jump to navigation

SNMPTN 2012 Sediakan 615.715 Kursi Januari 24, 2012

Posted by Administrator in Informasi SNMPTN, SNMPTN 2012.
Tags: , ,
trackback

JAKARTA–Berdasarkan hasil rapat Majelis Rektor Perguruan Tinggi Negeri Indonesia (MRPTNI) di Jakarta pada 16 Oktober 2011 lalu, para Rektor Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dibawah koordinasi Ditjen Pendidiikan Tinggi Kemdikbud memutuskan untuk kembali menggelar Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) tahun 2012.

Ketua Panitia SNMPTN 2012, Akhmaloka mengatakan, SNMPTN tahun ini akan tetap dilaksanakan melalui dua jalur. Pertama, jalur ujian tertulis dan/atau ketrampilan. Kedua, jalur undangan berdasarkan penjaringan prestasi akademik.

“Akan tetapi, ada beberapa PTN yang menyediakan jalur mandiri. Komposisi di dalam SNMPTN tahun ini adalah penerimaan melalui jalur SNMPTN sebesar 60 persen, dan 40 persen sisanya melalui jalur mandiri,” ungkap Akhmaloka di Gedung Kemdikbud, Jakarta, Kamis (19/1) malam.

Rektor ITB tersebut menjelaskan, SNMPTN jalur undangan berdasarkan prestasi akademik (nilai rapor) dilatarbelakangi atas pemikiran bahwa sekolah (SMA/SMK/MA/MAK) sebagai satuan pendidikan. Serta, para guru sebagai pendidik diyakini selalu menjunjung tinggi kehormatan dan kejujuran sebagai bagian dari prinsip pendidikan karakter.

“Sekolah dengan demikian dapat memberikan penghargaan dan kepercataan melakukan seleksi awal calom mahasiswa yang berprestasi dan diharapkan dapat menyelesaikan pendidikan tinggi dengan baik. Hasil Ujian Nasional (UN) digunakan sebagai evaluasi akhir terhadap kelulusan di Jalur Undangan dan Jalur Tertulis,” jelasnya.

Mengenai daya tampung, Akhmaloka menyebutkan SNMPTN 2012 ini memiliki daya tampung 615.715 kursi. Rinciannya, Jalur Undangan sebanyak 46.674 kursi dan Jalur Ujian Tertulis sebanyak 119.041 kursi. “Ini hanya gambaran saja. Karena daya tampung SNMPTN 2012 ini juga masih menunggu informasi dari masing-masing perguruan tinggi,” imbuhnya.

Biaya pendaftaran SNMPTN Jalur Undangan tahun 2012 sebesar Rp 175.000 per pelamar. Biaya pendaftaran SNMPTN Jalur Ujian Tertulis/Ketrampilan tahun 2012 sebesar Rp 150.000 per peserta untuk kelompok IPA dan IPS. Sedangkan untuk kelompok IPC (IPA+IPS) sebesar Rp 175.000 dan untuk ujian ketrampilan sebesar Rp 150.000.

“Untuk ujian ketrampilan, dibayarkan pada saat peserta mengikuti ujian ketrampilan di PTN penyelenggara,” tambahnya.

Untuk diketahui, jadwal pendaftaran SNMPTN 2012 Jalur Undangan dimulai 1 Februari – 8 Maret 2012. Pengumuman hasilnya pada 25 Mei 2012, sedangkan registrasi mahasiswa baru pada 12-13 Juni 2012. Sementara jadwal pendaftaran SNMPTN 2012 jalur ujian tertulis/ketrampilan pada 10 – 31 Mei 2012. Pelaksanaan ujian tertulis pada 12 – 13 Juni 2012. Ujian Ketrampilan dilaksanakan pada 14 – 15 Juni 2012.

Tata cara pendaftaran dapat diakses melalui laman resmi http://www.snmptn.ac.id. “Pengumumannya hasil semuanya pada 7 Juni 2012 mendatang,” imbuhnya.

Akhmaloka menambahkan, estimasi peserta SNMPTN 2012 berdasarkan data pelaksanaan SNMPTN tahun-tahun sebelumnya menunjukkan adanya kenaikan jumlah peserta sekitar 10 – 15 persen dalam 4 tahun terakhir. Disebutkan, estimasi jumlah peserta tahun 2012 dirincikan jalur undangan 250.000 peserta dan jalur ujian tertulis 600.000 peserta. “Sedangkan estimasi jumlah peserta Bidik Misi sebanyak 85.000 peserta,” sebutnya. (Cha/jpnn)

source : http://www.jpnn.com/read/2012/01/19/114713/SNMPTN-2012-Sediakan-615.715-Kursi-

Komentar»

1. sarah rauf auliyana - Januari 24, 2012

tlng dibuat yg slengkap2ny ttng info snmptn 2012 . .thanks88

2. JUNIOR HENDRI - Januari 24, 2012

saya hanya berharap . saya lolos di PTN yang saya inginkan…. AAmiin…ya ALLOH..

3. Louiz Frenky - Januari 25, 2012

semoga thun ini saya lolos, tidak akan gagal lagi,
amin,

4. Louiz Frenky - Januari 25, 2012

tolong info passing grade thun ini dong,
yang lengkap y.. tq

5. nurdin - Januari 28, 2012

asalamualaikum
ap kh bisa ikut snmptn 2012, sdgkn saya lulusan 2010/2011
.trims

6. Hardianthy Thy Yanthy - Januari 29, 2012

aku sangat berharap bisa lulus di snmptn 2012….
ami3n YA ALLAH….
ridhoi lah hamba mu ini untuk menjadi orang yang sukses….
amieennnnnn…..

dasrul - Mei 31, 2012

aminnn, ya allah.

7. elysa - Januari 29, 2012

kalau jalur PMDK itu bagaimana ?

8. angga ITS - Januari 29, 2012

tolong di berikan juga soal passing grade di PTN masing-masing

9. vinny desasri alfionita - Januari 30, 2012

ibuk/bapak
kalau dibatam ambil formulir pendaftarannya itu dimana ya?
tlong dibls lewat email saya.
terimakasih.

10. fadil - Februari 2, 2012

ass…
kalo lulusan tahun 2010 bisa ikut bidik misi gak ya?
trus bisa gk minta passing grade tiap jurusan di UI,UNPAD,sama ITB ke e-mail saya…….
maksih

11. Iik mustika - Februari 6, 2012

Assalmualaikum wr.wb…
bapak/ibu_
saya mau tnya kalo masuk universitas kedokteran berapa & persemesterya berapa…??????
tolong d jawab ya bu…

12. IinLhouiis Doremii - Februari 6, 2012

bismillahirrohmanirohii…….
mudah2ah cita2 saya terkabul untuk masuk snmptn ……..
masuk jurusan pertambangan…. amiiiiieeeeen……

13. Jannatul F Sauqiya - Februari 12, 2012

Assalaamu’alaikum,_ mv,. Mw tnya!! Lulusan 2009, apakah sudah tdak diperkenankan lagi mengikuti SNMPTN ini? Mhon penjelasannya! Trima kasih_

14. Jannatul F Sauqiya - Februari 12, 2012

Assalaamu’alaikum.. Maaf, mau tanya! Lulusan 2009, apakah sudah tidak diperkenankan lagi mengikuti SNMPTN 2012? Mhon penjelasannya.. Trima kasih_

15. H. Sukis - Februari 14, 2012

SMA saya Akreditasi A. (RSBI), mestinya SNMPTN 50% dari siswa yang kami didik, tapi faktanya setelah kita kirim data, yg bisa daftar kok 30%. mohon kejelasanya,,,,,

16. rinaya - Februari 14, 2012

AssaLamualaikum…
Bpk/Ibu…bagaimana penjelasannya tentang bidik misi..ya..???
Trimakasih

17. dr. daniel ginting - Februari 17, 2012

semoga saya adalah salah satu dari sekian ratus ribu orng yg lolos masuk ke ptn. amiiinn
;(

18. henry nugroho - Februari 19, 2012

semoga tahun ini lebih baik !

19. ampri loyra - Februari 19, 2012

tetap berusaha

20. sucantyk manurung - Februari 20, 2012

semoga tahun ini tahun keberuntungan untuk SNMPTN . . . . .

21. crenata - Februari 20, 2012

berharap aku lulus snmptn …

22. Anna - Februari 21, 2012

Pengen kuliah snmptn
semoga llusss
kira kira gmna soalnyaa

23. dinda - Februari 27, 2012

semoga yang komen semua masuk PTN :] aku juga. amiiiiiiiin

24. j_w_wicaksonono - Februari 27, 2012

banyak saingan ya🙂

25. Susahan mna sh soal un dng unmptn - Maret 4, 2012

Susahan mana sh soal UN dng soal UNMPTN…..?

26. Solahuddin Ramsyah - Maret 5, 2012

Itu apa nda salah daya tampung SNMPTN 2012 = 615.715 Kursi, Mohon segera infonya

27. Winona - Maret 10, 2012

klo lulusan 2010 mulai pendaftaranx kpn..? soalx kyak taon lalu tuh lulusan 2010 m’dftarx lebih cpt drpd yg lulusan 2011

28. Evi sukaesi - April 2, 2012

Lulus SNMPTN adalah salah keinginan terbesar kku d thun 2012 ini..

amin:)

29. faisal pakpahan - April 2, 2012

saya mau minta info tentang passing grade di setiap PTN yg terbaru tahun 2012…

saya minta tolong agar di beri info yg terbaru…

sebelum dan sesudahnya terima kasih..

30. fajri abdillah - Mei 4, 2012

kalo tuk ipc, brpa hari tesnta? apakah 3 hari…? mhon pnjlasannya.. trimkasih..

31. Burju silaban - Mei 10, 2012

masuk PTN adalah harapan saya satu2 ea untuk bs melanjut…saya sangat berharap bisa masuk PTN terutama ke usu
AMIN

32. Jenny Maharani Tatanegara - Mei 30, 2012

Ya allah tolong hamba ini untuk bisa lolos snmptn 2012,ridhoi hamba bisa menjadi orang sukses… amin yarobbala’lamin…

33. dasrul - Mei 31, 2012

mudah mudahan saya lulus ya allah.

dasrul - Mei 31, 2012

amin

34. iko - Oktober 13, 2012

ad info tntang SNMPTN th 2013 gag?

35. joni p sinaga - Januari 20, 2013

saya hanya ingin masuk ptn yang saya inginkan dan smoga bisa jebol pada fakultas yang saya inginkan


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: