jump to navigation

Perubahan Jenis Tes Pada SNMPTN 2009 April 7, 2009

Posted by Administrator in Tak Berkategori.
Tags: , , , ,
trackback

Ketua Panitia Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNM-PTN) Haris Supratno menyatakan panitia akan menambahkan tes potensi akademik dalam seleksi mahasiswa baru.

Tes potensi akademik ini berfungsi mengukur kemampuan awal calon mahasiswa untuk menyelesaikan pembelajaran. Soal yang akan diujikan terkait kemampuan logika, verbal dan analisis. Selain itu, panitia juga akan memberikan tes soal kemampuan dasar dan tes bidang studi prediktif. Tes kemampuan dasar akan terdiri dari tes Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris dan Matematika terpadu.

Sedangkan tes bidang studi prediktif akan dibagi berdasarkan penjurusan di tingkat sekolah menengah yaitu tes Matematika, Biologi, Kimia, dan Fisika untuk jurusan Ilmu Pengetahuan Alam dan tes Ekonomi, Sejarah,  Sosiologi, dan Geografi untuk calon mahasiswa dari jurusan Ilmu Pengetahuan Sosial.

Namun, soal yang diujikan akan berbeda dari soal ujian nasional sekolah menengah atas. Soal tes juga tidak terkait dengan kemampuan siswa menguasi pembelajaran sesuai kurikulum. Soal akan berorientasi analisis dan argumentasi.

Seluruh soal, dibuat oleh tim yang dibentuk dari 70-80 orang akademisi dari beberapa perguruan tinggi negeri. Rangkaian tes ini diharapkan mampu menyeleksi calon mahasiswa berkualitas.

Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional Fasli Jalal menyatakan tidak masalah jika soal yang diujikan dalam seleksi mahasiswa baru ditambah.”Prinsip dasar seleksi masuk perguruan tinggi negeri itu kemampuan akademik tanpa melihat pencapaian kognitif dalam mata pelajaran apapun,” Beliau menambahkan.

Untuk itu, Tes Potensi Akademik dapat menjadi satu pilihan seleksi. Karena untuk menyeleksi calon mahasiswa tidak cukup tes bidang studi saja. Pemerintah, akan terus menyempurnakan sistem penerimaan mahasiswa baru.

JENIS TES

1. Tes Potensi Akademik (TPA).
2. Tes Bidang Studi Prediktif (TBSP) :
* Tes Bidang Studi Dasar terdiri atas mata ujian Matematika Dasar, Bahasa Indonesia, dan Bahasa Inggris.
* Tes Bidang Studi IPA terdiri atas mata ujian Matematika, Biologi, Kimia, dan Fisika.
* Tes Bidang Studi IPS terdiri atas mata ujian Sosiologi, Sejarah, Geografi, dan Ekonomi.
3. Uji Keterampilan untuk beberapa program studi.

About these ads

Komentar»

1. dikacewk - April 11, 2009

hoho…

ko banyak banget c jeniS teSnya…

haddUH-hadduH!!
gmAna ne….

uJi ketrAmpilanny Tu gmAna c??
g MUdenG..hhe

2. rieta - April 16, 2009

YAAAAAAAAAAh, mw gmna l9?

w ja lum ta mw bljar ky apa……

hiiks…….hiks…..hiks…….

mudaH 2n ja w dapet ilham……
heeeeeee…….

3. oka - April 22, 2009

koq nambah lg sih jnis tes ny..,.,.,., yg kmaren aja gw gk lulus

Pota - Mei 4, 2009

Coy,,u ank mana????
Lu2san SMA 2008 y??
IPA/IPS?
Q y jg lu2san thn 2008.
BTW,kegtn u slma masa prenungan ni pa ja(he…)??????

4. jay - April 23, 2009

ampun……

bny bgt tesny….

jd gemeteran!!!!!

5. gw - April 26, 2009

jumlah soal dasar gak dikurangin kan gara2 ada TPA?
trus soal ipa nya jadi 80? 20 per mapel. benarkah?

6. arza - April 27, 2009

Assalamua’alaikum..blh saya tau komposisi soal tiap ujian-ujiannya, misalkan jumlah soal untuk TPAbagai

7. arzafr - April 27, 2009

Assalamuailakum…blh saya tau bagaimana kriteria soal tahun ini, misalkan jumlah soal untuk TPA, kemampuan dasar dan IPA/IPS,.apakah sama seperti yang dulu…trus bagaimana ujian di hari pertama…apakah sama seperti dlu??? truz TPA di hari pertama or hari kedua..!!!

8. rizky - April 27, 2009

lalu tesnya dibagi menjadi berapa hari?

seberapa pentingkah tes potensi akademik?
metode penilainya gimana?
umpama Tes Bidang Studi Prediktif jelek tapi potensinya baik gmn?

9. aya - April 28, 2009

kok….banyak amat??truz gmna crana biar peluangna makin besar???kadang2 kn jga ssahpadahal kami dah yakin tuh jawaban bener n lu2s/masuk…tapi nyatanya gagal

10. cantik - April 28, 2009

gimana kalo SNMPTN taon nee diadain di jepara,,,<biar Q kagak ribet

11. alam - April 28, 2009

wOWww, , ,SuSAH’y MSUK pTN

aqyu... - Juni 17, 2009

Itu dah tradisi…^_^

12. Indhae_goBLet - April 29, 2009

tetap mau berusaha bya r bs lulus!!!!!

13. ibnu caemmmm - April 29, 2009

gw yakin bkal diterima di fak teknik ugm
soal snmptn?????it’s so easy……..

yang lain bobok saja sonoooooo,,,

14. ibnu cool - April 29, 2009

share soal2 snmptn yoook???

15. ibnu caemmmm - April 29, 2009

gw bkal msuk di fak teknik informatika ITB

Soakl snmptn????it’s so easy

16. dewi - April 30, 2009

assalamulaikum….
tes akademi itu untuk semua jurusan kah???
thx..^_^

17. tucja - Mei 1, 2009

misi-misi,
mau tanya,,
banyaknya sumbangan mempengaruhi g?????

makasi……

18. ibnu caem bego - Mei 3, 2009

ibnu caem sok banget sih lu..ga lulus baru mampus lo!

19. Meyta kiyut - Mei 3, 2009

Uji kterampilan tuw gmn c mksd na?ap yg dujikn?

20. didi - Mei 5, 2009

?????????

koq banyak

aqyu... - Juni 17, 2009

Ya iyalah…
Ntar klo dkit gag MENANTANG euy…. Ha..ha..ha..
(kyak gw bsa ja!!!!)

21. Hadi - Mei 6, 2009

Minta tolong donk yang tau jumlah soal SNMPTN 2009 ? Sampai sekarang saya belum tahu berapa komposisi soal per mata pelajaran.

22. Hadi - Mei 6, 2009

Minta tolong donk yang tau jumlah soal SNMPTN 2009 ? Sampai sekarang saya belum tahu berapa komposisi soal per mata pelajaran.
Sorry ketinggalan..yang mau balas, tolong ke email
hadikl99@yahoo.com

Thanx

23. iva aza... - Mei 6, 2009

Uji ketrampilan itu utk bid studi pa ja y???
dan kr2 pa yg di ujikan??

24. i2m - Mei 8, 2009

aduh tesx jangan banyak2 dunk ntar Qta pada stressssssssssss
ne………………………..

25. ToTta - Mei 10, 2009

kalau misaLnya STK atau STTBnya belUm dbagikan apakahmasih bisa mendaFtar..??biasanya sekolah sering mengulir waktu dalam pembagian STTB atau STKnya..

bls k email aq tonotaufiq@yahoo.com

26. afifah - Mei 12, 2009

berapa jumlah soal utuk mapel ipa masing masing di hari kedua??
plis aku butuh jawaban..
lalu jumlah soal untuk dasar ga berubah ga,
kirimi aku informasinya donk, di zahra1891@gmail.com
pliz…….

27. ivan - Mei 16, 2009

kalau misalnya kita lulus UN, tapi menggunakan paket c,
Apakah seluruh universitas di Indonesia menerima lulusan paket C???????

28. Giovani - Mei 22, 2009

Berapa total soal Snmptn 2009?

29. cece - Mei 22, 2009

Penting gk sic sosiologi?????????????
kok SNMPTN nerimanya ank2 yg gmn gtu..????
nambahin p-ening ja!!!!!!!!
gmn sic caranya prediksi lulus pa gk nya?
kok thn kmrn kyknya gw lulus geh,, kok gagal y?
n yg ktrima kok anknya yg gk disangka2 bisa ktima?
pa SNMPTN bukan test bwt potensi tap[i nasib2 an ya?
bls y,, k’cececharming@yahoo.co.id

30. rherhe - Mei 26, 2009

mang smua mata kuliah ada uji ketrampilan?loh bukan yg tertentu aj thn kmrn jg ada tp g smua,,,,
dwuhhhhh knp jd ribet ciiii,,,
trus tes TPA brapa soal?jd hari pertama 2kali tes?
Rhe mang harus optimis tp yg kmrn lbih simpel aj g lu”s.

31. girl - Mei 29, 2009

kq sulit amat sc….

32. Kedai Lagu - Mei 29, 2009

wah, baru setahun aja test SNMPTN udah ada perubahan lagi . . .
tahun ini ada TPA nya je . . .
sekedar info aja ini buat adek2 . . . bobot score untuk TPA itu sebesar 30% dari total score (untuk prodi yang gak butuh ketrampilan)
ya pokoknya optimis aja . . .
rajin2 browsing cari soal-soal snmptn buat latihan . . .

33. Greyanasari Rachmadi - Mei 29, 2009

untuk test kategori ips, ada ips terpadunya gak?
trus maksud tes keterampilan itu apa ya?

34. cah stemsa2009 - Juni 1, 2009

Waduugh BiYung…muuUmet…golek sekolah ra ketompo-tompo…
mbok soale ra sah angel2 to yow pak…
kulo ki cah stm,nek kon garap soal PELAjaran SMA koyo Pas umptn wiNgi Kulo Mboten mUdeng…kudune soal sing asal schoolahe sko SMK k-ro SMA ki mbok yo dibeddakke….MKsudnya soalnya dipadakke kro pembelajaran SMK 0r SMA…okey choyyy…wuiyooo

35. Marsha - Juni 5, 2009

MANTAPPPP bngeettzzzz!!!!!
cuma segitu ja?,g ada lg nechh biar tmbah PUSYONG hehehehe;p

36. mega - Juni 9, 2009

kog ruwet bgt yak?
tpi mudah2an bisa menyaring mahasiswa yang bener2 kompeten lah di bidangnya,

biar indonesia lebih maju!!!

semangad!!!

37. aku - Juni 9, 2009

MAU yg gmn pun…
yg penting jelas aje ketentuannya…
biar tau strateginya gmn..???
snmptn sekarang bener’ nyeleksi orang”’

38. Cah Ndeso - Juni 11, 2009

BusssseT……..! itu mo Tes pa mo Nikah
kok banyak bwener TassNya
…………..>>>>
……….
>>>>>>
Mungkin Hya MoYet yg Bisa He..Heee
Heeh PokrA……….?????

39. maria - Juni 11, 2009

wawwwwwww
ga ada yang lebih hebat,
kurang berat tu.
udah sempat pelajari SNMPTN tahun lalu lg,
kirain.
mmmmm…..

40. nisaa - Juni 15, 2009

brp soal sih yg diujiin tiap mata pelajarannya?

Firdha - Juni 17, 2009

Kemampuan dsar:matik 25 soal,b.indo 25 soal,b.ingg 25 soal
trus sisa’a 20 soal smua dech…..^_^

aqyu... - Juni 17, 2009

Kmampuan Dsar: matik 25 soal,b.indo 25 soal,b.ingg 25 soal
trus yg sisa’a 20 soal dech…..^_^

41. Fida - Juni 21, 2009

waktu utk mengerjakan TPA dgn Kemampuan Dasar disatukan ya??

42. Pasti Bisa ! - Juni 21, 2009

PERMINYAKAN ITB, WAIT 4 ME !!!

43. gambrek - Juni 27, 2009

kok angel bgt to. . . . . .smwmya bantu inyong yo .????walaupun lewat doa..mudah2an ak masuk ndek unud…

44. Maula kirey - Juni 30, 2009

Aq minta kisi” bwt soal snmptn tahun nch trz tpa to pa z isinya? ?

45. agusss - Juni 30, 2009

soalnya sulit bgttttt……

46. charii - Juli 5, 2009

klo snmptn 2009 ada nilai mati ngak sh?????

47. u know - Juli 5, 2009

yah moga2 lu2s,,,,,,klo ga, bom aj smw univ d indo byar sma2 ga kul Qta

48. t i t a - Juli 16, 2009

hahahaha,
di bom ? ada-ada aja. bisa lolos SNMPTN 2010 ga ya ?
dag dig dug derr nih, koq kayaknya SNMPTN tuh ngeri bgt yak ?!
wiiiiiw…

49. hamzah - November 6, 2009

kalo masuk ujian mah sulit banget ya tapi kalo dijalani denN BENAR MAH insyaallah GAMPANG

50. hamdanpelor - Maret 23, 2010

tes-tes yang rumit dan bekualitas masuk perguruan tinggi negri mengapa tidak bisa menghasilkan suatu perubahan baruuuu……….perubahaan yang di inginkan sermua orang……dan mengapa hanya sedikit lulusan perguruan tinggi yang merubah indonesia padahal tes untuk masuknya sangat berkualitas…….

51. ammi - April 11, 2010

aduuuuuuuuuh..
bnyak x tes Na……..?
ksh ke mdahan la dikit,naQ RIAU..

52. panca - Juni 9, 2010

yang di ujikan dalam tes ketrampilan itu apa saja?

53. u'ul - Juni 9, 2010

kalau tes potensi akademik itu yang bagaimana ? trim ksh.

54. adytha - Januari 17, 2011

mf mba or kk.. sy scul in SMA 4 vhalembank eang msh klz xii,sy mo tnya… mt syrat2 msk snmptn nt pha za ea…thank for attention


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 570 pengikut lainnya.