jump to navigation

Pendaftaran BidikMisi Agustus 19, 2013

Posted by Administrator in Informasi SNMPTN, pengumuman snmptn.
Tags: ,
trackback

Bidikmisi adalah program bantuan biaya pendidikan yang diberikan Pemerintah melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mulai tahun 2010 kepada mahasiswa yang memiliki potensi akademik memadai dan kurang mampu secara ekonomi.Pengertian Bidikmisi dan Cara Mendatar Bidikmisi
 
Bidikmisi merupakan program 100 Hari Kerja Menteri Pendidikan Nasional yang dicanangkan pada tahun 2010. Perguruan tinggi yang mendapat bantuan Bidikmisi yaitu perguruan tinggi di bawah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dan Kementerian Agama.
 
Buat yang lagi mencari informasi pendaftara bidik misi Room Berbagi informasi Sahre kan Tata cara Pendaftaran Bidk misi Selain terdapat syarat pendaftaran bidik misi, ada pula sedikit yang harus Anda ketahui terkait dengan Tata Cara pendaftaran Bidik Misi. Tatat cara Pendaftaran Beasiswa Bidik Misi adalah sebagai berikut :
 

PENDAFTARAN BIDIKMISI :

Tahapan pendaftaran program Bidikmisi adalah sebagai berikut :
  1. Sekolah melakukan pendaftaran pada laman http://daftar.bidikmisi.dikti.go.id/sekolah/daftar dan ikuti petunjuk pendaftaran yang tertera
  2. Sekolah akan mendapatkan kode akses yang akan diverifikasi paling lama 1 x 24 jam pada hari dan jam kerja.
  3. Sekolah menggunakan kombinasi NPSN dan Kode akses yang sudah diverifikasi pada laman http://daftar.bidikmisi.dikti.go.id/sekolah/login
  4. Sekolah mengisi data yang dibutuhkan mulai data unas, prestasi murid dalam sekolah, daftar siswa yang akan lulus dan sudah lulus dan merekomendasikan yang memenuhi persyaratan program Bidikmisi
  5. Siswa mendaftar bidikmisi melalui http://daftar.bidikmisi.dikti.go.id/siswa/login dan mengisi data sesuai petunjuk di dalam sistem pendaftaran
  6. Siswa yang sudah sampai pada tahapan memilih seleksi akan mendapatkan PIN yang jika diminta dapat digunakan pada laman pendaftaran seleksi masuk
  7. Persiapan dokumen yang harus disiapkan oleh masing masing pendaftar program Bidikmisi.
  8. Kartu dan formulir pendaftaran program Bidikmisi yang bisa dicetak seusai ujian nasional di sistem pendaftaran Bidikmisi
  9. Surat keterangan miskin dari desa/kelurahan setempat, dalam hal tidak memiliki akses terhadap desa/kelurahan bisa diganti dengan surat keterangan dari rt/rw/tokoh masyarakat.
  10. Surat keterangan gaji (khusus pegawai negeri/swasta) atau surat pernyataan dari orang tua (khusus pegawai informal/wiraswasta) yang mencantumkan rata rata pendapatan selama 6 bulan terakhir dari ayah dan ibu.
  11. Fotokopi tagihan listrik, tagihan air, tagihan internet, bukti pembayaran PBB bila ada untuk 3 bulan terakhir. Dalam hal listrik, air dan internet dipakai bersama agar ditambahkan surat keterangan estimasi pengeluaran bulanan.
  12. Bukti bukti prestasi yang dicantumkan dalam bentuk sertifikat / foto piala yang mencantumkan nama dan diperkuat dengan surat keterangan dari sekolah.
  13. Surat keterangan / dokumen / ijasah dari kepada sekolah tentang kelulusan jenjang pendidikan sebelumnya.
  14. Fotokopi raport / laporan hasil studi dari semester 1
 
Semua dokumen tidak perlu dikirimkan ke PT yang dilamar, hanya perlu dibawa pada saat pendaftaran ulang mahasiswa.
Hal ini berlaku kecuali ditentukan lain oleh PT Terkait.
 
PENDAFTARAN SELEKSI MASUK
 
Seusai mendaftar Bidikmisi, peminat harus mendaftar seleksi masuk perguruan tinggi. Diantaranya SNMPTN, SBMPTN dan Seleksi Lokal (Mandiri). Pendaftar Bidikmisi agar mengikuti ketentuan dan prosedur yang ditetapkan oleh masing masing seleksi tersebut.
 
MENGIKUTI SELEKSI MASUK
 
Peserta yang sudah terdaftar akan diseleksi sesuai dengan ketentuan masing masing seleksi masuk, dan jika lulus seleksi masuk, dapat melakukan daftar ulang dengan ketentuan panitia seleksi masuk dan Bidikmisi
 
PENDAFTARAN ULANG PROGRAM BIDIKMISI
 
Peserta yang lulus seleksi masuk (SNMPTN, SBMPTN, Seleksi Mandiri) agar membawa dokumen yang disyaratkan panitia seleksi masuk dan program Bidikmisi.
 
source : http://snmptn2014.com/2013/08/19/seputar-bidikmisi/
About these ads

Komentar»

1. Linda - Agustus 22, 2013

Berapa penghasilan maksimal orangtua untuk mengikuti bidikmisi.. ??

mrs Lu - September 6, 2013

3jt kata guru ku, tp cukup ngisi 1 jt aja

2. izal - September 17, 2013

klau 600 ribu perbulan bisa gak kk,.

3. Ismi Rosdiana (@ismirosdiana) - September 28, 2013

BIDIKMISI HRS LEWAT SEKOLAH, APA TDK BISA PERORANGAN ?

4. fajar - Oktober 5, 2013

apakah hanya sekolah negeri saja yg bisa mendapatkan bidik misi??

agusjaelani - Desember 19, 2013

swasta juga bisa kak

5. chamaliyah - Oktober 7, 2013

apakah sekolah wajib/harus mendaftar dulu ?

6. suarnhee arnheee (@arnheckckck) - November 24, 2013

Apakah jalur bidikmisi terdapat juga di provinsi laiinn,, ??

agusjaelani - Desember 19, 2013

saya kira bisa kak
asal kaka ada kmauan aja

7. chinta melia (@melia_chinta) - November 26, 2013

apakah hanya murid yang berprestasi aja yang bisa masuk bidikmisi? apakah murid yang prestasi menengah tapi tidak mampu bisa ikut bidiikmisi?

8. anha satriyana muis - Desember 7, 2013

daftarnya lewat sekolah atau bisa perorangan

9. nadhia anggriani - Desember 18, 2013

gimana sih kak caranya buat daftar bidikmisi

jumadil - April 17, 2014

Gampang langsung onlaine saja diinternet mengenai bidik misi pasti nanti tau?

10. agusjaelani - Desember 19, 2013

jangan lah kita tingkattkan emosional gengsi kita, karena itu akan menjadi hambatan buat kita sukses.

11. tya yaaya - Desember 19, 2013

apa bidikmisi harus punnya kempuan yang luar bbbiasa
namun bagaimana dengan siswa yang ingin sekolah namun tidak mempunnyai biaya?

12. tri indah wahyuni - Desember 30, 2013

karna bidik misi itu untk membntu orang yg tdak bnar” mampu,.,.,.,.krna semua mnusia itu btuh sukses,.,.,.

13. Dion Lostavian - Januari 5, 2014

harus lewat sekolah ya??
{}

14. Riska - Januari 5, 2014

daftar bidikmisi sih harus lewat skolah dulu pa bisa sendiri ?

15. Kk, bidik misi itu yg ikutnya mmg hrs anak2 yg berprestasi tp kurg mampu...? - Februari 8, 2014

Klo bsa anak2 yg prestasinya sdg hrs bsa juga donk bidik misi

16. Agi Junifar Versi Terbaru - Februari 10, 2014

hallo kaka, pendaftaran bidikmisi kapan dimulainya?
terima kasih :)

17. Afidin S. Arie - Februari 11, 2014

iya kalo prestasi gak bgtu menonjol apakag masig ada kemungkinan diterima bidikmisi?

18. rinidwi - Februari 12, 2014

apa harus lewat sekolah

19. wasilah - Februari 12, 2014

dalam persyaratan daftar bidik misi ada ketentuan sertifikat juara lomba,,,,klo gg punya bzha gag kak??????/

20. haniefha bil qisthi - April 1, 2014

kpn bidik misinya di mulai..
oya lo mau ikut bidik misi hrus dri sekolah atau perorangan?

21. sams - April 13, 2014

bidikmisi 2014 kapan buka pendaftarannya ya ??

22. haris - April 17, 2014

kalau geratis tpi berprestasi gmana ?

23. janser - April 18, 2014

saya udah alumni 2012,,saya mw kuliah tahun ini dan mw mendaftar bidikmisi.
daftar bidikmisi harus melalui sekolah asal atau gimana ya pak??


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 567 pengikut lainnya.