jump to navigation

Pro Kontra SPMB Dinilai Sudah Selesai April 15, 2008

Posted by Administrator in Informasi SNMPTN.
trackback

Rektor UNY Sugeng Mardiyono: Sekarang Jangan Diusik-usik Dulu, Kita Tunggu Pedoman Pengganti Segera Keluar

Masalah pro kontra terkait Sistim Penerimaan Mahasiswa Baru (SPMB) beberapa waktu lalu diharapkan jangan diusik-usik kembali. Semua pihak untuk sementara waktu dapat mengandalikan diri, sebab masalah pro kontra SPMB dinilai sudah selesai dan saat ini baru disusun program atau pola baru pengganti SPMB, yaitu Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN).

“Masalah pro kontra SPMB sekarang jangan diusik-usik dulu lah nanti panas lagi. Kita tunggu pedoman pengganti SPMB tersebut bisa segera keluar tidak lama lagi,” kata Rektor Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) Prof. Sugeng Mardiyono, di kampus UNY, Selasa (1/4).

Menurut Sugeng, dengan system atau pola yang baru nanti, diharapkan mahasiswa tidak lagi risau sebab feksibilitas akses akan tetap terjaga. Disamping itu sistem yang baru nantinya juga akan lebih transparan dalam pengelolaan tata keuangannya.

“Tata kelola keuangan ada di pimpinan perguruan tinggi, sehingga akan ada transparansi, akuntabilitas akses dan sebagainya,” tambah Sugeng.

Masalah pengelolaan seleksi nasional mahasiswa baru di perguruan tinggi negeri (PTN) telah menuju pada titik temu. Dua kubu, Perhimpunan SPMB dan UMPTN, dimediasi Ditjen Pendidikan Tinggi tanggal 27 Maret kemarin sepakat, pola penerimaan tetap dilakukan terpadu. Pelaksanaan seleksi terpadu dan nasional tersebut polanya sama dengan seleksi sebelumnya (SPMB). Misalnya, soal yang diujikan bobotnya sama di seluruh PTN termasuk fasilitas pendaftaran dan pilihan lintas regional/rayon PTN. Calon mahasiswa yang mendaftar pun, boleh memilih lebih dari satu PTN, cukup mendaftar di PTN terdekat, dan cukup mengikuti ujian seleksi di PTN tempat ia mendaftar.

Selain menetapkan tidak ada perubahan mekanisme penerimaan, para rektor PTN juga menyepakati perubahan nama seleksi dan panitia pelaksanaannya. Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi (Dirjen Dikti) Fasli Jalal mengatakan, perubahan nama itu telah ditetapkan SPMB akan berubah menjadi Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN).

Humas Pemda DIY

Komentar»

1. yati xilvia - Agustus 8, 2008

apa saja kontra siswa terhadap SPMB???

2. Ryuzakykun - Desember 16, 2008

kuliah emang bisa bikin kaya?


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: