN, pemerintah juga memberikan beasiswa sebesar Rp 10 miliar bagi siswa yang memiliki potensi untuk dapat meneruskan pendidikan di bangku perguruan tinggi sebanyak 2.000 orang. “Proses penjaringan mahasiswa berpotensi itu melalui formulir yang kita berikan gratis kepada, dan setelah mereka ikut tes masuk PTN, 2.000 mahasiswa yang berprestasi itu akan diurutkan nilainya apakah mereka dapat masuk,” ujarnya.

Pembayaran

Dia mengatakan, mengenai sistem penjualan formulir, nantinya dana tersebut langsung masuk ke rekening Senam PTN di Bank Mandiri. Sebelumnya pelaksanaan SPMB dan UMPTN panitia menunjuk pembayaran dilakukan di Bank BNI.

“Untuk sementara waktu dialihkan ke Bank Mandiri dengan alasan setelah dilakukan fit and proper test Bank Mandiri dengan teknologi yang tersedia di bank ini, mereka mampu mengelola pemasukan dari Senam PTN dan teruskan sebagai penerimaan negara bukan pajak (PNBP),” katanya.

Menurut Fasli, melihat dari sekitar 25 juta penduduk Indonesia berusia 19-24 tahun hanya 17,24 persen yang terserap di perguruan tinggi (PT). [E-5]

SOURCE : http://www.suarapembaruan.com/News/2008/05/12/Kesra/kes01.htm

Komentar»

1. hasti - Mei 14, 2008

mau tanya ada berapa banyak universitas yang ikut Senam PTN ini dan itu Universitas pa aja?

penjualan formulir Senam PTN kolektif dari sekolah sperti biasa kan?

makasih

2. yayang - Mei 17, 2008

UniVersitas sumatra utara dan universitas negri medan ikut dalam senam ptN gak?

3. NANA - Mei 17, 2008

uns itu ada seleksi mandiri ga si……..,kalo ya minta informasinya donks,makasih…bls

4. SHIFA - Mei 20, 2008

ass, univ yang tergabung dengan snmptn apa saja ya???

5. oktavian - Mei 29, 2008

ass,
saya mau tanya apakah benar bahwa spmb itu dilaksanakan di masing2 universitas, trus apabila saya gagal apakah saya bisa mengikuti senam PTN ?

6. mia - Mei 30, 2008

jadi, senam ptn sm umb itu beda ya?
kalau untuk pendaftaran dibandung, dmn ya?
thx in advance

7. cinta - Juni 2, 2008

t4 beli form pendaftaran d surabaya dmn y???

thx b4

8. Gunawan - Juni 7, 2008

Ass. Saya mau tnya klo tempat pmblian formulir senam PTN 2008 di jkt dmn ya? Cz saya telat dftr di skul tlg bles ya di gunchynkg@dis.dessa or aliet_2364@yahoo.Com… Thank’s

9. CiNtA,,,,, - Juni 9, 2008

KaSiH PaSsiNg GrAdE YaNg TerUpDatE DwuNkZzZZZZzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzz!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

10. niesya - Juni 9, 2008

ass unnes termask senam ptn g’ya

11. nada - Juni 10, 2008

UNJ masih termasuk daftar senam PTN ga?

12. june - Juni 10, 2008

senam PTN dibagi regional ya?
apa harus ambil formulir di regionalnya masing-masing?

13. firdy - Juni 12, 2008

passing grade kedokteran ui n unsyiah berapa,?tlg d bls cepat ya,,,,,

14. ricky - Juni 13, 2008

teknik komputer UI dan teknik infomatika UNSRI menerima berapa mahasiswa???

15. sri hartati - Juni 14, 2008

tempat pendaftaran senam ptn panitia lokal bogor itu dmn yah??
trus klo ikutan nya bkn kolektif gmn crany?
ikk ipb msk senam ptn ga?
passing grade nya brp?

16. fuji - Juni 15, 2008

senam ptn di sby daftarnya dimana?

17. merry - Juni 15, 2008

mau tau dong, klo di bogor formulirnya beli di mana??
katanya bayar formulir dlu lewat rekening Bank Mandiri yah??
no rekeningnya brp??

18. dewi - Juni 16, 2008

buat pembelian formulir senam PTN bandung dmna ya,,,,,??????

19. Mustofa - Juni 17, 2008

Pak Fasli,
buat nyari formulir gratis gimana caranya

20. yin - Juni 19, 2008

Tempat beli formulir SNMPTN d jakarta dimana? Secepatnya ya k email turun3kilo@yahoo.com

21. Arini - Juni 20, 2008

Ass..mw tnya,klo mw ambl frmulir kn hrz byar dlu lwt bank mndiri..trz no rkeningny brp??
P bnr kl frmulirny bs ddptin di intrnet??blz y..thnx,

22. geppp! - Juni 30, 2008

mau minta passing gradenya ipb dnk, krm secepatnya ya.. urgent!

23. YANTHY - Januari 7, 2009

Q mo nanya ap bda_a Senam PTN ma USM ato y laen ..?Blz k email q y
Ne alamat_a : apryliayanthy@yahoo.co.id

24. aYu .. - Januari 28, 2009

Ass ..
Mao tanya tempat pembelian formulir snmPTN di Bogor dimana ya ??
Minta alamatY donk ..
Bayar langsung di tempat daftar apa lewat rekening ??
Rep ngetrexX ea ..

marley - Juni 5, 2009

uy mo kul y..???
bngung dptarnya bkn??
xma kya w dong…hahah
klo ad kbr…,krim ke email w iak…,oce

25. Fu3 - Januari 31, 2009

AsSLmkUM,.
Mw tnyA nE,.Test masuk UI dari UNSRI itu,pendAFtaraNNya dmna ya??mksih

26. aco - April 23, 2009

tempat beli formulir dilampung kmana ya

27. tya - Mei 15, 2009

sNm PtN jKrta dUngggg . . .

saiia pusngg

28. Ninu Noey - Juni 4, 2009

Kalo gax ke sekolah biasanya beli nya ke mana?

29. marley - Juni 5, 2009

asalamualaikum…….,
mao tnyua neee,kalo snmPTN di bgor mulainya kpan iak???
trus byarnya lwat rkening ap di tmpt dftarnya….,
repp ke email y…,lingga.nugroho@yahoo.co.id

mu kuliah jd bingung gra2 g au tmpat daptar,,,,.hahaha
repp g pke ngtemmmmmmmmmmmmmmmm,oce.

30. ghufron - Juni 10, 2009

semmmrangat semua jangan pada nyerah,kalian pasti bisa.yang mau kenalan sam saya kirim aja ke email ghufron_fajar@yahoo.com

31. Dinda Agus Triyana - Januari 8, 2010

mantap gan … gak penting soal nama, yang penting isinya …

denger – denger siih, senam PTN bakal di hapus yah ?

32. gia - Mei 6, 2010

dmana yach tmpat bli formulir nya p pariaman


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: