jump to navigation

info um ugm 2011 Januari 7, 2011

Posted by Administrator in um ugm.
Tags: , , , , , ,
trackback

RAGAM PROGRAM UM UGM 2011

um ugm 2011

info um ugm 2011

1.

SELEKSI NASIONAL

a. Penelusuran Bibit Unggul
  • Penelusuran Bibit Unggul Tidak Mampu (PBUTM)
    bagi siswa berprestasi yang tidak mampu secara ekonomi. Seleksi dilakukan melalui undangan secara nasional kepada para Kepala SMA di seluruh Indonesia untuk mengirimkan siswa cerdas yang tidak mampu secara ekonomi. Program ini telah dilaksanakan sejak tahun 2004. Semua peserta bebas biaya pendaftaran dan peserta yang diterima bebas biaya pendidikan 8 semester.
  • Penelusuran Bibit Unggul Berprestasi dengan Beasiswa (PBUBB)
    bagi siswa SMA seluruh Indonesia pemenang olimpiade bidang ilmu pengetahuan tingkat nasional atau finalis tingkat internasional. Penelusuran dilakukan melalui seleksi berkas. Peserta yang diterima bebas biaya pendidikan 8 semester.
  • Penelusuran Bakat Olahraga dan Seni (PBOS)
    bagi siswa SMA seluruh Indonesia pemenang di bidang olahraga atau seni : juara I Kejurda atau Porda tingkat Provinsi; juara I Popsinas; juara I-III Kejurnas/PON; atau juara I-IV kejuaraan regional/internasional atau juara I-III kesenian tingkat nasional. Penelusuran dilakukan melalui seleksi berkas. Bagi yang lolos seleksi berkas wajib mengikuti tes keterampilan.
  • Penelusuran Bibit Unggul Pembangunan Daerah (PBUPD)
    bagi siswa SMA seluruh Indonesia dengan kemampuan akademik tinggi yang diusulkan dan dibiayai oleh Pemda, dinas-dinas pemerintah di daerah, institusi, dan/atau perusahaan yang kredibel di daerah. Penelusuran dilakukan melalui seleksi berkas.
b. Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN)
Informasi lengkap dapat dilihat di http://www.snmptn.ac.id

2.

SELEKSI MANDIRI UGM

  1. Ujian Tulis Penelusuran Bakat Swadana (PBS)
    bagi siswa dengan kemampuan akademik tinggi. Penelusuran dilakukan melalui seleksi berkas dan TBS.
  2. Ujian Tulis (UTUL)

Peserta PBS dapat mendaftar Ujian Tulis (UTUL) tanpa tambahan biaya pendaftaran dengan persyaratan dan kewajiban seperti pendaftar PBS.

Ujian tulis PBS, PBS+UTUL, dan UTUL dilaksanakan di Yogyakarta, Banda Aceh, Lhokseumawe, Pekanbaru, Batam, Palembang, Bandar Lampung, Jakarta, Tangerang, Cirebon, Semarang, Madiun, Balikpapan, dan Mataram.

PERSYARATAN PESERTA UM UGM 2011

1. SELEKSI NASIONAL PROGRAM PENELUSURAN BIBIT UNGGUL (PBU) DAN  UJIAN TULIS PENELUSURAN BAKAT SWADANA (PBS)
SYARAT UMUM
a. Peserta adalah
(i)  siswa kelas akhir SMA/SMK/MA dalam negeri tahun 2010/2011
(ii) siswa kelas akhir SMA luar negeri tahun 2010/2011 dan
2009/2010 yang telah selesai proses adaptasi dan transisi.
b. Nilai kognitif semua mata pelajaran pada rapor mulai semester 1 sampai dengan semester terakhir harus tuntas (di atas SKBM). Bagi siswa kelas akselerasi kriteria tersebut diberlakukan sampai dengan semester 4. Kriteria nilai rapor ini dibuktikan dengan fotokopi rapor yang telah dilegalisasi Kepala Sekolah.
c. Peserta PBUTM, PBUBB, PBOS, dan PBS diusulkan oleh sekolah. Peserta PBUPD diusulkan oleh pihak penyandang dana.
d. Memenuhi persyaratan kesehatan dan tidak mengalami ketunaan yang ditetapkan oleh program studi masing-masing
SYARAT KHUSUS
a.
Peserta PBUTM berasal dari keluarga tidak mampu secara ekonomi yang didukung dengan data : fotocopy Kartu Keluarga (C1) yang disahkan oleh RT, RW, dan kelurahan serta keterangan penghasilan orang tua/wali yang disahkan oleh Camat bagi non karyawan atau oleh Bendaharawan Gaji Pegawai bagi karyawan institusi.
b.  

Peserta PBUBB: pemenang lomba bidang studi tingkat nasional (termasuk lomba yang diselenggarahan di lingkungan UGM, khusus untuk masuk ke fakultas yang bersangkutan), atau finalis lomba bidang studi tingkat internasional yang diselenggarakan oleh LIPI, Diknas, IMO, IPhO, IBO, IChO, IOI/ICO.
c. PBUTM, PBUBB, PBUPD, PBS dan PBOS : peserta termasuk 25% terbaik di kelasnya pada semester 5 atau 75% terbaik pada semester 4 bagi siswa kelas akselerasi.
2. SNMPTN, sesuai dengan ketentuan Panitia Pusat SNMPTN
Pada program SNMPTN, yang terdiri atas Ujian Tulis dan Seleksi Nasional Undangan, UGM menerima sebanyak 60% dari daya tampung.
3. Seleksi Mandiri UGM

Pada program yang terdiri dari Ujian Tulis UGM dan Ujian Tulis PBS, UGM menerima sebanyak 40% dari total daya tampung. 

  1. Ujian Tulis UGM diberlakukan bagi siswa aktif kelas akhir SMA/SMK/MA, lulusan SMA/SMK/MA dalam dan luar negeri tahun 2010 dan 2009, lulusan ujian persamaan atau yang setara lainnya tahun 2010 dan 2009.
  2. Ujian Tulis PBS diberlakukan bagi siswa kelas akhir SMA/SMK/MA atau yang sederajat dari dalam dan luar negeri tahun 2010/2011. Ujian ini juga diberlakukan bagi siswa lulusan SMA (High School) luar negeri tahun 2009/2010 yang sedang melakukan adaptasi pendidikan di Indonesia.
  3. Memenuhi persyaratan kesehatan dan tidak mengalami ketunaan yang ditetapkan oleh program studi masing-masing.

Prosedur Pendaftaran dan Jadwal Kegiatan info um ugm 2011

1. SELEKSI NASIONAL PENELUSURAN BIBIT UNGGUL
a. Peserta PBUTM :
  1. Mengisi formulir melalui situs http://um.ugm.ac.id (3 Januari s.d. 10 Februari 2011).
  2. Peserta hanya dapat memilih 1 (satu) program studi sesuai jurusannya di SMA/SMK/MA.
  3. Berkas persyaratan dimasukkan dalam stofmap hijau lalu dikirimkan/diserahkan ke Sekretariat UM UGM. Informasi info um ugm 2011 kelengkapan berkas dapat dilihat di situs http://um.ugm.ac.id.
  4. Berkas diterima paling lambat Senin, 14 Februari 2011.
  5. Seleksi sepenuhnya dilakukan oleh Panitia UM UGM 2011.
  6. Hasil seleksi diumumkan pada Sabtu, 12 Maret 2011 melalui situs http://um.ugm.ac.id.
  7. Keputusan penerimaan adalah final dan tidak dapat diganggu gugat.
b. Peserta PBUBB :
  1. Membayar biaya pendaftaran sebesar Rp. 350.000,00 (tiga ratus lima puluh ribu rupiah) melalui sistem multi-payment Bank Mandiri. Petunjuk pembayaran dapat dilihat di situs http://um.ugm.ac.id.
  2. Login ke situs http://um.ugm.ac.id untuk mengisi formulir pendaftaran (3 Januari s.d. 10 Februari 2011).
  3. Peserta dapat memilih 2 (dua) program studi berdasarkan prioritas.
  4. Berkas persyaratan dimasukkan dalam stofmap biru lalu dikirimkan/diserahkan ke Sekretariat UM UGM. Informasi um ugm 2011 kelengkapan berkas dapat dilihat di situs http://um.ugm.ac.id.
  5. Berkas diterima paling lambat Senin, 14 Februari 2011.
  6. Hasil seleksi berkas persyaratan diumumkan Sabtu, 12 Februari 2011 melalui situs http://um.ugm.ac.id.

  7. Peserta yang lolos seleksi berkas harus mengikuti TPA Senin, 21 Februari 2011 di sekolah masing-masing.
  8. Seleksi sepenuhnya dilakukan oleh Panitia UM UGM 2011.
  9. Hasil seleksi diumumkan Sabtu, 12 Maret 2011 melalui situs http://um.ugm.ac.id.
  10. Keputusan penerimaan adalah final dan tidak dapat diganggu gugat.
c.
Peserta PBOS:
  1. Membayar biaya pendaftaran sebesar Rp. 350.000,00 (tiga ratus lima puluh ribu rupiah) melalui sistem multi-payment Bank Mandiri. Petunjuk pembayaran dapat dilihat di situs http://um.ugm.ac.id.
  2. Login ke situs http://um.ugm.ac.id untuk mengisi formulir pendaftaran (3 Januari s.d. 10 Februari 2011).
  3. Peserta dapat memilih 2 (dua) program studi berdasarkan prioritas.
  4. Verifikasi/daftar ulang peserta (8 s.d. 11 Februari 2011) di lokasi yang dipilih untuk ujian. Jadwal dan alamat pelayanan, serta informasi um ugm 2011 kelengkapan berkas dapat dilihat di situs http://um.ugm.ac.id.

  5. TBS dan IPD dilaksanakan pada Minggu, 20 Februari 2011.
  6. Berkas diterima paling lambat Senin, 14 Februari 2011
  7. Hasil seleksi administrasi diumumkan pada Sabtu, 26 Februari 2011 melalui situs http://um.ugm.ac.id.
  8. Peserta yang lolos seleksi administrasi harus mengikuti Tes Ketrampilan di UGM (Minggu, 6 Maret 2011).
  9. Seleksi sepenuhnya dilakukan oleh Panitia UM UGM 2011.
  10. Hasil seleksi final diumumkan Sabtu, 12 Maret 2011 melalui situs http://um.ugm.ac.id.
  11. Keputusan penerimaan adalah final dan tidak dapat diganggu gugat.
  12. Peserta yang diterima wajib mengikuti Program Persiapan Sukses Belajar di UGM (matrikulasi).
c.
Peserta PBS dan PBUPD:
Informasi PBS dan PBUPD terdapat di Booklet Program Unggulan UGM 2011 dan di situs http://um.ugm.ac.id.
2.
Seleksi Mandiri UGM (Ujian Tulis PBS dan UTUL)
a. Membayar biaya pendaftaran sebesar Rp. 200.000,00 (dua ratus ribu rupiah) melalui sistem multi-payment Bank Mandiri. Petunjuk pembayaran dapat dilihat di situs http://um.ugm.ac.id.
b. Login ke situs http://um.ugm.ac.id untuk mengisi formulir pendaftaran ( 3 Januari s.d. 15 Maret 2011).
c. Peserta UTUL dapat memilih 3 (tiga) program studi berdasarkan prioritas, sedangkan peserta Ujian Tulis PBS mengikuti persyaratan Jalur PBS.
d. Verifikasi/daftar ulang peserta (9 s.d. 16 Maret 2011) di lokasi yang dipilih untuk ujian. Jadwal dan alamat pelayanan, serta informasi kelengkapan berkas dapat dilihat di situs http://um.ugm.ac.id.
e. Ujian Tulis dilaksanakan Minggu, 27 Maret 2011.
f. Seleksi sepenuhnya dilakukan oleh Panitia UM UGM 2011.
g. Hasil seleksi diumumkan Sabtu, 16 April 2011 melalui situs http://um.ugm.ac.id.
h. Keputusan penerimaan adalah final dan tidak dapat diganggu gugat.

JADWAL KEGIATAN

Program Pendaftaran Berkas diterima terakhir Daftar ulang Tes tertulis Tes ketrampilan
PBUTM 3 Jan – 10 Feb 14 Feb - - -
PBUBB 3 Jan – 10 Feb 14 Feb - - -
PBOS 3 Jan – 10 Feb 14 Feb - - 6 Maret
PBUPD 3 Jan – 10 Feb 14 Feb - - -
PBS 3 Jan – 15 Mar - 9 – 16 Maret 27 Maret -
UTUL 3 Jan – 15 Mar - 9 – 16 Maret 27 Maret -

Ket. – : Tidak ada kegiatan

3.
SELEKSI NASIONAL MASUK PERGURUAN TINGGI NEGERI (SNMPTN)
Diselenggarakan sesuai dengan ketentuan Pengurus Pusat SNMPTN.

info um ugm 2011

# Pendaftaran UGM  (3 Januari s.d. 15 Maret 2011).
# Peserta dapat memilih 3 (tiga) program studi berdasarkan prioritas.
# Verifikasi/daftar ulang peserta (9 s.d. 16 Maret 2011) di lokasi yang dipilih untuk ujian. Jadwal dan alamat pelayanan,  serta informasi info um ugm 2011 kelengkapan berkas dapat dilihat di situs http://um.ugm.ac.id.
# Ujian Tulis dilaksanakan Minggu, 27 Maret 2011.
# Seleksi sepenuhnya dilakukan oleh Panitia UM UGM 2011.
# Hasil seleksi diumumkan Sabtu, 16 April 2011 melalui situs http://um.ugm.ac.id.

info lengkap : http://um3.ugm.ac.id/

 

Dapatkan Kumpulan soal soal dan pembahasan um ugm, secara gratis, hanya untuk member di www.prediksi-snmptn.com

About these ads

Komentar»

1. info um ugm - Januari 9, 2011
2. bicho - Januari 21, 2011

sukses buat yg pengen meneruskan ke ugm ya.. :)

3. Rama Sejati - Januari 21, 2011

Info yang bagus !

Barangkali informasi mengenai “SNMPTN 2011-2012″ berikut, juga berguna bagi rekan rekan yang memerlukannya. Klik > SNMPTN 2011-2012 ?

4. Angga Lingga - Januari 24, 2011

Gimana kabar yang sekarang katanya UM UGM nggak ada lagi ya? Karena ada instruksi dari pemerintah harus 60%

CMIIWA

5. qonita aizati - Februari 6, 2011

assalamu’alaikum kak, saya memang masih kelas 2 SMA tapi saya akan selalu aktif untuk melihat tentang UGM karena saya ingin sekali masuk UGM jurusan kedokteran. tahun depan nanti kira2 masih ada tes mandiri gak ka? kan kabar2nya tahun ini gak ada tes mandiri tapi disini masih terteran persyaratn UM UGM ka. jadi tahun ini ada atau tidak ka? makasih

6. Diah Ayu Wulandari - Februari 20, 2011

Assalamu’allaikum warrahmatullah…
kak sy ingin tanya, untuk bidik misi jalur snmptn undangan tutupnya tanggal brp ya? lalu sistem penyeleksian dari snmptn undangan bagaimana ya? karena sy ingin kedokteran min berapa nilai yang di harus sy punya untuk bisa lolos bidik misi melalu senmptn undangan? untuk yang bidik misi melalui snmptn jalur undangan diharuskan membayar unag pendaftaran tidak? dan klo di kedokteran ugm boleh gak pakai cadar?? mohon penjelasan secepatnya…trims.

7. Info UM UGM 2011 | Info SNMPTN 2011, Beasiswa, dan Lowongan Kerja CPNS BUMN Swasta - Februari 21, 2011

[…] Prosedur Pendaftaran dan Jadwal Kegiatan info um ugm 2011 […]

8. Ferawati - Maret 1, 2011

Asalamualaikum,,kalau um ugm jurusan umum apa khusus ya ?tolong bantuanya soalnya saya pingin kul disana,dan nilai nya berapa kalau mau masuk ke um ugm,

9. IRFAN PANJAITAN - Maret 19, 2011

kak.. blh tw g’ jrsn ips bs ngambil jurusan teknik/arsitektur?? please…. bantu aq bls

10. qiqi rhayfa - Mei 16, 2011

Askum…kalau boleh tanya mengumpulkan berkas bidik misi ujian tulis(snmptn tulis) terakhir kapan??

11. ava - Agustus 24, 2011

Assalamualaikum..
saya mau tanya, di atas tertulis syarat peserta ujian masuk itu nilainya diatas KKM, disekolah saya, KKM itu 70 dan 75, sedangkan nilai saya hanya sedikit melebihi batas KKM itu, apakah masih ada kemungkinan diterima?
mohon balasannya, terimakasih…

12. Nur Hidayah - November 1, 2011

.Kapan Jalur Undangan UGM yang sekarang di Buka yya?? dan Syarat2nya apa Ajah??
Kalau Pakai Piagam Bolehh gag???
Tolong Balass ya,,secepatnya..

13. αrifhgαM hαnikαZ ♔ (@Maghfirazakinah) - November 4, 2011

passing grade untuk jalur undangan nya berapa ya? thanks infonya

14. dewi sartika - November 6, 2011

saya menambil jurusan IPA waktu SMA boleh gak saya mengabil jurusan BHS di UGM?????

15. tati nurhayati - Desember 3, 2011

pendaftaran tahun 2012 kapan di bka ????

16. m.luqman - Desember 9, 2011

kpan pendaftaran pmb tahun 2012 di buka?

17. m.luqman - Desember 12, 2011

PMB untk UGm kpan y d bka bang…

18. Naura - Desember 13, 2011

Kalau di SMA jurusan IPA nanti misal ikut jalur undangan apa boleh pilih jurusan IPS ??

19. Nia - Desember 25, 2011

Mengulang pertanyaannya naura, saya anak Ipa, tapi pengen ngambil undangan dan jurusan IPS, bisa? Mohon segera di balas. Trimakasih

20. Nandya Indah Pratami - Januari 2, 2012

kak, untuk pmb tahun 2012 kapan dibukanya ?

21. Lani - Januari 2, 2012

permisi…
saya mau tanya,
saya bersekolah di smk teknik,
apa bisa untuk masuk UGM?? tolong balasannya
thanks

22. Teguh - Januari 6, 2012

assalamu’allaikum………..
Numpang tanya klau Pendaftaran Program penelusuran Bakat swadana kapan dibukanya???

23. junior hendri wijaya - Januari 11, 2012

Asalamualaikum wr wb…
mr/mz,,kebetulan saya tamatan sma th 2010-2011,, kemaren sungguh tidak mengetahui info tentang beasiswa ini,, akan tetapi saya hanya mengikuti snmptn, dan hasilnya jg nihil. Mohon dengan sangat untuk jawabannya, ada kah kesempatan saya untuk mengikuti umb 2012 ini…? mohon balasanya. sebelumnya terima kasih..

24. Niha - Januari 13, 2012

Banyak kok mahasiswa UGM yag dari SMK teknik

25. Muslihah - Januari 20, 2012

saya siswa dr SMAN 3 Kayuagung, SUMSEL. saya mo tnya, apakah UGM untuk tahun ini tidak ada jalur undanganny ya? soalny kata guru saya yg mengirim undangan cuma dari UI, UPI, dgn Unsri. mohon infonya..
terima kasih .

26. grace - Januari 23, 2012

aku mau nanya, klo jurusan ipa bisa gk y mendaftar ke fk ilmu sosial dan ilmu politik UGM ?

27. delfia - Januari 26, 2012

jalur PBOS harus msuk ranking 25% kelas pd smester 5 yaa??
info untuk jalur PMDK klu untuk SMA R-SBI 75%
apa jalur PBOS tdk mmakai 75% terbaik d klas?
saya ad piagam kejuaraan internasional, syang kalau tidak terpakai..
saya mw mencoba PBOS ambil kedokteran..
apa ada syarat2 khusus??

28. novi - Januari 28, 2012

pa ja study di ugm

29. lina ernawati - Januari 29, 2012

daftar ugm

lina ernawati - Januari 29, 2012

assalamualaikum saya mw tanya vakultas pertanian jurusanmanajemen sumber daya perikanan itu dr ipa ato ips makasi

30. Lulu Innajma Lulu - Februari 1, 2012

Cara daftar snmptn ugm secara online gimana yahh?
Mintaa alamaat website nyaa doongg miinnn?

31. SANTOSA ASSYFA - Februari 2, 2012

MHN INFONYA NO SNMPTN ITU DIPEROLEH DR MANA? KAN NO SNMPTN ITU UNTUK MENDAFTAR ON LINE JALUR UNDANGAN

32. Ekasari - Februari 5, 2012

Aku pengen masuk ugm,tp klo boleh tahu brp y syarat” nilai

33. Ekasari - Februari 5, 2012

UGM top!

34. jil - Februari 21, 2012

saya pengen tanya persyaratan masuk ugm dilihat dr nllai raport n un???? mohon di balas

35. sischa nur hasanah - Februari 27, 2012

assalamualaikum kakakku,,ini siska dri lampung,,mo tnya donk kak..kira¨ lox msuk ke ugm dri SMA jrusan ips trus ikut snmptn ngambil jrsan ipa boleh gx ea..pleassss tlong dibntu ea kak,,trimakasih…

36. ikhsan - Februari 29, 2012

Assalamualaikum,,, numpang nanya
kira-kira masih ada ngga pendafataran masuk ke UGM untk lulusan tahun ini. and kalo ada tolong di kasih infonya, coz aq pengen banget masuk ke UGM….. tolong balasanx yah,

37. icho - Maret 14, 2012

berapay biaya masuk,gdg spp dll untuk d UGM jrsn Farmasi??trims…hrp dblz

38. Valdhannaizer Oey Cenat Cenut - April 30, 2012

Ass”
saya mau nanya” nieh,,,, SAYA lulus SMA th 2010-2011….Saya skrg msih kuliah di jogja slma 9 bln…trus saya kontrk kerja slama 2th setengah kurg lbihnya th 2015… BIsa enggak klo saya dftr UGM pd th 2015..? Trus persyrtanya apa aja? klo Usia berpengaruh enggak dlam pendftran….. Ada enggak beasiswa yg bisa saya ajukan………Tolong dbales ya ….Trima kasih

39. meily ika - Mei 7, 2012

mau tau gimana caranya dftar di ugm jrusan teknik/komputer

40. bayuprasetyo - Mei 8, 2012

info non snmptn di UGM kapan mulai pendaftaran nya ???
BALAS YAA !!!!

41. CINTAKU - Juli 28, 2012

KLO HARI INI MSH ADA YANG BUKA PNDFTRAN GAG SII ? AKU’A KTINGGALAN BGDD

42. INDRI - Januari 12, 2013

KA, MASUK UGM UNTUK SNMPTN UNDANGAN KE UGM . BERPA NILAI RATA RATA

43. Ecat Dinatae - Januari 28, 2013

kak kpan mlai di buka pndaftaranya ???

44. udin nur saputra - April 21, 2013

kak, yang pendaftaran jalur mandiri 2013 mulai kapan dibukanya?

45. Duto Suryo - April 24, 2013

kapan yg mulai ujian mandiri tahun 2013 ?


Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 586 pengikut lainnya.