jump to navigation

10 tips mengerjakan ujian Maret 27, 2009

Posted by Administrator in Tips n Trik SNMPTN.
Tags: , ,
trackback

Ketika kamu melakukan ujian, kamu sedang mendemonstrasikan kemampuanmu dalam memahami materi pelajaran, atau dalam melakukan tugas-tugas tertentu. Ujian memberikan dasar evaluasi dan penilaian terhadap perkembangan belajarmu. Ada beberapa kondisi lingkungan, termasuk sikap dan kondisimu sendiri, yang mempengaruhimu dalam melakukan ujian.

Sepuluh tips untuk membantumu dalam mengerjakan ujian :

1) Datanglah dengan persiapan yang matang dan lebih awal.
Bawalah semua alat tulis yang kamu butuhkan, seperti : pensil, pulpen, kalkulator, kamus, jam (tangan), penghapus karet, tip-ex, penggaris, dan lain-lainnya. Perlengkapan ini akan membantumu untuk tetap konsentrasi selama mengerjakan ujian.

2) Tenang dan percaya diri.
Ingatkan dirimu bahwa kamu sudah siap sedia dan akan mengerjakan ujian dengan baik.

3) Bersantailah tapi waspada.
Pilihlah kursi atau tempat yang nyaman untuk mengerjakan ujian. Pastikan Kamu mendapatkan tempat yang cukup untuk mengerjakannya. Pertahankan posisi duduk tegak.

4) Preview soal-soal ujianmu dulu (bila ujian memiliki waktu tidak terbatas)
Luangkan 10% dari keseluruhan waktu ujian untuk membaca soal-soal ujian secara mendalam, tandai kata-kata kunci dan putuskan berapa waktu yang diperlukan untuk menjawab masing-masing soal. Rencanakan untuk mengerjakan soal yang mudah dulu, baru soal yang tersulit. Ketika Kamu membaca soal-soal, catat juga ide-ide yang muncul yang akan digunakan sebagai jawaban.
5) Jawab soal-soal ujian secara strategis.
Mulai dengan menjawab pertanyaan mudah yang Kamu ketahui, kemudian dengan soal-soal yang memiliki nilai tertinggi. Pertanyaan terakhir yang seharusnya Kamu kerjakan adalah:
soal paling sulit,
yang membutuhkan waktu lama untuk menulis jawabannya,
memiliki nilai terkecil.

6) Ketika mengerjakan soal-soal pilihan ganda, ketahuilah jawaban yang harus dipilih/ditebak.
Mula-mulai, abaikan jawaban yang Kamu tahu salah. Tebaklah selalu suatu pilihan jawaban ketika tidak ada hukuman pengurangan nilai, atau ketika tidak ada pilihan jawaban yang dapat Kamu abaikan. Jangan menebak suatu pilihan jawaban ketika Kamu tidak mengetahui secara pasti dan ketika hukuman pengurangan nilai digunakan. Karena pilihan pertama akan jawabanmu biasanya benar, jangan menggantinya kecuali bila Kamu yakin akan koreksi yang Kamu lakukan.

7) Ketika mengerjakan soal ujian esai, pikirkan dulu jawabannya sebelum menulis.

Buat kerangka jawaban singkat untuk esai dengan mencatat dulu beberapa ide yang ingin Kamu tulis. Kemudian nomori ide-ide tersebut untuk mengurutkan mana yang hendak Kamu diskusikan dulu.

8) Ketika mengerjakan soal ujian esai, jawab langsung poin utamanya.
Tulis kalimat pokokmu pada kalimat pertama. Gunakan paragraf pertama sebagai overview esaimu. Gunakan paragraf-paragraf selanjutnya untuk mendiskusikan poin-poin utama secara mendetil. Dukung poinmu dengan informasi spesifik, contoh, atau kutipan dari bacaan atau catatanmu.

9) Sisihkan 10% waktumu untuk memeriksa ulang jawabanmu.
Periksa jawabanmu; hindari keinginan untuk segera meninggalkan kelas segera setelah Kamu menjawab semua soal-soal ujian. Periksa lagi bahwa Kamu telah menyelesaikan semua pertanyaan. Baca ulang jawabanmu untuk memeriksa ejaan, struktur bahasa dan tanda baca. Untuk jawaban matematika, periksa bila ada kecerobohan (misalnya salah meletakkan desimal). Bandingkan jawaban matematikamu yang sebenarnya dengan penghitungan ringkas.

10) Analisa hasil ujianmu.

Setiap ujian dapat membantumu dalam mempersiapkan diri untuk ujian selanjutnya. Putuskan strategi mana yang sesuai denganmu. Tentukan strategi mana yang tidak berhasil dan ubahlah. Gunakan kertas ujian sebelumnya ketika belajar untuk ujian akhir.

Taken from : Landsberger, Joe. Ten Tips for Test Taking

Komentar»

1. Hanna - April 1, 2009

SELALU SEMANGAT BWT TMN2Q

SMG SKSS SMUANYA

AMINNNNNNNNNNN

juliuz - November 27, 2009

MksH buaT sarAn_ya doaiN ya mdH2n tAu iNi Q Lu2zZZZZZ aMIen……………………..?

kutil - Januari 26, 2011

Aminnn

budi arto - Juni 12, 2010

cman semangat tak cukup ……kakakkk

jack daniel - Juni 1, 2012

makacih atas motivasi and dukunganx

2. aiza - April 3, 2009

doa plus usaha sama dengan berhasil

3. RINA - April 6, 2009

BT TMEN2 Q MET TEMPUH UJIAN YOW..
MOGA SUKSES..
AMIN
CHABHIE

4. erwhinjh19 - April 17, 2009

Semoga LULUS… Amin

5. MenEer_uCan - April 25, 2009

smua yang ikut UN pazti LULUS……….

AMIIIIIIIIIN…..

6. Fahlevi ismail - April 27, 2009

Soal uan 2009 sulit bgt ce! Tp tetep smangt ya bwt cari bngku kuliah! Smoga kt lulus smua! amien.

7. harum - April 28, 2009

yups met menempuh ujian ya.. n semoga jawabannya 80 % bener n kebaca di kom dng jelas. aminn..

8. Fahri - April 29, 2009

Qita smua punya peluang yg sama tuk lulus..
cuma ada satu hal yang dapt mpengaruhi tu terjadi, usaha lo, kerja keras lo, tekad lo…
klo lo yakin lo bisa pasti da jalan tuk bisa, sob…

Usaha lg oke…

9. devita - April 29, 2009

buat smua yang baca pesen w, doa’in w yaaaaaaaaaaaa
supaya lulus SNMPTN.amiEeeeenn…………..

santos - April 29, 2010

oche

10. ginanjar - Mei 5, 2009

semoga smw siswa angkatan 2009 yg ikut SNMPTN lulus….

amin…amin

11. kiky - Mei 8, 2009

gimana sich alur pendaftarannya??????????/

12. andi - Mei 11, 2009

SUKSESN YA BUAT TEMEN2 Q SEMUA YG MW IKUT SNMPTN INI…………..

13. POPPALIPOP - Mei 12, 2009

SMGA AQ BSA KTRIMA DI FK UNS YA TEMAN2..
AMIN..

14. HENRI MARBUN - Mei 12, 2009

Semua pasti bisa…. asal ada usaha dan jangan lupa minta Tolong ma TUHAN ,,,,,,,AMIE.,.,.,N

15. RIKO - Mei 13, 2009

GIMANA SIH CARA PENDAFTARAN & SYARAT – SYARATNYA

16. ryan - Mei 18, 2009

doa in aQ ea byar sukses snmptn tahun ne!!!!!!!!!!!!!
AMIEN………………………

17. lee - Mei 18, 2009

aq akan berusaha sebaik mungkin

18. lee - Mei 18, 2009

anu… apa ijazah sma juga perlu untuk ikut snmotn soalnya aku bimbel di jawa, sedangkan aku sekolah di sumatra. kan susah tu klu bolak balik????

19. eZa - Mei 19, 2009

mudaH”an masuk de lwaT SNMPTN…
khususNya bwaT brdaX BLITZ comunite,,,

AMIENNN>.<

dSy - Mei 20, 2009

amiiennn d……. smg qt smw LULUSssssssss………….!!!
LuLus SNMPTN & LuluS UAN.

20. putri pradnya paramita - Mei 30, 2009

,doaen cmua siswa sma3 salatiga lulus 100%,
,ammmmiiin,
,welcome to snmptn,

21. suriansyah - Juni 2, 2009

semoga soal snmptn mudah…amin

22. rina - Juni 2, 2009

pengumuman Un kn lum klWr.. kalO mis.ny gax lu2s, tp lu2s umb ato snmptn tu gman?

23. setiya gunawan - Juni 6, 2009

Orang sukses cara kerjanya adalah 80% berdo’a 20 % usaha. usaha-usaha yang dapat dilakukan adalah belajar apa yang nggak pernah kamu ketahui. Semua orang sudah belajar, apakah kamu sudah lebih cepat dari orang yang tidak tahu?.

24. farida smansara - Juni 9, 2009

mudah2an ENGKAU memberikan yg terbaek bwtQ…..AAAAMMMIiiiNNNN

25. silvi_diana - Juni 11, 2009

semoga soal snmptn 2009 mudah….

dan bagi yang mengikutinya kita bisa mengerjakanY…

amieennnnn…..

anas - November 19, 2009

amin tapi di sini aku sibuk dengan bisnis aku gimana donk

26. tama - Juni 12, 2009

raih cita cita klan
n pntang menyerah

27. PRIMAGAMA AGUS SALIM BEKASI - Juni 12, 2009

anak bodoh kalah dengan anak pinter,tp anak pinter juga bisa kalah dengan keberuntungan… so, siapa tau kalian jd salah satu yang memiliki keberuntungan!!!TeTap SeMaNgAt!!!belajar..belajar..dan ber Doa..Sukses untuk semua yang ikut SNMPTN 2009!!!

28. Afri - Juni 12, 2009

Alfatihah..

Semoga afri th ini jg bs jd mhsiswi fk unpad, amiin..
Kalian yg m’doakanku jg bs dtrma di fak2 yg kalian inginkan, amiin..

Ayo belajar!! Trz b’semangat!

MIA - Oktober 22, 2009

AMIIIIIIIIIIIIEN……………………!!!!!! DOAKAN Q JG YOW…

29. raSya... - Juni 18, 2009

sukswess friend……!!!!!!!!

30. Driks't - Juni 19, 2009

Sukses semuanya ya,,,,,,,

31. meita - Juni 23, 2009

don’t forget pray!

32. roni gozali - Juni 24, 2009

semoga kita lulus yach!

33. roni gozali - Juni 24, 2009

semoga yang jalurnya jujur yang lulus

34. D4n1 - Juni 26, 2009

aku akan ikut SNMPTN 2009,,TEMAN2 mari kita belajar & ga boleh nyerah yak.meski tahun ini terakhir buat aku ikut SNMPTN tapi ku yakin bisa n LULUS.amiiiieeeen

35. FARA - Juni 26, 2009

Waktunya BUAT NGERJAEN SOALNYA

36. gambrek - Juni 27, 2009

hay coy . . .njalok dongane maneh yo. . .mgo2 lu2s snmptn.

37. Ari - Juni 28, 2009

berdoa kalau kita yakin pasti lulus amin

38. IWAN FEBI PRADANA - Juni 28, 2009

Ayoo…saatnya gapai masa depan….!

39. Ludmilla - Juni 29, 2009

Berusaha semaksimal mgkn & b’doa tuw yg aq lakukan dlm ngerjain soal
Hasil pasrah aj…
Ciayou!

40. agusss - Juni 30, 2009

ayo berusaha loe smua pastibisa ngerjain,entah itu salah atau benar

41. meiludin - Juni 30, 2009

doain aq sukses browww bissmillah!!!

42. juli - Juli 3, 2009

always believe that Our God show as the best way.Amen

43. NOPHE - Juli 4, 2009

MENAKUTKAN……!!!😦

44. gdz - Agustus 1, 2009

mbuh………….,.,.,.,.

45. sayalaperbandel - Agustus 27, 2009

mati kau hahaha, kau mati semua, aku akan peringkat teratas, hahaha

46. Novian Yunindo - September 24, 2009

Menurut rencana,tahun depan saya akan ikut tes masuk ke perguruan tinggi negeri di surabaya. Saya akan mempersiapkan segalanya agar saya dapat sukses masuk ke perguruan tinggi negeri yang saya inginkan. Dan setelah berhasil ke perguruan tinggi negeri saya akan terus berusaha agar mendapatkan IP yang baik untuk masa depan yang lebih baik dan karir yang cemerlang. Semoga itu semua terwujud. AMINNNNN

anas - November 19, 2009

YA SAYA DOAKAN tapi jangan lupa aku doakan agar aku lulus UN besok key

dwi - Maret 3, 2010

heii,,selain ini kamu punya trik2 lg gak?aku mw ikut ugm jogja.kita sama2 mendoakan ya,,,km kterima di sby dan aku di jogja ugm.amiiiin

47. maskod - Desember 19, 2009

Sip lah triknya, mga2 pd sukses amiiiiiiiiinnnnnnnnnnn,

48. mhamhaz tho'i - Desember 19, 2009

cuipzz lahhh,,,!!!

49. yudha - Desember 30, 2009

mga siswa-siswi bangsa INDONESIA yg menghadapi UN tahun 2010 And thun” selnjutnya LULUS 100%. AMIN……!!!!!!!

50. eza jcole - Januari 8, 2010

good luck mua………

Indry Yulian - Januari 15, 2010

Ehmmmmm,,,,,,,,,, mo UNAS,,, pusing nieh dengan aturan baru….

Indry Yulian - Januari 15, 2010

Assalamu”alaikum Wr.Wb.
siang guys,,,,,, semoga semua siswa Indonesia bisa lulus 100%…
dan masuk PTN negeri sesuai dengan keinginan kalian masing – masing ya………..???????????
GOOD LUCK for all…..
Wassalamu”alaikum. Wr.Wb…

51. saefullah - Januari 22, 2010

mga ku bisa amien…’
bismillahirrahmanirrahim.’

52. obet - Januari 29, 2010

jangan takut menjadi anak teladan

53. dwi - Maret 3, 2010

iya,,ya allah saya ingin masuk ugm jogja,,,doanya ya semua nya…

54. astuti noviani - Maret 5, 2010

, Semoga tahun 2010 ini kita nak SMP LULUS semua
,
,
,
, amieeeeeeeeeeeeeeeeeeeeen
.
.
.

55. enno - Maret 5, 2010

smga qta semua lulus nd dpet nilai eank bagus . Bravo

Amien . . .

56. rephina - Maret 5, 2010

,, CAYO . . ,BT eank maw menghadapi UN 2010 , , ,
qta pzti BISA . . . ,EN jng menyerah ea . . .

57. mulyadi - Maret 17, 2010

thank’s atas perhatian anda terhadap keberhasilan anak bangsa.

58. pakot - Maret 20, 2010

semoga soal UN 2010 nisa terselsaikan dengan mudah dan mendapat kan hasil yg mmuaskan
aaaaaammmmmiiiiiiiiiiiiiiinnnn

59. rama ..... - Maret 21, 2010

ya…. Allah MuDaH2aN dpT nIlai Ynk BagUzzz ANd LuLuzzzz BiaR Ortu BaNGhA…… MiEnnnnnnnnnnnnnn
!?!?!

60. nur - Maret 22, 2010

mudh2an thn 2010 bisa masuk kuliah n nileynya bgs2..
ujiannya bisa n lancar semua soal/materi bisa dikerjakan dengan lancar??aminnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnn???

balas..

61. dewy - April 26, 2010

mga qta dtrima snmptn d universitaz yg qta inginkan..
amiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiin
cmangad2
jangan lupa belajar n doa z…………

62. tingkerbel - Mei 3, 2010

kita bisa. kita HEBAT.
semoga kita lolos snmptn.
AMIN
AMIN

63. Ningsih - Mei 5, 2010

mmmm,,,,, moga bisa lulus di Universitas yang sesuai dengan yang diinginkan…. aminnnnnnnnnnnnn………….

64. siska - Mei 5, 2010

amin, amin , ya robbal’alamin…
mga Qt sma bS lo2s snmptn 2010,,
amiinnn,,,
smangat kauand!!

65. Fausiyah Annisa - Mei 12, 2010

Semoga Saya Dan TEman2Q LuLUz FK DenGAn JAluR SNMPTN………………….AMinnnnnnnnnnn……………………..

I LuPPPH U FuuL…………………..FK Is My FafoRit………..

Semangadddddd…….Insya ALLah Kita Bisa KalAhkaN SNMPTN…
Amiennnnnnnnnnnnnnn……………………….

66. rachman - Mei 12, 2010

gmn cara daftar online?????

67. bimo - Mei 15, 2010

buat semuanya doa’n gue ya..
semoga gue di terima di Unv.Yogyakarta…

68. amrhie - Mei 20, 2010

aq sgt ingin lulus ya Allah…!!!

semoga Engkau memberiq kemudahan dlm menghadapi semua ini…!!!

Amin Ya Rabbal Alamin…!!!

69. Moh.ginanjar.putra - Mei 22, 2010

smoga aQ bsa lu2s Ujian SNMPTN,,,,,,YA Alloh………..!buat tmen2 sukses mua Yiiiiak……!!!!?doain aQ REK,,,,,SALAM SUKSES ,BUAT sluruh Plajar MAN BWI………….!!!!!

70. mift - Mei 25, 2010

ya Allah smoga saya bisa LuLus SNMPTN….
amin…

71. rizki - Mei 27, 2010

smoga aq, n tmen yang lainnya bsa lu2s smuanya……………
AMIEN…………..!!!!!!!
sukses buat sma-sma lainnya yang ada di indonesia jagn kita ptus harapan karena ini……..
masih ada yang lain yang masih bisa kita harapkan…..
ya allah smoga aq n tmen2 yang lainnya bisa lu2s smua ……
amien!!!!!
ayo sumenep maju terus tanpa mundur!!!
okey!!!
by: eki smanu sumenep

72. yoga - Juni 8, 2010

semoga kita, n aq juga lu2s. Amiin

73. AmeL - Juni 11, 2010

Ya ALLAH.,
m0ga2 smuanya bsa LuLus SNMPTN 2010
n ktRima d uniV yg d pengENin.,
ya ALLAH.,
kabuLkan d0a kami..
Aamiin… n_n

74. lia - Juni 30, 2010

waduh bsk ni,mhn doa ny y…

75. riando - November 11, 2010

q ngulang gi.wlu da kul d p’grn tinggi negeri.
nekad q mg mo gi……………
dokn y………….tmn2 yg ngeliat ne………….

76. Irma winata - Desember 15, 2010

Do’ain saya agar Lulus UN tahun ini, dan bisa masuk ke SMA favorit…
Amiiiiiiinnnnnnnnnnn………

77. puspita - Januari 16, 2011

sya bCita2 jd guru,,hruz ny sya ambiL jrusan app yuaa,,tLong dibantuu yua ,,

78. bronsy hinfala - Februari 1, 2011

selalu berusaha….. dan berusaha lakukan yang terbaik, semoga semua yang kita inginkan tercapai,, amien,, semuanya berhasil dan sukses di jalan kebenaran,,,amien

79. pandi - Februari 4, 2011

kita yakin dan pasti kita bisa…
percaya diri adalah kuncinya….
bisa.bisa.bisa

80. Fatkhul mujib - April 16, 2011

berguna banget tips2 y. . mga q lulus n bsa masuk ke “UGM” . . doakan semua “

81. Syahirul alim nak jombang - April 28, 2011

Trimz atas sarannya,,,
kepada semua makhluk yg ad di 7 langit dan tujuh bumi aq mohon dorongan energi positifnya untuk menghapi ujian snmptn dan stan.
Ya Allah beri aq kemudahan Amiin.:)

82. intan cllueuarnabhiu - Juni 1, 2011

trima kasiih attas sarandt.nx..
akg jadii semangat nii tug jallanii tes um sma favorit 2011..
persiiapandt yg mattang ajja dhh…
siip !!🙂
thanks saran.nx..

83. adit - Juli 13, 2011

hahahahahahaha….apik tenan nich

84. nury - Juli 17, 2011

semoga ak bsa….:-)amiiinnn…

85. imam danial - September 9, 2011

Smoga luluz 100% dan mend’ saya
smoga tuhan memberkati……………………..
amien……………….?

86. imanisa sammir - Oktober 19, 2011

semoga nisa bisa masuk jadi mahasiswi FK UGM amiin🙂

87. Soal UN SMA 2012 - Januari 19, 2012

Semoga Lu2s smw amiiin…..
sukses…

88. whiindhiie - Februari 16, 2012

Semoga yang ikut UN tahun 2012. Semua nya bisa LULUS

Amiiiiinnnnnnn …….

89. alfian - Maret 9, 2012

aaaammmiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiinnnnnn,,,,

90. Dicky - Mei 6, 2012

semoga succes.ammmmiennnn

91. Sachi LivEvil - Mei 10, 2012

ada soal esaynya??????????????? beneraaan!!??

92. hany - Mei 15, 2012

makasih atas tipsnya🙂
.aku pasti bisa❤ amiiin

93. Melisa Silviani - Mei 22, 2012

bismillah ya allah sukses snmptn 2012 aminnn

tantrapradita@yahoo.co.id - Mei 30, 2012

ewwwwwwwwwwwwwwww

jack daniel - Juni 1, 2012

dengan keyakinan yg kita miliki kita pasti bisa meraihx dan jangan lupa bila kita berhasil,ucapkanlah syukur kepada tuhan thanks

Dany Sangputra - Juni 6, 2012

jack, d mna t4 ujianx….???

94. lestari - Mei 30, 2012

allohuakbar moga aku lulus ya alloh AAmiin

95. krismanto purba - Juni 2, 2012

semoga kami semua sukses SNMPTN tahun ne,, AMINnNn

96. fransiska mifanyira sutikno - Juni 6, 2012

Super sekali… Bekal saya setahun kedepan. Hahahay

97. Dany Sangputra - Juni 6, 2012

trimakasih atas motivasix/…./

98. aiiyfa - Juni 11, 2012

semoga dengan tips ini dpat membantuku menyelesaikan so’al2 nanti..

99. Satrya - Oktober 20, 2012

Makasih yah kak skrang aq udah tau cara untuk mengerjakan UNAS. Thankz bwat kk


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: