jump to navigation

Kenaikan Kuota SNMPTN 2011 Dipertimbangkan September 17, 2010

Posted by Administrator in Informasi SNMPTN, snmptn, soal snmptn.
Tags: , ,
trackback

Calon mahasiswa harus berjuang melalui Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) untuk memperebutkan kursi di PTN idamannya. Namun faktanya, alokasi kursi PTN yang diperebutkan sangat rendah dibandingkan dengan peminat.

Peserta SNMPTN 2010 mencapai 447.000 orang, naik 10 persen dari tahun sebelumnya. Adapun daya tampung hanya 82.000 calon mahasiswa di 57 PTN. Oleh karena itu, Menteri Pendidikan Nasional (Mendiknas) M Nuh mengatakan, mulai tahun depan, penerimaan mahasiswa baru melalui seleksi nasional akan lebih banyak dibandingkan dengan jalur mandiri. Namun, penerimaan bergantung ­kapasitas PTN masing-masing.

Nuh menyatakan, rata-rata perban­dingan jumlah peserta SNMPTN 2010 dibandingkan daya tampung setara dengan 5:1, meng­ingat jumlah kelu­lusan SMA juga naik sehingga perlu penambahan daya tampung di PTN.
“Ada dua hal yang dapat dilakukan untuk menaikkan porsi penerimaan siswa baru di PTN. Pertama, PTN harus menaikkan kapasitas daya tampung mahasiswa, misalnya yang tadinya satu program studi menerima 50 mahasiswa, jadi 70 siswa. Kedua, menaikkan efesiensi lama pendidikan, yang tadinya enam tahun untuk delapan semester, bisa diefisienkan atau diperpendek sehingga PTN bisa cepat menampung mahasiswa baru,” papar Nuh di sela-sela sidak SNMPTN, di Jakarta, Rabu (16/6). Namun ditegaskannya, kebijakan itu masih terus dikaji dan akan dituangkan dalam Peraturan Pemerintah (PP). Belum bisa dipastikan berapa banyak kuota mahasiswa baru lewat SNMPTN.
Wakil Menteri Pendidikan Nasional (Wamendiknas) Fasli Jalal juga mengatakan, kebijakan agar PTN memperbesar porsi penerimaan mahasiswa baru melalui SNMPTN hingga kini masih dalam proses penggodokan. Kementerian Pendidikan Nasional masih mempelajari apakah SNMPTN kondusif untuk mengakomodasi siswa dari segala lapisan untuk masuk ke PTN berkualitas.

Penerimaan Rendah
Sementara itu, Rektor Universitas Indonesia (UI) Gumilar Rusliwa Sumantri mengakui, penerimaan mahasiswa baru UI melalui SNMPTN rendah. Tahun 2009, UI hanya menerima 30 persen dari total mahasiswa baru. Jalur penerimaan terbesar adalah melalui Seleksi Masuk UI (SIMAK UI) yang mencapai 40 persen, yang diselenggarakan UI secara mandiri. Selain itu, penerimaan mahasiswa baru UI juga melalui Program Prestasi dan Pemerataan Kesempatan Belajar (PPKB) dan Ujian Masuk Bersama (UMB).
Gumilar mengatakan, porsi penerimaan lewat seleksi yang langsung diselenggarakan UI sengaja diperbesar. “UI ingin benar-benar mendapatkan mahasiswa yang benar-benar berprestasi. Terbukti, mahasiswa yang diterima melalui jalur PPKB IPK-nya sangat tinggi, lebih dari 3,6,” kata Gumilar.
Rektor Institut Pertanian Bogor (IPB) Herry Suhardiyanto juga mengakui penerimaan mahasiswa baru di IPB melalui SNMPTN hanya sekitar 16 persen. Penerimaan terbesar adalah melalui jalur Penelusuran Minat dan Kemampuan (PMDK) mencapai 66 persen dan sisanya lewat seleksi Undangan Tes Masuk (UTM) IPB.

Sementara itu, Panitia Lokal 42 Semarang SNMPTN 2010 menangkap basah seorang peserta yang diduga kuat melakukan kecurangan ketika mengerjakan soal ujian, Rabu (16/6). Peserta perempuan yang berasal dari sebuah SMA di Kalimantan Barat tersebut diketahui pengawas menyembunyikan telepon seluler dilengkapi dengan headset.
Sesuai peraturan SNMPTN, peserta dilarang membawa peralatan elektronik. Oleh karena itu, pantia akan membuat berita acara terkait pelanggaran tersebut dan akan menyampaikannya ke panitia SNMPTN pusat untuk menentukan sanksi.

Komentar»

1. Siswa SMP Ipiems Ciptakan Nata de Melo | Indonesia Search Engine - September 17, 2010

[…] Kenaikan Kuota SNMPTN 2011 Dipertimbangkan « SNMPTN 2010 … […]

2. mediamayaku - September 21, 2010

Saya lebih setuju penerimaan mahasiswa perguruan tinggi negeri adalah system SMPTN semua. Karena banyak kasus manipulasi yg tidak bermoral yang dilakukan sekolah(yg seharusnya jujur demi sarjana yg berkualitas) yakni dengan revisi nilai raport. Ada lagi yang melalui jalur khusus (enggak tahu apa itu jalur khusus). Yang jelas sangat merugikan bagi siswa yang benar-benar berprestasi dan memiliki nilai raport murni, yang diuntungkan orang kaya dan anak pejabat/atau sejenisnya.

amelamelo - Oktober 22, 2010

aku juga setuju kayak gitu ..
masalahnya , zaman sekarang banyak yang curang .
yag apa indonesia ini??
semakin tewur ~

FYA - Februari 1, 2011

setuju,,,namun kkn sulit dihilangkan.

3. MENONE - September 21, 2010

kayaknya yang melanggar gt banyak dech sob………….. jd buat para pengawas agar lebih waspada………….awas kecolongan

4. naka uru - September 28, 2010

huaaa !!! stress w kalo kyak gni.. pserta snmptn brtmbah,, n pnerimannya cma sekian persen ??,, apa emank smua yg lulus un itu udah “pantes” ??,, sdih juga ma tnah airku ini … gmana cranya mw dpt gnerasi yg brkualitas kalo gag “berani ” ngmbil skap…

5. isti - Oktober 5, 2010

Amin…
semoga aja jadi kuotanya nambah…
Semoga aku ga sia-sia ngulang tahun depan…
terima kasih info2nya…

6. Ilham - Oktober 10, 2010

Saya rasa pemerintah harus meningkatkan jumlah kursi,agar orang2 tidak mampu bisa menggapai pendidikan tinggi lebih mudah dan ringan,agar indonesia bebas dari kebodohan.karena jika anak2 tidak mampu bisa menggapai pendidikan tinggi otomatis anak2 mereka juga bisa,karena sang ayah mudah mendapatkn pekerjaan yg enak dg titel pendidikannya.Sehingga kemiskinan,kebodohan,dan kekerasan insyaallah akan berkurang.Karena anak indonesia telah menjadi “pintar dalam hal yg baik dan bermoral”terima kasih

andrew - Desember 1, 2010

saya juga setuju dengan anda,karena klo semakin ditambahkan kursi maka semakin berkurang kebodohan.

7. Damar Dwiyadi Pratama - Oktober 15, 2010

Untung udah diterima SNMPTN! jadi gak ribet2 mikirinya! cuma mikirin tugas, sama kuis kalkulus doang!

elsa - Oktober 19, 2010

aduh aduh enaknyaaaa.

mau tau dong caranya, kmaren gw gak luluss

padahal dah bimbingan sana sini,apa gw yg dodol

apret - Juli 16, 2012

jgn sok kaw
mentang 2 lulus

8. karunia - Oktober 20, 2010

mw jd apalah yg tag lulus itu..?

saya berharap kelulusan diperbanyak lg..

9. suhardi - Oktober 21, 2010

tes buat msk ptn mendingan smptn aja,kaga usah make ujian mandiri,,kasian yang berprestasi tapi ga mampu di biaya,
keenakan yg kaya.

10. Raya - Oktober 23, 2010

betul tuh awas kecolongan… banyak kecurangan… hhuuuhhhhh…

11. Raya - Oktober 23, 2010

gak adil tuh kalau diintegrasikan sama UN…. kebanyakan Un tidak murni pak Bossssss…. jadi waspadalah…. waspadalah…. karena nyontek bukan hanya ada niat tetapi ada kesempatan…”Bank Napi Bossss….” wkwkwkwkwkwkwk…….

12. kiki gustiarini - Oktober 29, 2010

hrus bner2 di pertingkatkan pengawasanya..supaya gak trjdi hal yang sma tuk kesekian kalinya

13. noname - November 12, 2010

yang jalur tanpa tes yang harus di hapus
belum tentu nilai rapornya nilai murni
walaupun siswanya berasal dari sma unggulan

14. mapparenta - November 13, 2010

ya Allah bagaimana bangsa ini kedepanx yg bgtu bxk kecurangan!! apalagi g jalur PMDK dgn beasiswa,berdasarkan pengamatan sy klu gak punya koneksi(orang dalam yg membntu) kita tidak lulus wlpun berprestasi!!!!! waduh tolong anak bangsa yg mau maju.kami belajar tak kenal lelah akhirnya tdl lulus,terkatung” dgn ulah org ” yg di atas.kami sangat sakit dgn hal ini!! ya Allah… tolong kami

15. yopie rizky - November 13, 2010

pembukaan snmptn tahun 2011 kapan?

16. ananda - November 16, 2010

ya kalau gw boleh koment sihh lebih akurat dan efisien sihh via SNMPTN,karna persaingan mmg bener2 mmbuat adrenalin q mmacu.
Puji Tuhan sih gw keterima.

17. ifah - November 18, 2010

@damar..
enak di elu.. ksian yg belom..

18. i want be a doctor not pharmacist - November 26, 2010

kabar gembiraaa!!!
insyaallah tahun depan gue dapet kursi deh lewat snmptn…
tahun ini berusaha ikhlas dulu deh..

19. nova evliani purba - November 27, 2010

banyak-banyak berdo’a ja lah awak..
berdo’a dan belajar lah pastinya.

20. grace - November 29, 2010

boleh minta jadwal snmptn gak?

21. ayu - Desember 10, 2010

duch….jd pusing nich???????? harus gmna ya…..

22. Adiogama - Desember 11, 2010

snmptn lebih baik …

23. Laila - Desember 19, 2010

Ass….
Saya siswa SMK kelas XII jurusan akuntansi. Saya ingin sekali mengikuti SNMPTN 2011. Apakah siswa lulusan SMK mampu mengikuti SNMPTN? Bagaimana caranya saya agar saya dapat mengikuti SNMPTN? Jurusan apa yang saya pilih, IPA atau IPS?
Terima Kasih…
Wass….

24. nieta - Desember 28, 2010

moga aja kuotanya beneran di tambah,agar aku dan teman-teman yang inign mengikuti SNMPTN 2011 bisa masuk ke PTN favorit. amin..

25. chusnulel_faya - Januari 1, 2011

salllut bnget ma pemernth yang da menylnggrakn snmptn, tpi q berharap mga d snmptn 2011 nie tdk mmbeda-bedakan jurusan ipa/ips dg artian tdk mmbtsi dalam pengamblan jurusn pTn,jdi bsa puas dg jursn yang q ingnkan

26. muhammad - Januari 5, 2011

Aslmkm…
Sy mhasiswa UGM 2010 jursn Mnajmen,sy ingin sekali bisa mengikuti SNMPTN 2011.soalnya sy ingin pindah jurusan aeronautika di ITB.krena dr dulu sy lbih suka teknik..
apkah sy bisa ikut tes di jurusan IPA smentara sy wktu SMA di IPS?
mhon jwbannya disertai bbrpa alasan untuk tmen2 yg mngetahui..
trmkasihh..
Wsslmkm….

27. Yandi SP - Januari 5, 2011

semoga sukses teman2 !!! taklukkan !!

28. cabii tembem - Januari 12, 2011

ya allah smoga aku bisa lulus SNMPTN 2011 amiin amin ya allah…
doain ya all…:)

29. Rama Sejati - Januari 14, 2011

Info yang bagus !

Barangkali informasi mengenai “SNMPTN 2011” berikut, juga berguna bagi rekan rekan yang memerlukannya. Klik > SNMPTN 2011 ?

30. blackjack21 - Januari 14, 2011

@muhammad Kamu bisa milih jurusan IPA di SNMPTN nanti. Ya, karena “Kamu pasti bisaa!! Yeah!”
wkwk😀

31. rendy - Januari 27, 2011

katanya untuk SNMPTN tahun 2011 nilai UN menjadi mpertimbangan juga ya???????
apa itu benar??

32. walid - Januari 30, 2011

kpn d lksnkn tes ujian snmptn 2011

33. zEe - Januari 30, 2011

meskipun dibuat model apaun tetyep aja masih terselip kecurangan.ya mungkin nlebih baik semua disamakan.tapi semua itu pasti ada sisi baik dan buruknya sich!

34. danz - Februari 7, 2011

iya bnerr . . .
Yg miskin sllu yg rugy . . .
Klo gini

35. Vita - Februari 9, 2011

iya,,, kami para pelajar mohon di perhatikan untuk SNMPTN tahun ini… kalau boleh penerimaan nya di perbanyak dan harus benar” di perketat,,,, jangan ada yang main curang……
kasihan orang” yang dicurangi. . .

36. Gita Ayu Saputri - Februari 25, 2011

semakin sulit ya dari tahun ke tahun, lulusan semakin meningkat…haduh, daya tampung kecil, malah kadang ada yang berprestasi tidak bisa lulus seleksi..

37. Info PTN Online - Agustus 6, 2011

yang namnya seleksi itu mashalah prsaingan bagaimana kita harus lebih daripada yang lain. barulah kepuasan ketika hasil snmptn kita sesuai keinginan….

38. jha latuconsina - September 27, 2011

Semoga hasil pertimbangan SNMPTN kali ini bisa berjalan dengan baik, dan dapat membuka peluang yang besar bagi calon-calon mahasiswa baru. sukses semua…. terus BERUSAHA dan BERDOA….


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: