jump to navigation

Tips Memilih Jurusan di PTN Januari 28, 2009

Posted by Administrator in Informasi SNMPTN, snmptn, Tips n Trik SNMPTN.
Tags: , , , , , , , , ,
trackback

Memilih jurusan kuliah bukan urusan yang mudah dan bukan persoalan yang sepele. Banyak faktor yang harus diperhitungkan dan dipikirkan masak-masak. Memilih secara tergesa-gesa tanpa memperhitungkan segala aspek akan berakibat fatal mulai dari kesadaran yang terlambat bahwa jurusan yang diambil tidak sesuai dengan kepribadian sampai pada drop out / DO atau dikeluarkannya seorang mahasiswa / mahasiswi karena dinyatakan tidak mampu mengikuti pendidikan yang diikutinya. Maka dari itu pemilihan jurusan sedini mungkin harus mulai dipertimbangkan. Salah pilih jurusan merupakan bencana dan kerugian yang besar bagi Anda di masa depan.

Cara memilih jurusan di Perguruan Tinggi yang baik:

1. Menyesuaikan Cita-Cita, Minat dan Bakat

Bagi yang telah memiliki cita-cita tertentu, maka lihatlah jurusan apa yang dapat membawa menuju profesi atau pekerjaan yang diinginkan tersebut. Janganlah memilih jurusan teknik geodesi jika Anda ingin menjadi seorang dokter ahli kandungan dan jangan pula memilih jurusan sastra jawa jika bercita-cita menjadi polisi.

Sesuaikan jurusan yang ingin diambil dengan minat dan bakat. Jika tidak menyukai hitung-hitungan janganlah mengambil jurusan matematika dan jika tidak menyukai menggambar jangan mengambil jurusan teknik sipil. Kemudian lihat bakat anda saat ini. Mengembangkan bakat yang sudah ada disertai dengan rasa suka dan cita-cita pada suatu jurusan studi akan menjadi pilihan yang tepat.

2. Informasi yang Sempurna

Carilah informasi yang banyak sebagai bahan pertimbangan anda untuk memilih jurusan. Cari dan gali informasi dari banyak sumber seperti orang tua, saudara, guru, teman, bimbel, tetangga, konsultan pendidikan, kakak kelas, teman mahasiswa, profesional, dan lain sebagainya. Jangan mudah terpengaruh dengan orang lain yang kurang menguasai informasi atau ikut-ikutan teman / trend.

Internet juga merupakan media yang tepat dan bebas untuk bertanya kepada orang-orang di dalamnya tentang apa yang ingin kita ketahui. Cari situs forum atau chating melalui messenger dengan orang yang dapat dipercaya. Semua informasi yang didapat dirangkum dan dijadikan bahan untuk membantu memilih jurusan.

3. Lokasi dan Biaya

Bagi orang yang hidup dalam ekonomi atas, memilih jurusan tidak akan menjadi masalah. Biaya yang nantinya harus ditanggung dapat diselesaikan dengan mudah baik dari pengeluaran studi, biaya hidup, lokasi tempat tinggal, dan lain sebagainya. Bagi masyarakat golongan menengah ke bawah, lokasi dan biaya merupakan masalah yang sangat diperhitungkan.

Jika dana yang ada terbatas maka pilihlah lokasi kuliah yang dekat dengan tempat tinggal atau lokasi luar kota yang memiliki biaya hidup yang rendah. Pilih juga tempat kuliah yang biaya pendidikan tidak terlalu tinggi. Jika dana yang ada nanti belum mencukupi, maka carilah beasiswa, keringanan, pekerjaan paruh waktu / freelance atau sponsor untuk mencukupi kebutuhan dana anda. Jangan jadikan pula uang sebagai faktor yang sangat menghambat masa depan Anda.

4. Daya Tampung Jurusan / Peluang Diterima

Perhatikan daya tampung suatu jurusan di PTN dan PTS favorit. Pada umumnya memiliki kuantitas yang terbatas dan diperebutkan oleh banyak orang. Jangan membebani diri anda dengan target untuk berkuliah di tempat tertentu dengan jurusan tertentu yang favorit. Anda bisa stres jika kehendak anda tidak terpenuhi. Buat banyak pilihan tempat kuliah beserta jurusannya.

Ukur kemampuan untuk melihat sejauh mana peluang menempati suatu jurusan di tempat favorit. Adanya seleksi massal yang murni seperti UMPTN, SPMB, Sipenmaru dan lain sebagainya dapat menjegal masa depan studi Anda jika tidak persiapkan dan diperhitungkan matang-matang. Pelajari soal-soal seleksi dan ikuti ujian try out sebagai percobaan Anda dalam mengukur kemampuan yang anda miliki.

Namun jangan terlalu minder dengan hasil yang didapat. Jika pada SPMB ada 2 jurusan yang dapat dipilih, pilih satu jurusan dan tempat yang Anda cita-citakan dan satu jurusan lain atau lokasi lain yang sesuai atau sedikit di bawah kemampuan Anda.

5. Masa Depan Karir dan Pekerjaan

Lihatlah ke depan setelah Anda lulus nanti. Apakah jurusan yang Anda ambil nanti dapat mengantar Anda untuk mendapatkan pekerjaan dan karir yang baik? Banyak jurusan-jurusan yang saat ini lulusannya menganggur tidak bekerja. Tidak hanya orang dari jurusan tertentu saja yang dapat bekerja pada suatu profesi, karena saat ini rekrutmen perusahaan dalam mencari tenaga kerja tidak melihat seseorang dari latar belakang pendidikan saja, namun juga pengalaman. Tetapi jika kompetensi, keberanian dan kemampuan anda jauh dari orang-orang normal, maka jurusan apapun yang Anda ambil sah-sah saja.

Biarkanlah hati dan akal sehat Anda bicara tanpa adanya campur tangan dari orang lain. Konsultasikan dengan orang tua dan orang lain yang anda percayai. Pemilihan jurusan kuliah sangat menentukan masa depan Anda. Selamat berjuang!

Sumber: Organisasi.org

About these ads

Komentar»

1. Rodiwansah - Januari 29, 2009

menurut Anda kalau di fakultas Pertanian bagaimana?

tsanie - Mei 25, 2009

ojo gelem goblog, neng pertanian iki angel,, jo meneh saiki sawah sawh podo di tuku cino..

Cathy - Oktober 12, 2012

Tergantung pilihan, fak pertanian di universitas mana,

herliyani - Desember 7, 2012

saya mau nya d universitas UI

herliyani - Desember 7, 2012

maksud saya caya mudah untuk mendapatkan fakultas pertanian supaya saya bisa masuk di universitas negri ????

izzi - Februari 12, 2013

kalo kehutanan gimana?

2. ramie - Februari 2, 2009

bagus juga tuh!!
walaupun tukang cangkul yang penting sarjana pertanian

3. ieyqhaa - Februari 3, 2009

teknik kimia UGM ..
daya tampungnya kira2 berapa yha ?
pengen banget masuk sana .
kimia bgd lha pkoe .. xDD

moga bs msug sana !
amien !

4. Alexa - Februari 5, 2009

Thankx for tips’ax…membANTu bnget

5. yo2K - Februari 7, 2009

kira2 banyak g peminat jurusan SYARIAH di IAIN surabaya?
q pingin bgt masuk sna.
tp mungkinkah q bs?

6. ale - Februari 9, 2009

sAya PuNYA BakAt YANg bAIk dGn JuRUsAN yG sAYa IngInkAN…….
TapI MasALah Biaya tAk MenCuKuP, GiMANa NE?i

Bi'aWw - Agustus 28, 2009

well skrg jgn mikir tu dl
klo anda pinter 2 nyari, entah tu teman browsing internet dll.
pasti ada jalan.
skrg g’ kurang lo beasiswa yang ada bejibun malah, dr luar negri jg banyak. So just study hard
Btw skrg jg aku lg pusing mo kmn, padhal aku dah pux pilihan.

7. moe - Februari 10, 2009

aQ pngen masuk PTN yg basicly dibidang pendidikan kaya’ unesa,UM,gt lah…calon guru gt….saat ni peluang yg paling bnyak jurusannya apa ya???mksudnya yg gradenya rendah…biar bisa lolos lwat SNMPTN,,terserah jurusan apa??aQ siap ajah,,,yg pnting bukan PPKN ajah..N yg kira2 peluang kerja kedepannya tu bnyak dibutuhkan???

nana - November 28, 2009

kalo yang prospeknya bagus sich kya’nya binggris coz b.inggris diluar job gurupun bisa. . ,n bisa jg buka kursus. . ,kan kursus b.inggris kursus mapel yang banyak diminatin tuh. . ,

tomi - Mei 23, 2012

btul tuh… tp klo ambilnya sastra inggris gmana? bakalan jadi apa gitu?

emen bae - Maret 28, 2010

sastra .. jurusan bhs daerah,,,! coz d smp & sma/smk sdh msk pelajaran wjb , smentara jmlh llsn trsbt msh minim,,,,,jd d angkt pns y cpt,,,,,,,,,! n cm srn ch yng nenuin nsb & plhn ad d km cndri,.

8. iqbal - Februari 15, 2009

tolong dong kirimin informasi tentang pendaftaran snmptn …..cara ngambil formulir pendaftarannya……keyyy boss

9. Hermansyah - Februari 16, 2009

AQ pgn bgt masuk FKU unair..coz dsana yg kuliah kbnykn org2cerdas so aq sngt suka punya teman2 org2 pintar dan cerdas!
Tp kenyataanny sy d terima d FKM Unair…ah sial trus g jd aq ambil itw kuliah dan skrng aq nganggur de!
Bagaimana ne??..coba lg taun dpn n taun dpn lg smpe ktrima d FKU Unair y!! T_T

seandainya aq ada biaya ,,aq pasti bsa masuk melalui jalur PMDK umum tp sayangny keuangan d keluargaku sangat tdk mencukupi…terpaksa aq kuliah dgn cara menunggu d terima melalui jalur SNMPTN…T_T

sedih dan malu sm teman2 SMA…

izmawati - Agustus 10, 2009

Q jg ska m org2 pnter n crdaz.oy jd kmren u kut snmptn y?dtrima d5n?

aNIK - September 2, 2009

Jangan menyerah..!! Fight prendz..
Qta hrs brusaha & brdoa u/ menggapai cita2..
Kmu psti bsa.. Brsama Qt bsa..
FK MANIAC.. gO ..gO..

Afri - September 17, 2009

Aq jd th ini ga diterima di fk.. Th dpn mw nyoba lg..
Mhon doa’y tmand2!!

emen bae - Maret 28, 2010

jngn meyerh bos ,,,menyerah itu adlh jln menuju kegagalan, aslkn kt y snggh 2x psti ad jln …pepath mengatakn seseorng yng hbt adlh orngang yg berani mengambil rosiko,,,,

Heny Suherman - November 19, 2010

mav ya hermansyah
mau tanya deh , FKU unair itu apa sih
dan di mana ?
apa beda`a sama FKM Unair ?
bukan`a jalur PMDK itu gratis ??

Tolong bales ya di email facebook = henysuherman@gmail.com

makasi ,

komplexx - Januari 13, 2011

FKU unair = Fisika Umum Unair
FKM Unair = Fisika Murni Unair
PMDK emang gratis koq. Paling cuma dimintain sumbangan gedung dll

arekk - Januari 13, 2011

Walah .. ngawur aja
FKU Unair => Forum Komunikasi Universitas unair
FKU unair => Forum Komunikasi Mahasiswa unair

devy - Oktober 2, 2011

ampuun,…
FKU=Fakultas Kedokteran Umum
FKM=Fakultas Kesehatan Masyarakat,,, ==”

Witarso Praditya - Oktober 23, 2011

ngakak.com
lucu2 yaa…

10. sigalingging - Februari 23, 2009

ao..

bagus juga tuh saran..

umum bgt..

tpi da hal yang terlupakan loh..

“akreditas” jurusan yang qta pilih..
jgn sampai jurusn yang kita pilih tu tidak terakreditasi

ya sekedar promosi dikit neh..

kimia unpad punya akreditas A loh

bgus tu,,

tuk peminat bidabg studi kimia..

he,,

11. Gugum - Februari 24, 2009

Yang mau lewat jalur khusus saya bisa usahakan.
Tapi bagi yang serius saja, hubungi sms/tlp 085793120209

angel - Januari 22, 2011

mangx situ SIAPA????????

12. meL_ - Februari 26, 2009

kLo masuk
FKM USU gmana??

13. ilham - Februari 28, 2009

ui mahaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaal

claudia - Juni 3, 2009

kt sapa…ga mahal iq wekk :p

14. ilham - Februari 28, 2009

g’ mana dong kita yang kurang mampu ??…
ini menandakan universitas hanya untuk orang berduit saja ….
kita kembali ke jaman primitif lagi…
“siapa yang kuat (
DUIIIT) dia yang berkuasa”

aNIK - September 2, 2009

bNER BGT..
skrg kn uda bnyk jalur msk ptn.. mulai dri pmdk umum, swadana dll…
jdi yg d’bth’in d’snmptn cmn dkit..
Dsr.. sistm pndidikn mkin ancur & bobrok..
rkyt yg jdi korban..

nanda - Oktober 1, 2011

Bodoh. Kamu pernah mikir nggak sih itu buat ngeperbesar peluangnya kita juga? Sekarang liat deh snmptn, jumlah pilihan fakultas sama jurusannya dibatasin kan? Emangnya situ yakin lolos ke jurusan idaman di universitas oke ngelawan semua anak di indonesia? Justru gara2 ada banyak tes di luar snmptn itu jadi banyak yg awalnya nangis2 mau bunuh diri nggak jadi narik tali. Kalo nggak mau toh juga nggak usah ikut, susah bener sih. Lagipula bisa aja orang bilang snmptn mahal selangit, apalagi tes masuk ptn jalan lain. Kalo misalnya pinter ya pasti keterima snmptn (berarti nggak usah keluar duit lagi) kalo nggak keterima ya salah orangnya sendiri dong yah. Duit buat motor baru, ada. Duit buat beli rokok sama mangkal bareng temen2 ada. Duit buat ngeladenin pacar tercinta, selangit. Giliran snmptn aja nggak mau nyisihin dikit. Maaf ya, tapi plis deh jujur aja, kalo jalur undangan snmptn 170rb, tertulis 150rb, untuk menentukan masa depan dan kalian masih terlalu pelit? Gimana mau bisa sukses kalo misalnya nggak mau ngeluarin duit dikit buat nentuin masa depan besok tapi oke2 aja bayar modem buat internetan, punya laptop / komputer kaya apa setidaknya ke warnetlah, buat nyempet2in buka blog ini. Percuma tau nggak sih alasan situ selangit, padahal cuma pengen mbuktiin kalo duit berkuasa? Maaf ya, emang ada dua jalur di bumi ini kalo mau sukses, punya duit selangit sama istana yang emang nggak pernah abis tiap kali dipake nyogokin orang (dan percaya deh, tetep aja nggak bakal ada yg ngehormatin situ) apa dengan modal diri sendiri berani ngadepin dunia luar sama kemampuan dan pengetahuanmu yang bikin orang lain ter’wow’ banget? Duit itu nggak selamanya berkuasa, masuk lewat jalan duit juga orang pasti kelunta2 kok akhirnya nggak bisa apa2 sendiri, percaya aja deh kalo emang situ mampu bakal ngalahin semua orang berduit yg pake otak sendiri. Tapi maaf aja kalo mau ngomongin tes masuk ptn semuanya buat duit, karena sebenenya jawabannya nggak. Mungkin emang ptnnya mau ngambil untung, tapi tetep aja yang dimasukin orang2 kompeten. Lah sekarang aku mau tanya, salah siapa coba kalo nggak lulus satu jalur terus harus pake jalur lainnya? Makanya siapin aja diri sendiri, nggak usah mikirin lainnya.

15. ilham - Maret 10, 2009

FK unand, btw brapa neH passingGrade nye ckraG..

mgkin gk ntar guW lLuz y dcnnna..

amiiinn…

16. iLham - Maret 10, 2009

kcih tips2 bwt bz luluZ d FK/kdokteraN nya duoooonK..
yaCh..
cpa j deee..
plisss…
heHe..
dtggU..

17. Tyaz - Maret 16, 2009

Cew,trus ank ips bisa msuk ilmu peternakan g yach?jwb lo jgn cuma dilewati aj,.,

18. JuMP - Maret 25, 2009

@Tyaz
Sekarang mah g jamannya beda2in jurusan. Anak IPS pun bisa masuk Kedokteran d salah satu PT bergengsi.

Tapi ya nyadar diri lah klo d bawah rata2 atawa daya JUANG nya sekeras ‘TEMPE’ doank (==”), kita kan bisa introspeksi diri kita masing2.

KEEP IT PURE FROM YOU’RE HEART.

19. uwie - Maret 27, 2009

menurut anda jurusan sastra inggris gmana kedepannya??

20. rahmi - Maret 27, 2009

saya rahmi
angkatan 2008 nie
saya punya keinginan tuk masuk ke FK USU. pa ja sih trik-trik sukses masuk ke fk usu.
mohon bantuannya
don’t forget to send your message to my email ya…..
thanks before
syukran

21. alifa - April 6, 2009

mas tlong gmn carax dftr di snmptn…??

22. Ummi - April 6, 2009

aku ummi , masih duduk di bangku SMA .
Rencana nya , tamat skola nanti aku mau ambil
fak ilmu komunikasi.
Menurut anda ,
kedepannya gimana ?
apa prospek masa depannya bisa menjamin ?
makasih .

23. tama - April 6, 2009

daya tampung buat jurusan arsitektur dan perencanaan wilayah dan kota di UGM dan UNDIP brp ya?
untuk jurusan kedua itu universitas mana aja yang menyediakan jurusan tsb?

makasih…

barongan - Januari 13, 2011

universitas jayabaya juga ada tuh

daniel harry - Januari 21, 2011

di UNS (solo) juga ada

24. rara - April 13, 2009

klo teknik elektronika gmn??
pa lg di its yang passing grade nya tinggi bgt.
pa fungsi dari pssg grade???

trims.

daniel harry - Januari 21, 2011

pass grade hny sbg tolok ukur kemampuan calon mahasiswa aja, selebihnya yg menentukan kelulusan itu daya tampung program studi dan yg pasti nilai test kamu. . :)

25. ridwn - April 16, 2009

Kalau teknik komputer bagaimana?
Kira2 untuk sekarang peluang kerjanya masih luas ngx??

komplexx - Januari 13, 2011

tek komputer punya prospek bagus. Bisa buka kursus komputer ato reparasi komputer. Jualan komputer juga bisa aja seh

Witarso Praditya - Oktober 23, 2011

MENDING GA USAH KULIAH AJA.. KALO NTAR CUMA JDI REPARASI KOMPUTER… HAHAHAH

AMPUN DAHH>>

26. yadi - April 22, 2009

kl msk jrsn bhs inggris gmn ya?? peluang kedepan bagus g? kl pendidikan komp Utk PTN di Kalimantan ada ga Y?

27. Mucha - April 23, 2009

Tau daya tampung UPI jurusan pendidikan b.jepang lewat jalur PMDK ga? Saya butuh bgt nih. Kalok adda yg tau tlong kirim k emali geisha_hakasa@yahoo.com sy btuh bgt nih. Makasih

28. ervin nurul affrida - April 25, 2009

Assalamualaikum.
Bagaimana menurut anda tentang S-1 Pend.Bahasa&sastra Indonesia unesa???
Saya anak dari orang tua yang pas2an, namun ortu saya begitu gigihnya ingin menguliahkan agar nantinya saya bisa menjadi orang yang sukses.
NAmun PMDK UNESA kemarin saya gagal. Dan ortu ingin tetap saya masuk unesa, dengan ingin mencoba lewat jalur SNMPTN & UNESA.
Saya bingung, bagaimana saya menghadapi persaingan ketat itu, sedangkan anak – anak kota yang berduit, semuanya mengikuti bimbel utk menghadapi SNMPTN.
Sedangkan saya hanya anak desa, yang cuma bisa belajar … dan belajar secara otodidak utk menghadapi SNMPTN & SPMB tsb.
Mohon bantuan dan sarannya.

29. tsui - April 27, 2009

klo jalur khusus FK/FKG UNPAD lewat jalur SMUP banyak yang minta gak ya?

30. wikan - April 27, 2009

psikologi UGM ??

kira” aQ bisa ktrima nda iia dsana ???

tmend ,, yg punya info about psikologi , d universitas apapun ,, hubungi aQ iia ,,
d emailQ ,, nyitajja@yahoo.com

31. Hasyim - April 28, 2009

ToLong duNk,,,,,,,,,,
jelasin CaRa PEndaptaraNnya……

32. zeery - April 30, 2009

aku tuuuuuuuuuu bingung bngt mau kuliah dimana…….??????????????
and ngambil jurusan apaaaaaaaaa????????????
aku dari keluargaaa yang berkecukupan dan mempunyai otak yang pas-pasan…………
aku cocok ngambil jurusan and kuliah dimana yach……..??????????

bantu aku donk……..

pleazeeeeeeeeeeeeeeee………

jenn - Januari 16, 2010

hhhhhhmmmmmmmmmmmmm…………….
sma dunk ..

33. agung - Mei 2, 2009

ax suka matemetika,,,tapi kalo misal ambil keguruan paling gajinya cuman bisa buat kehidupan keluarga n ga bisa bantu keluarga yg terpuruk,,tp kalau misal ambil jurusan perhotelan n kerja di kapal pesiar pasti gajinya banyak tapi bahasa inggrisku lemah,,,apa kelemahanku bisa diatasi???n apa setiap orang psti bisa kal nau belajar??/aku takut kalo nantinya aku salah ambil jurusan n ngehancurin smuany,,,!!!aku pengen masuk perhotelan tp bahasa inggrisku lemah,,,apa aku ambil matematika aja???menurut anda?terimakasih

34. didi - Mei 5, 2009

jurusan yg tpt klo misalnya, gw sk mnggambar, tapi ngga ska ngitung!!!
trus lbih gmpang untk dpt krja ??

pliss Reply

daniel harry - Januari 21, 2011

S1 Desain Komunikasi Visual
S1 Desain Interior
semuanya itu ada di UNS, Solo

35. Davinci - Mei 5, 2009

apakh daya tampung mempengaruhi keinginan seseorang untuk memilih fkultas yg dinginkan….??

aNIK - September 2, 2009

Mnurut q g’ bnyk pngaruh sih..
Cz qt milihnya kn brdasarkn cita2 qt..
Meski dya tampung x dikit.., but Optimis aj dee..
Qt psti bsa.. STRUGGLE F/ OUR FUTURE..

daniel harry - Januari 21, 2011

iya donk. .

36. dH4na - Mei 6, 2009

gmn qta bisa liat daya tampung n passingrade PTN yg ikut?? kirimin dunkz situs ny..
mkasi…

37. ToTta - Mei 10, 2009

tolong kasih tau daya tampung masing2 jurusan ke email saya ya..?

38. Dilla - Mei 15, 2009

SAYA bingung milih jurusan!!!!!!!

39. eka nurcahyani - Mei 15, 2009

assalamualaikum..
Saya anak kelas XII jurusan IPA tapi saya rasa bakat saya ada di fakultas pendidikan bahasa sastra jawa dan memang saya benar-benar ingin mengambil jurusan pendidikan bahasa dan sastra jawa…ini semua juga sudah dengan persetujuan kedua orang tua saya…
Untuk SNMPTN nanti saya ingin mengambil program IPC dan saya sudah sudah yakin untuk mengambil jurusan Pendidikan bahasa dan sastra jawa, Pendidikan kimia,Pendidikan guru sekolah dasar..
Untuk itu saya mohon bantuannya dalam menetapkan urutan konsentrasi fakultas yang akan saya ambil…?

Terima kasih untuk saran dan perhatian yang diberikan.

wassalam.

loe" - Januari 2, 2012

assalamu’alaikum…
maaf ka aku mo nanya, skarang ka” jdi kuliah dmn n jurusan apa???
tlong dbales yach…..

Shinta Wedari - Januari 22, 2012

Iya nih. sekarang kakak jadinya ambil di jurusan apa?
aku juga tahun ini rencananya mau ambil jurusan Pendidikan bahasa jawa atau PGSD.

Shinta Wedari - Januari 22, 2012

kamu emang kau ambil jurusan apa ?

Shinta Wedari - Januari 22, 2012

?????????

40. RRj - Mei 16, 2009

Thanks.

41. ndriey_ - Mei 23, 2009

saya ingin tanya jurusan ips yang bagus untuk saat ini apah?u/ peluang kerja,kuliahnya dll…trima kasih

42. moul - Mei 24, 2009

mau masuk jurusan psikolog nea , , tpi msh bingung jgg tkutnya prospek kdepannya malh gag bgus . .ada yang pnya saran

daniel harry - Januari 21, 2011

jalani aja sepenuh hati
psikologi bagus kok prospeknya, asal kitanya jadi orang yg benar-benar “ahli” aja di bidang psikologi seseorang, pasti ada jalan

43. HARUN - Mei 25, 2009

AQ MAU NANYA,MAHALAN DI UNPAD ATAU DI UI,…………..???????????
BINGUNG GUE,……..
MAKLUM PERTAMA KALI,……….!

44. ardiyansyah koto - Mei 25, 2009

di snmptn nanti saya memilih ipc,nah…permasalahannya sebaiknya jurusan ipa atau pilihan pertama atau kedua?,klo mnurut minat aku suka dua-duanya,maksud saya yg duluan diperiksa ipa atau ips?…thank u

45. rherhe - Mei 26, 2009

saya mau ambil jurusan di bidang paramedik akbid/akper,itu cita”dri kecil tapi g tau knp saya jd bingung&ragu,tkt salah pilih&ga mampu.mau beryanya tp kesiapa,,,
hati ini yakin tp takut jd apa yang harus saya lakukan….
jd yang tau?punya informasi tlong bls ke rhe_hahihu_bangrt@yahoo.com

46. fahmi - Mei 29, 2009

yg pengen jdi offshore engineer & kerja di oil & gas company masuk ja di jurusan Teknik Kelautan ITS,,terakreditasi A dan diakui oleh RINA & ImaREST…

47. zio - Mei 30, 2009

heii… iLmu ekonomi IPB gmn yaa…?

btw, kLo nak ips yg mw ambiL IPB lewat SNMPTN,, ujiannya tetep dr keLompok IPS kan..? bkn IPC ???

48. elyn - Juni 3, 2009

ehm…
permisi,mo nanya neh…

Qlu2sn sma jur IPS,
nah ortuQ nyaranin kuliahQ sruh ngmbil jur mate,

Q bngung bwgt,otakQ pas2an,mgkn…lolos az,syukur bgt,he33
klo punya sran,krim z d sni: danrev_elyn@yahoo.com

tenkyu….

49. mukhlis - Juni 6, 2009

mW ngamBil kesehatan tp bingung yang mana dipilih.

toLOng dong saran2 teman2 smuany to Moekhlis_brrr@yahoo.com
please n thanx.

50. setiya gunawan - Juni 6, 2009

untuk elyn, orang tua sangat senang mempunyai anak yang berbakti kepada orang tua, dihormati, dan dikagumi. Menurut aku ORtu hanya ingin mewujudkan cita-citanya yang nggak kesampaian….lalu diserahkan kepada anaknya untuk melanjutkan cita-cita orang tuamu.

Inna allaha ma assyo birin, orang sabar di senangi tuhan Allah SWT.

51. gadis - Juni 8, 2009

aq pengen ikut snmptn nie…tapi nggak ad biaya…jadi sekarang aq kerja buat tambah2 biaya..tapi klo seandai nya aq jadi kul ntar biaya nya dari mana secara aq kerja nya pagi ampe sore jadi klo aq kul aq nggak bisa kerja lagi donk…
mohon saran y….gimana cara nya aq bisa kul sambil kerja jg tapi nggak mengorbanin salah satu nya karena menurut aq ke2 nya sama penting…
thank’s ya….

52. tAri - Juni 8, 2009

mO ambl fak.Geogr atO penddkny gmn??

bnYk pmnatnya gag ??

trUs prOspekny??

53. pamungkas Yudatama - Juni 10, 2009

Saya pamungkas lulusan SMK jurusan gambar bangunan.

saya pengen kul. sore jurusan Arsitek low ga sipil

aq pengn masuk sore cz nyambi kerja…

kira2 biayanya berapa ya di UNDIP ( Universitas Diponegoro )

54. fauzan - Juni 11, 2009

Ada yang punya cerita tentang kakak-kakak yang lolos ke Akuntansi unibraw, unair, undip, ugm, univ. sbls maret solo?

(wew jurusan ini amat banyak yang minat n tinggi bgt PG-xa….

55. AmaLiaKyutzZ....from MA AL-hkmaH02 - Juni 27, 2009

kNpa yaA,,, prOdi PGSD ntu bWanyak bgd peminatnya????

56. Wulan - Juni 30, 2009

Asskum..
Aq mau tanya, aq ni suka sama hitung2an..
Ngajar jga ska,tapi kalau jd guru atau dosen kok ragu y?
Pengenx sich kerja kantoran,,bagusnya ambil jurusan apa y?
Selain genk ekonomi ada yg bagus g?
,..pliz jwbnya y..

57. prima - Juli 1, 2009

ma kasih ya atas saranyya

modah2an bisa aq terapkan dalam khidupan aq,..

58. juli - Juli 3, 2009

Gimana ya…………………………………………………!
hitung2** knapa ya biaya kuliah di universitas negeri dengan swasta hampir sama?

jd bingung deh.kita2x anak org miskin jd patah smangat deh tuk kuliah?
giMana y????????????????????????????//////////////

59. frenton - Juli 15, 2009

prospek kerja untuk 5 tahun mendatang apa yaa?????

60. Hamba_Allah - Juli 18, 2009

Kalu ngambil Jurusan geodesi Fisika Juga harus di pelajari y????? Kebetulan saya Di jurusan Ips nih

61. cute girlz - Agustus 8, 2009

Alhamdulilah sy dterima d matematika UNDIP lwt SNMPTN..bwt yg mw kuliah tp mrasa preknomian klwrga paz2an gag ush ragu mw msug PTN lwt SNMPTN..gag mhal kog..yg ptg usaha dan doa..gag mst hrs kluar uang byk bwd ikt bimbel..yg ptg rjin plajari soal2 SNMPTN yg kmrn2..klo qt tkun insya allah bsa..oia,q mnt doana tmand2 biar dterima d STIS..AAMMIIINN..

62. tian ismawan - Agustus 28, 2009

.pengen banged bs mcug UNAIR FAKULTAS EKONOMI
.aq dlunya anag smk kelompok pariwisata
.bisa kagak iaa msuk fakultas ekonomi
.dr sebelum-sebelumnya aq incar banged jurusan yg satu itu
.solusinya dunk

63. jhuneei - September 2, 2009

permisi kak..
blh konsultasi gak??
begini..q kn skrg dah klz 3 SMA d balikpapan,,dan gak lama lgi itu dah lulus2an..tpi q msh bingung mw msuk mana??
udah gitu,ortu gak ngebolehin kuliah d luar kota..gak tw deh knp!!
mungkin,,uangx gak cukup kali..
pdhal,,kualitasx lbih bgusan yg d luar kota d bandingin d sni..
gmn nih??
kasih saran dong..

balas..

64. Taa_Chan - September 2, 2009

Saya ingin minta saran. Kira-kira jurusan pendidikan bahasa ingGris di UM dan di UNESA bagus mana ya? Terimakasih sebelumnya.

65. DieNie - September 3, 2009

AsS . ,
MO nNyA. ,
Pa iy jrSn kimia t lmA bGt kuLiah nyA? Mhn bnTuan., thnKs b4.,

66. Feni - September 30, 2009

Q pingin bgt msuk kedokteran gigi ui..tlong brikan tips dan trik agar saya bsa lulus simak ui..?

67. fetti - Oktober 3, 2009

akuntansi unpad gmna ?

68. Agi - Oktober 13, 2009

dari dulu pengen banget ambil jurusan psikologi,buat bonyok terserah aja w mau ambil jurusan apa. tp bokap pesen,cari jurusan yang bwt nntnya lowongan kerjanya luas. emang kalo psikologi lowongan kerjanya gmn sich??? dan nantinya tu dapet kerja di biadang yg kaya gmn aj?? tolong yah kasih info dan sarannya. thanks before

69. tya - November 4, 2009

komunikasi yang bagus dimana yah???

70. nisa - November 11, 2009

haduh….
pucing.na milih perguruan tinggi.. pa lg milih jurusan.na…
ak kelas XII IPA tp bgg mw milih jurusan apa nanti.na????????????????

71. adie - November 17, 2009

saya suka banget tipsnya, membuat saya semakin mantab dalam
memilih jurusan, yah saya sudah tentukan skrg, mohon doanya semua..,
snmptn 2010 aku dataaaaanngg!! hwehe :)

72. Alizza - November 18, 2009

Klo Aq Pgn Masuk Jur, Hub, Intern. Coz kayak e Itu jur, Q,,,, PanTes gk yah bwat Q??????????????????????
Bwat tmen2Q Klz XII bhs 1 MoGa Tahun Nie Qta Lu2z Ujian

Don’t Give up……………….

73. Eros Anarchi putri setyawan - November 23, 2009

komunikasi atau SI dari FTI yang abgus dimana ptn-nya?yuaaah, kiro2 yang di jowo sadjuaaa…

prospek kerja kira2 4 taun kedepan?

74. nana - November 28, 2009

aku bingung neh. . ,memilih jurusan lebih ke yang ku suka atau yang prospeknya bagus tapi bkin pusing. . .,n q ga bgitu suka. . ,apakah bisa suka kalau udah terbiasa????

75. dyah Inayatul Mardhiana - Desember 14, 2009

sya ingin ke UNAIR jurusan FK
Kira2 bisa ga’ ya….?
Tes tahun 2010 kapan sich…..?

76. junur - Desember 16, 2009

gimana ya….
aq ngerasa kemampuan dan kemauan aq ga sejalan!!
.
teruss kemauan orang tua juga ga sependapat dengan apa yang aq mau!!
.
kasih solusinya donk…
.
.
aq jadinya dilema

77. rhen - Desember 19, 2009

pgn jd bidan v msh agk tkut sm hal” ttg operasi & persalinan,,alnya dr dlu g prnh kbyang pgn jd bdan en bidan tu dket bgt m hdup mtinya ssorg, v prospek k dpen.a bguz.sblumnya pgn jd bdan jg ats usul ka2k, trz gmn???

78. Aa_ucen - Januari 9, 2010

Thx saran’a bgus bget tuh..

Aq jga m0 kul d’unnes..tp biaya hdup mhl g y? Tlng d0nk ksh saran.. Cz w nie dr kluarga yg g mampu..w g pengen t’lalu ngebebanin mereka

79. ricky - Januari 10, 2010

mau nanya dong..
sy itu sangat minat n bakat dng MTK.. makannya thn ini sy mau ambil jurusan matematika.. kl di UI ma di UNDIP bagusan mana yaa?? truss ada yg punya data daya tampung dan peminat per jurusan di ke2 univ itu ga?? kl masalah biaya,, mahal ga yaa?? kl ada yg punya rinciannya mauuu dong!!

pliss reply @ my email..

80. kevin Siringoringo - Januari 10, 2010

gimana ya…saya paling suka dengan Komputer tp saya benci dengan Hitung2an alias matematika…..gmana niH…apa matematika di komputer itu banyak …??

balas ya…
n makasih atas tipsnya

81. Erlita - Januari 10, 2010

bgaimana dengan S-1 pend biologi unesa???? soalnya sy suka Se kali dengan biologi…………… truz prospek kedepannya bgaimana??? dan sulit kah menembus masuk ke jurusan itudi snmptn 2010??

Tolong ya di blz…………..
makasih………….

82. Fuad Achmad - Januari 13, 2010

FK UI !!
semangaaatttt !!!!!!!!

83. GITA - Januari 14, 2010

aq pengen bgt kul d FK UNPAD….kra2 biaya ny mahal g y/??? slny keluarga q cma kel sederhana n aq msh pnya adek yg msh bth biaya…

aq mw nyoba taun nieh cozz taon llu q g luluzz…gmn,y.. mahaln FK UNPAD Atw FK UI??

84. GITA - Januari 14, 2010

oh y, klo ad yg sran ttg FK atw info ap pn..krm z ke; shel_sham@yahoo.com

85. nike - Januari 14, 2010

Q binggung banget mikirin jurusan apa yang mau q ambil antara teknik informatika, teknik kimia, teknik industri , atau statistika bantuin q dunk… plis…. q btuhnya yang cepet kerja n duwitnya banyak he2..

86. putra - Januari 15, 2010

gw kan mau masuk ilmu komunikasi tp gw jurusan ipa.
gmana ya…..??!!

87. Farida Utami - Januari 28, 2010

thx bgt buat tips nya. itu semakin memotifasi saya.

saya ingin masuk USU fak. pend. dan sas. inggris.
harapn sya bsa lulus d pilihan itu d tahun ini.
saya
mohon do’a nya yah.

88. threemy - Januari 29, 2010

kalo mau masuk um ugm akuntansi gmana yah…….

89. kikiw - Januari 30, 2010

saya suka dengan pelajaran ekonomi/akuntansi !
tetapi saya merasa bingung buat ngelanjutin kemampuan saya tersebut melanjutkan kmn, dan bsa cpat mendapatkan pekerjaan !
kasih solusi nya dong..

90. dannY - Januari 30, 2010

mw naNya niE…
gMna tRik2 byr dpt mSuk PTN…???

91. van_geulis - Januari 31, 2010

wwaaahh,,,,,,, saran” na membantu bgt tuch,,,,
saya juja agy binun mo pilih jurusan ap…
mo k eknomi, psti bnyak peminatnya, hhuuuwwwffff…..
kira” ap y??????????
lier euy……

92. Irwan imanuel - Februari 18, 2010

,wah,mksih bgt atas saran2′na,ngebantu gua bgt tuh…
,gua rencana’na mw abil jrusan sastra inggris,cita2 jd guru nie sob,,

93. adit - Maret 5, 2010

mau nanya nih,,,,yang nyangkut kepolisian itu ngambil jurusan apa ya yg bagusnya?????tlong kasih tau ya………..

94. adit - Maret 5, 2010

mau nanya nih,,,,yang nyangkut kepolisian itu ngambil jurusan apa ya yg bagusnya?????tlong kasih tau ya……….

95. L13Faaa - April 1, 2010

kalau misalx bagi pemula cprty kt nie (yg mch klz 1 SMA)gmna nie????kasih saran /gambaran d luar sana dunk………….!!!

96. ryan nugraha - April 7, 2010

saya bingung nentuin jurusan nie?
saya suka komunikasi ,berbisnis , pkok.ya jgn ada itungan yg rumit..
pnen kke unpad vikom sama itt telkom..
mohon sngat saran nya bgus nya kmna?
thanx

97. futsuka - April 18, 2010

bingung nentuin jurusan nhe
mw’y c di teknologi pendidikan tpi wat kedepannya apa lulusan itu peluang kerjanya besar??
lezzz ya..

98. ecin - April 30, 2010

pengen fak pendidikan teknik informatika di UNY klo ga fak pendidikan bahasa jepang di UNNES. passinggradenya berapa untuk keduanya ? diantara keduanya prospek kedepannya bagus yang mana?
lezz ya,, butuh info banget

99. HaNiK - Mei 7, 2010

aNtra keBidANnan N KEpERAwATAn prOsPek keDEpaN Na BAguzT aN yANg mNa cHiEeH ?
BinGuNG NiEeeH miLiH yG Mna…

100. hengki - Mei 10, 2010

bingung milih jurusan tes snmptn uns.
aku ambil ipc.2 ipa,1 ips
pilihan pertama psikologi

pilihan kedua ???teknik pangan?,(biologi?,mat?,kimia?)mipa,perencanaan wilayah dan kota?,apa fkip ya?enaknya apa ya?

pilihan ketiga???ilmu komunikasi?,manjemen?,akun?,eko?PGSD?apa yang laen ya?

gimana prospek e kerja?
mengingat ketrima di uns biar ketrima gmana ya?butuh buanyak saran nehhhh?cepattttt….ditunggu…He…he….

101. a'al budi - Mei 29, 2010

mantao,, ijin di save ya

102. malinda septiani - Juni 16, 2010

hey kalo misalkan mau ke jurusan arsitek kira-kira yang bagus dimana ?
terus peluang masuk arsitek kerjanya nanti kaya gimna ?
terus kalo misalkan mau masuk design graphic nanti peluang kerja sekarang kaya gimana ?
jurusa apa yang kira-kira pas buat otak yang pas – pas an ?
please saya butuh informasi :)
repply ya “)

103. nicky - Juli 2, 2010

bingung niy………….
udah tes bnyak gag da yang diterima…..
terus mo nyari jurusan yang paling dikit gradenya,,tapi untuk kluarnya banyak yang dibutuhin.
kira2 jurusan apa???

104. Tata - Juli 17, 2010

Aq org yg bysa2 sj.ga pntr bgd. Aq suka bgd ma yg namany itung2an,aplg pljrn mtk..lmyn lah lok pljrn mtk,aq trmsk pnter lok bdng tu. Tp yg laennya ga mudeng. Kta guru2q aq bkt disitu.dan aq memang pngn skli meneruskan di PTN ngambil jur.Pend.Mtk krna aq pngn jd guru. .dan aq mengidam2kn msk di slh stu PTN keguruan plng favorit dan plng bgs di kotaqu.dr slksi msk prtma ampe yg trhr aq ikt,ya sktr dh 4 ni lah dan aq sll ngmbil jur Pend.mtk. Dan yg ke4 ni hrpnq yg trkhr.memang jur yg aq ambil ni gradeny plng tggi di PTN ni. .dy tmpngny skrg tgl 9.sdngkn pmnatny ratusan. .kira2 gmn ea baikny? Aq pngn bgd dtrima. .tp kmpuanq ea cm gni..lok tesnya cma mtk tok mngkn bs aq.tp syngny ad pljrn2 laen,spt tes snmptn gt,cma bdanya ga ada tes pot.akdmkny. .kira2 gmn ea?mnt saran dunk?thx

105. febriyolla - Agustus 27, 2010

daya tampung fk ugm brp yaak?

106. sandychandra - September 13, 2010

wah reply dr komen yg pertama kok gt, cp bilang jurusan pertanian gt, jurusan pertanian akan msh bnyk prospek. ingat hal2 yang berbau sandang, pangan dan papan takkan pernah mati prospek. cuman di negara kita aja gk diapresiasi. orang kita tu maunya yang enak2 aja doang spt jadi PNS, polisi, karyawan dll makanya negara ini gak maju2 coz pertaniannya gk diurus.
di negara maju aja: misal U.S, jepang,cina dan Israel pertanian di perhatikan banget! so, jangan remehkan sektor pertanian jika kita masih pengen hidup, kecuali kita cman mau jadi bangsa pecundang yang maunya yg enak2 saja! thx

107. vinny - September 15, 2010

aq orang ny gx trllu pinter, tpi q sllu aj bingung dalam milih jurusan q,, tlong bantu q ya

108. naka uru - September 28, 2010

kalo teknik fisika ugm gmana ??? kira2 ntar jadi apa ya ??? bingunggg…

trus kalo ilmu pangan ???,, uuhhhh
gini nih kalo dh kls 3,,

smoga aku bisa msuk ugm !!! AMIN ^^

109. rika - Oktober 7, 2010

ka3 q bingung mo nyari jurusan pa trus peluang kerja yg bnyak pa.q suka dr dulu jd guru tp guru pa?q ska pel biologi ma b.inggris kr2 yg mn lebih bagus?

110. maya - Oktober 7, 2010

duch kak………..
awq bingung mau msuk pa……..
cita-cita yang aku pengen tkut gk kesampaian karena keterbtasan ilmu ku kak???????

jurusan ap y kak yang banyak peluang kerja serta peluang masuknya itu banyak kak??????

beri aku solusi dunxxxxxxx…….
aku tuch orngnya gk pala pintar
tapi gtu lagh kak……..
aku pengen msuk PTN dngan jurusan yang aku inginkan
tapi…
kira2 aku hrus pilih jurusan ap y kak????

111. andri - Oktober 7, 2010

kak .. bakat q kan d seni tp tu peluang kerjanya byk ga ya …
q mw nyoba fkm ..
tp ilmu q dikit .. ksh tw lah jurusan pa yag cocok ??

112. nia - Oktober 10, 2010

klau pgen di UNIBRAW… dya tmpungnya brapa ya??? trus ambil jrusan komunikasi.. dibalas ya?! mga ja bsa masuk ke sana…

113. dexna - Oktober 15, 2010

Q pengen k teknik kimia UGM kira”. Daya tampungnya berapa yah ?

114. Dhea Ariesta - Oktober 15, 2010

Saya dhea, mau tanya,
kira-kira pekerjaan untuk S1 sosiologi ke depanya jadi apa ya?!
Saya tertarik banget buat ambil jurusan sosiologi, tp masih bingung untuk prospek ke depannya gimana..
Mohon sarannya,
dan tolong di balas ya..
Thank’s before.. :)

115. Pingin sukses - Oktober 27, 2010

Gua mohon banget tolong di jawab pertanyaan gua sama orang2x yang sudah berpengalaman dan sukses..khususnya yang tadinya pas sma di jurusan IPS.. tolong bantu yaa jawab
sampai saat ini gua bingung .. gua dari jurusan IPS dan enaknya itu masuk kemana ketika kuliah ntar?? bagus nya itu ntar masuk nya kemana biar menjadi Sukses?? mohon bantuannya gua sampai saat ini bingung banget

116. nenanena - November 15, 2010

pengen ke FK tapi q dari ips…bisakah??
ql FK, perbankan, SBM ITB bagusnya dmn?
q uda da rencana tapi takuut ga masuk :(

117. Assa - November 21, 2010

Bingung mau pilih jurusan pa???

118. gitooo - November 22, 2010

aku mau kedokteran gigi, dimana yaaa?
yg passing grade nya rada kecil gtu..

119. almira - November 27, 2010

aku penen masuk pendidikan dokter ub nih!!!ada yang mau kasih info daya tampung dll ndak???thanks
al almira_kediri

120. fetika - Desember 2, 2010

aqquhh pengeeen bgtt masuk farmasi
tp kell nyuruh ke keguruannn…….

121. zack - Desember 5, 2010

ass…………..tolong utarakan semua tentang jurusan agrobisnis, passing grade, an cra msk ke sana???

122. erwin - Desember 9, 2010

Nah, enaknya disesuaikan sama kemampuan aja. Kemampuan biaya, (kecuali kamu bisa dapet biasiswa). Kamu lebih condong kemana? kedokteran atau apa?
Yang penting, jangan ngambil universitas yang bernama cuma karena gengsi… tapi bener2 karena ingin fasilitas yang memadai..

123. adawiyah - Desember 18, 2010

assalamualaykum..
bgmn dg perbedaan antara jurusan murni, teknik, n pendidikan dlm sebuah fakultas??
misal, kalo kimia y.. fak. kimia, pend. kimia,n teknik kimia.dsb..
yg mw aku tnyain klo misal biologi tu gmn??
juga prospek n klo ada kurikulumnya juga!hehe
tlg bls ya.. d emailku isti_cimud@yahoo.com
sangat butuh informasi nih..^^
-siapa aja yg tau infonya-
syukran

124. kartika - Januari 5, 2011

selam kenal,,,,,

saya mau tanya,klo saya pilihan pertama ekonomi akutansi,, baiknya untuk pilihan kedua, ambilnya apa ya???

tolong sarannya ya

Thanks

125. adar leonardo - Januari 8, 2011

kalau saya ingin masuk jurusan guru mtk,universitas yg cocok yg mana yach…?

126. adar leonardo - Januari 8, 2011

kalau saya ingin masuk jurusan guru mtk,universitas yg cocok yg mana yach…?

127. Ady Ejja - Januari 11, 2011

Apakah d UNY ada jurusan pariwisata/perhotelan gak?
Jika tidak, ada unvrsitas/ akademi mana yg bagus u’ priwisata/perhotelan d jogjakarta?

128. DAK - Januari 14, 2011

Aku pengen ambil ilmu hub. Internasional, kira2 prospek kedepan ny gmana ya? Bgus gak?

129. rijal - Januari 19, 2011

tlong saya pngn masuk UGM vakultas komunikasi d dlmnya ad apa aj sih ?

130. leo - Januari 30, 2011

hay tman ablh nnya nagk pa2 saja yang ad fkultas d uptn

131. Rama Sejati - Februari 7, 2011

Info yang bagus !

Barangkali informasi mengenai “memilih jurusan” berikut, juga berguna bagi rekan rekan yang memerlukannya. Klik > Memilih Jurusan ?

132. sri mulyati - Februari 7, 2011

low masuk di uny jrusan yang paling banyak sainganya/peminatnya ap mas/mbak?????

mohon balas

133. vanny - Februari 14, 2011

semangat semangat snmptn di depan mata.optimis ajahhhhhhhhh.allahu alam.

dion - Februari 25, 2011

iya kita sama sama berjuang untukmemesuki kursi di ptn idaman.semoga kita semua yang belajar dengan sunggu2 diterima diptn dan membahagiakan orang tuakita masing masing.AMIN YA ALLAH.

134. indah menyerah pantang - Februari 22, 2011

saya bingung mo pilih jurusan yg mana???
Antara kedokteran ama ekonomi, mnurut bakat & minat serta cita2 q pngen d kdokteran sedangkan ortu ngotot pengen masukin q d ekonomi. Aduuuuuh mana yg harus aku pilih??
Please kasih saran dong…

Nurita - Agustus 25, 2012

Kamuteh SMA ambil jurusan apa ? Kalau kamuteh punya biaya untuk ngelanjutin di Kedokteran dan menurut kamuteh bisa, coba aja di kedokteran dulu.

135. dion - Februari 25, 2011

keluarga saya kurang mampu apa ada beasiswa di ptn setelasaya di terima.dan syaratnya apa biar dapat beasiswa

136. ecka susilowati - Februari 27, 2011

hm….caya pengen bgd msuk jurusan jadi guru pengajar bahasa inggris,,,mulai dari smp saya suka pelajaran bahasa inggris smpe skarang d sma.tp,masih ragu…karena org blg bahasa inggris itu sulit.

mohon solusi

137. ACH KHUZAINI - Maret 8, 2011

saya pengen masuk ITS Surabaya jurusan DISPRO(desain produk industri)tuk thun lalu ngk ad peminatnya, trz sya punya bakat disitu, ygn saya takutkan kerjanya nanti gimana, tolong beri saran TRIMS

mar effendy nasution - Maret 15, 2011

gimana kalau masuk UNIMED ngambil jurusan olahraga….kalau dah masuk jurusan olahraga dah gampang daptar polisi..

138. iis - Maret 20, 2011

ya sih…. tp q ga tau bkat q di bdang ap…? pusing taw nentuin mo ambil jrsan apaan….

139. anggi - April 12, 2011

bakat aku gambar
tp aku ga suka itung2an
dulu obsesi jadi arsitek
taunya ga bisa jebol ITB
hampir 2tahun aku kerja di perusahaan retail di bandung,akhirnya tahun ini pengen terusin sekolah aja
ingatan aku tajam dan suka bgt kalo menghafal
kynya aku mau coba smup UNPAD aja,doain yaaaaa

140. suci sapawi - April 13, 2011

tolonggggggggggg………..
aku bingung !!!
tadinya aku udah nentuin untuk kuliah di jerman, dan orangtua mendukung,
tp stlah orangtua cri tau info bnyak tntang jerman ortu berubah fikiran !
dan tdak mengijinkan !
.. jd skrang bingung, mau ambil jurusan apa kalau didlm negri ?
.
aku suka bangt belajr bahasa, aku ank yg aktip berorganisasi, suka ikut lomba bca puisi, padato .
pkoknya yg gt.
aku gagsuka menghitung alias benci matematika !!
. ortuku suruh aku ambil dokter ato bidan , tp aku gasuka
tolong dong sarannya ?

141. vie - April 16, 2011

aku bingung banget klo kuliah ngambil jurusan apa ya???farmasi apa kebidanan y????

142. SAM - April 21, 2011

Aku binggung mau ambil jurusan apa kalu kulia,
saya suka menghitung ,memahami,tapi malas menghapal,jurusan apa yc yang cocok dengan program ipa dari sma???

balas

143. reyhan danurdoro - April 30, 2011

pengen tanya ney kk
kalo dari ips kan pasti bisa masuk hukum
nah kalo kuliah humuk ntu ada mengahafalkan UU GAK??

Ganesha - Mei 21, 2011

pastilah bos.. hukum sama undang-undang hampir sama artinya secara umum..

Hukum itu pasti Baca , baca dan baca ….
^_^ hanya sekedar info dr guru les…

144. Sergio Nainggolan - Mei 8, 2011

Aku pengen msuk Tek.Lingkungan UNDIP atau Kedokteran Hewan UGM…
Urutan pilihannya gmana dlm snmptn 2011???
Trims…

145. Grace Donald - Mei 11, 2011

Bang,Hukum UNPAD itu, biaya kuliahnya berapa yah…..????????

146. renata - Mei 13, 2011

klo jur. sumberdaya perairan gmn?
bgus g prospek kerjax?

147. yhayha - Mei 15, 2011

kak orantua aku nyuruhnya jadi bidan, maksa bgt, tapi aku nya ga mau, aku nya si pngen ntar kalo slsainya itu pngn brbaur k masyrakat atau pmimpin gtu kak, jurusan apa yg cocok nya kak? trims

148. Yayan - Mei 17, 2011

makasih inform x…………. ne bntuin bnget buat ku……………..

149. Eca - Mei 22, 2011

Siank. . .
Kakak” sekalian, saya mw konsul,skrg saya msh duduk di bangku 2SMA,tp saya msh bingung kalau di tanya nanti tamat mw ambil jurusan apa?
Ada 2 pilihan yg mungkin salah 1 ny saya ambil antara keguruan sama kebidanan, kalau keguruan bagus nya ambil jurusan apa ya?
Makasi ^^
trus menurt kk” sekalian lebih baik apa? Guru atau bidan?

150. tika_dykha - Mei 23, 2011

bisa nda yach??? Q jurusan IPS ambil fakultas tehnik sipil??? info nya donk

151. hasnah astuti - Mei 23, 2011

klo jur p’didikan b.inggris mnurut kmu gmn ???
bingung jg nih milih jur yang tepat ..

152. ulin - Juni 8, 2011

Sya mau konsul…saya duduk di kelas 2 SMA
kalau besok waktu kuliah saya ambil jrusan bahasa inggris…
kira-kira peluang kerjanya apa aja ya??

Trus untuk mndptkan pkerjaan yg bgus apa ya?

153. Andri - Juni 9, 2011

mlm k…q mw nanya,,,
Q kurang bs yg nama nya soal hitungan, tapi klo soal hapal-menghapal ok punya…q agak kuat di IPS apalagi di Sejarah, Sosiologi, Ekonomi, Dan Geografi..aku pingin skali masuk usu tp q tkt pa aku bs msk ke sana!!

yg ingin saya tanyakan… jurusan apa yang cocok buat saya di USU..mohon d Bls!

frenky - Juli 11, 2011

kmu kurng bisa yg pljaran gak pake hitungan…..
langsung aja jadi polisi…kan gak pke hitung2 gan..apa lagi polisi sudah bisa menyatu dgn plajaran yg kau sukai…sprti sosiologi,kan ad uud…klo menrut gue…

154. irma - Juli 14, 2011

tahun ini aku kelas 3. semoga snmptn 2012 aku di terima di FK atau Tehnik Kimia.

155. andika - Juli 19, 2011

kalau lulusan s-1 teknik fisika ITS bagaimana gan?

156. Zhancha - September 19, 2011

,,aqu XII d”xmk jurusan akuntansi,,qu mau lnjutin jrusan_qyu ,,rncnanya qu mau ambil jrusan perbankan tpii qu tkutnya lulusan perbankan aspeek k’depannya tdak tllu bxaak d’minta d’perushaan n lpngan krjhanya kurang,,,,????

Toloonk doonk bntuiin slsesaaain mslaah quu nii,,,spyaa qu nd slaaaah ambiiil jrusaaan,,,,??

157. Youko88 - September 25, 2011

kak.. mau tanya, saya dari dulu berminat arsitektur, tapi saya sekarang terjebak dan menyesal dengan jurusan yang saya ambil(penddikan biologi) dan sampai sekarang keinginan mnjadi arsitek semakin besar. namun yang saya takutkan prospek kerjanya arsitek ke depannya kata ortu saya kurang jelas dan mereka bilang saya prempuan cocok jadi guru aja. Padahal saya sangat suka menggambar dan sudah bercita cita jadi arsitek semenjak SD. Lalu apa yang harus saya lakukan sekarang kak??

kemudian masuk arsitektur biayanya makan duit banyak gak?? thanksengan jurusan yang saya ambil(penddikan biologi) dan sampai sekarang keinginan mnjadi arsitek semakin besar. namun yang saya takutkan prospek kerjanya arsitek ke depannya kata ortu saya kurang jelas dan mereka bilang saya prempuan cocok jadi guru aja. Padahal saya sangat suka menggambar dan sudah bercita cita jadi arsitek semenjak SD. Lalu apa yang harus saya lakukan sekarang kak??

kemudian masuk arsitektur biayanya makan duit banyak gak?? thanks

158. nia - Oktober 7, 2011

hmm menurutmu fakultas akutansi itu cocok gak buat saya? saya sekarang ada di jurusan IPA apakah saya mampu mampu fakultas akutansi ?

159. Neno_RD - Oktober 24, 2011

Doain aq lulus snmptn 2012 di Fakultas Kedokteran USU ya teman2 :D

160. aditya pratanma - Oktober 28, 2011

saya anak ips dari kecil saya ingin masuk fk atau fkg , tapi sayang aku terjerumus di ips krn sekolah yang menetukan. jika SAYA masuk fkg saya dan org tua saya pasti senang,krn ini demi masa depan.
ke pada teman2 ada saran atau usulan bisa aku masuk di fk? dan di universitas mana yang menyediakan anak ips masuk kedokteran ?
makasihhh

161. uyund - November 14, 2011

duh masih bingung juga nih,,,pilih UI atau IPB ya?
habisnya sama2 bergengsi dan berkualitas, manalagi PMDK udah di depan mata lagi….tapi denger-denger ada yang bilang kalo lewat PMDK cenderung kurang bergengsi ya? katanya kalo tes itu lebih puas,lebih bangga rasanya termasuk orang bner2 terpilih daripada pmdk ya? masak iya sih guys?

162. Fitfit - November 30, 2011

Kalau dilihat dr poin “menyesuaikan cita-cita, minat dan bakat” aku sndiri blm tau sbnrnya bkat yg paling menonjol didiriku apa, aku suka ngomong didpan umum entah itu pake bhs indo/inggris tp untk inggris aku blm sefasih cinta laura, qiqiqik.. aku jg suka gambar tp mgkn masih d katakan taraf menengah k bwah kualitas gmbrku, aku pengen jadi pengusaha/wirausahawan aku suka sgala sesuatu tntang Usaha dn kompetisi. So, gmn crnya milih fkultas yg tpat buatku? Makasiih.. :)

163. arina - Desember 18, 2011

temen .. aku di suruh orang tua aku milih fk di bidang kesehatan , aku bingung nih . palagi aku nih orang.a paling gasuka ngurus orang .. menurut kalian gmana klo aku msuk farmasi ? gmana sih prospek kdepannya ?

pliiis masukannya ..

164. lu" - Januari 2, 2012

aku bingung nih,,untuk mlih jurusan,
aku kelas XII IPA,,sdangkan SNMPTN uda ddpan mata….
utk snmpt nanti mu ngambil program ipc
jurusannya akuntansi, kesehatan masyarakat dan satu lg aq bingung ngmbil jurusannya apa….

165. lue - Januari 2, 2012

aku kelas XII ipa,,dn rncna mu ngmbil program ipc d’snmptn nanti
plihan jurusan si mu akuntansi, kesmas, nah satu lg aq msih bingung mu ngmbil apa,kalo pendidikan,aq gk minat jd guru….
tlong saran’y utk plih jrusan….
trus jg pilihan jrusan yg aq plih antra AK dn KESMAS passing gradenya gk bda jauh sm tinggi si, kalo ak 32.50 dn kesmas 30,00
pa aq plih aj jrusan itu ato nggak ya??
tlong saran ea….. k

Naura - Januari 21, 2012

salam kenal!!! aku tahun ini juga mau kuliah,, rencananya mau ngambil ipc,, emang benar ya,,ipc tuh susah ..sampai teman2 ku rada shocked gitu denger gue mau ngambil ipc…

166. jatmiko - Januari 5, 2012

tmen”.. aq bngung cri jursan yg pas bwt q. aq pngen d jursan yg hitung”n. ingin q d statistik tao d TI, lo gk jd guru mat tao fis…. tp aq msih bimbang.. gmna ni byar mantep mau k mna?

167. Eka yuliana sari - Januari 5, 2012

Menurut anda pekerjaan yang masih diperlukan 5 tahun ke depan apa?/prospek pekerjaan yg bagus dibidang apa?

168. arive ramadhanie - Januari 6, 2012

hmmmm…..fak.pendidikan yang bagus + murah ada g ya soalnya nech pengen masuk ke PTN/pts yang bagus danjuga murah

mohon bantuannya ya…..please…………

169. Naura - Januari 21, 2012

kak, aku bingung mau milih jurusan,, maunya sih langsung ips ( dari ipa) tapi sama orang tua disuruh ipc aja,, aku bingung mau nurutin apa gak, soalnya kan kalau gak nurut ortu malah gak diridoi kan kata agama,,nanti malah kacau jadinya , tapi temen2 ku bilang,,, emang kamu kuat ke ipc,,, ?? tapi sebenernya aku juga berminat di 2 jurusan itu ipa ma ips,, gimana kak ,,tolong kasih saran…..

170. Asmaul-ulmion Bezhazha-Nara Angels - Januari 26, 2012

saya bingung ngmbiil jrusan apa kalau nantii mau kuliah ???
saya sekrang SMA msuuk jrusan ipa . . .

tlong balas . ..

171. edi barito - Januari 27, 2012

IPC tuh apaan ???

172. Fifi - Februari 2, 2012

Aku berminat di pendidikan bahasa inggris, tapi masih bimbang ngeliat persaingannya :o

173. jagad kelana - Februari 2, 2012

menurt kalian, jurusan ap yg kbnyakn bisa sukses! ,

174. Heni - Februari 4, 2012

Klo ngambil jurusan seni rupa yg pluang di trima’nya bsar di universits apa y?

175. elok n k - Februari 4, 2012

mau tanya dunkz….
kira2 PTN mana saja yang menghendaki pendaftarnya dari jur IPA hanya boleh mengambil jur IPA sja….dan begitu juga untuk jur IPS…hanya diperbolehkan mengambil jur IPS saja….

makasih

176. amel - Februari 5, 2012

Kak skrng saya lagi bingung mau ambil kuliah jurusan apa…
saya sekarang sekolh di SMK jurusan Tekhnik Komputer Jaringan..
kira2 apa ia yg ccok dg saya….

trimakasih…

tolong di bls iaa…

177. jeje - Februari 7, 2012

minta p-endpat’a dong…
mnurut kali’n enakn ahli gizi/farmasi…..????

178. rhaniy - Februari 15, 2012

salam kenal….
q, dari jurusan ips, pengennya ambil sastra indo pie ortu nyutuh ambil kesehatan ,,,padahal q pginnnnnnnn bgt ambil sastra, kasih sarannya donk. pa yang harus q pilih nich…?

bingung?

maslina - Mei 8, 2012

pilih aja yang kamu pengen…

179. Putri Setiawati CL - Februari 18, 2012

Bagaimana kalau saya memilih jurusan di farmasi di negri tapi saya si sma jurusan ips?

180. choshikyumin - Februari 19, 2012

tnx ya tips ny,bs jd prtmbngn bgt ni.mnrtmu pend.bhs ing n pend.fisika pluang ny gmn?

181. wulandari permana - Februari 23, 2012

pngen ambil jurusan bahasa arab .
gw suka bnget pelajaran bahasa arab karena dulu smp saya sekolah di pesantren…:):)
gw akan ttep brusaha n berdoa sama allah , mudah”an tercapai ,

amin ya allah .

182. tia - Februari 26, 2012

pengen ngambil pendidikan mtk di unri,, bisa g ya???????

183. Anah - Februari 27, 2012

memang bnar smua yg udh d jelasn d hlman dpn,qu jg mksh bsa dpt inf0,mga qu bsa msuk k univ tsb,dg pertimbngn yg sudh matng sblum’a..

184. feafea - Maret 1, 2012

takut banget klo salah ambil jurusan…

Restu Loveane (@RestuLoveane) - Juli 3, 2012

betul………………………………………………. semoga tidak

185. rizky - April 27, 2012

kira2 peluang msuk FK di UGM i2 gmna ya??????

186. maslina - Mei 8, 2012

hmmm,,, aku pengen ke sas.indo ugm nih…..
bagus ga ya??

187. regyna - Mei 10, 2012

bingung laa , mau ambil jurusan apa ??
aku jurusan IPA , pengennya jadi perawat jadi keg mana solusinya ?

188. bie - Mei 13, 2012

do’ain ia aku mau masuk jurusan tekonlogi pangan ugM
DAN psikologi universitas indoneisa ……amin

189. afan - Mei 22, 2012

hwaaaaaaaahhhhhhhhhhh capekk gan bca komentnya,,,,, banyak Buedd

190. ecah be - Mei 30, 2012

lw UNILA (pndidikan adminstrasi)
dan UNSRI (Akuntansi) peluang d.trma’y bhyak g’…….

191. Amalia Rahmah - Mei 31, 2012

bingung

192. Wirda Fizdha Masivers - Juni 19, 2012

kalau fakultas komunikasi ?
univ mana saja yg mmpunyai fakultas komunikasi ?

193. sri - Juni 24, 2012

pengend bgt masuk, tapi ap bisa yah… ??? akhu qn baru XII IPA

194. emiti - Juli 2, 2012

Keperawatan / kdokteran sama menejemen peLuangnya Lebih bnyak mana gan.. ?!
aku masih bingung mikir 2 jurusan itu mana yang Lebih baik buat masa dpn.

195. intan - Juli 6, 2012

mau tanya dong ?
Ak suka dan minat bgt ama jurusan kimia , mnrtku ak juga lumayan mampu kalo ngambil jurusan itu . Tp ak juga suka dan minat jurusan komunikasi ? Tp ortu menyarankan ke kmunikasi aja ? Menrut pndapat km gmana yaa ? Hehe
kalo ambil kmunikasi ak blm rela jg ninggalin hal2 tentang kimia ? Gmana ya ? Galau ? :o

Luneta Aurelia - September 18, 2012

Kamu ikut kursus komputer aja tapi ambil jurusan yang ada kimianya :))

196. anag FK yg bercita-cita HI - Juli 9, 2012

Berdasarkan comen” d.atas kayaknya FK masih jdi jurusan favorit…
pada gak tau pa kalo FK tu, udah masuknya susah… keluarnya tambah susah (lulusnya).. dan kalo ditanya knapa milih FK?? pasti gara” prospek.. katanya prospeknya cerah… kata sapa tuh.. kalo jaman dulu emang bener,, nah kalo skrg??? dokter umum skrg uda berjibun.. kalo gak punya kemampuan n kekuasaan sama ja bo’ong.. gak percaya?? coba ja itung dah, uda da berapa dokter yg buka praktek d desa kalian?? bisa” 1 desa dah da 10 orang.. bayangin ja nambah berapa banyak lagi ntar di taun kalian lulus.. ya kalo kalian lulusnya cepet… ini nih.. gara” pemikiran yg kolot, bnyak siswa yg pinter tpi gak dapet sekolah gara” ngejar jur. favorit.. akhirnya jur lain jg kekurangan peminat..

padahal, kesuksesan tu gak bergantung ma jurusan kok, itu smua tetep bergantung dari kemampuan seseorang..

Luneta Aurelia - September 18, 2012

Kalo kita ada kemauan, apapun yang gak mungkinj bisa menjadi mungkin kok :)

197. lanniemarseli - Juli 15, 2012

gmna cranya jalur undangan atau beasiswa itu?
plissss kasih tau ya,…

198. payah banget - Juli 23, 2012

Siapa bilang pertanian jelek?
pertanian jelek gara2 kita nganggapnya jelek
lau sawah2 bnyk dibeli, ya qt larang dgn strategi dund.kn qt org2 terdidik.
mau ta qt g bs maem gra2 kehabisan sawah?

199. fiya - Agustus 4, 2012

Saya di trima di PTN :
1. UNJ (Universitas Negeri Jakarta)=sosiologi
2. STMI (Sekolah Tinggi Manajemen Industri) status Negeri D4=Bisnis Manajemen
Saya suka dua2 nya, bingung mau ngambil yang mana?
Beri aku saran,,,,

200. Nurul - Agustus 10, 2012

apakah dari jurusan IPS bisa mengambil jurusan desain grafis di universitas negeri??? mohon dijelaskan, terima kasih

201. devi yulianti wafiah - Agustus 26, 2012

assalamualaikum
saya sekarang kelas XII ipa kira kira kuliah murah dengan prospek cerah di jurusan apa ya…

kalo kurikulum ilmu fisika atau teknik kimia sulit ga ya???
kira kira mending pilih yang mana
kalo pertanian masih ada harapan gax sekarangkan pertanian dunia dikuasai thailand
mohon balasannya

202. bah bento - Oktober 24, 2012

fak bisnis dimana yaa..?
siapa tau..coment..

203. Cara Bisnis Pulsa - November 6, 2012

Wah wadahnya para pemuda harapan bangsa..semoga berhasil ya.

kkok - November 17, 2012

sukses deh

204. Fierda Mrz dlzviso clluccynxchpdrr - November 15, 2012

kalao mau kerja menjadi sekertaris pribadi nanti masuk ke jurusan apa?

205. Pariwisata UGM « laenelson - November 22, 2012

[...] Oh ya, kalo masih bingung coba baca ini coba Tips Memilih Jurusan di PTN [...]

206. musahasyim - Desember 5, 2012

namaku musa aku skull di MA Tebuireng, jurusan keagamaan lantas aku ingin kuliah di UI jalur undangan jurusan nya Hubungan internasional, kira-kira dirtima ngak yah n brapa peluang masuknya?

207. NUE - Desember 8, 2012

kalo jurusan arsitek harus pinter gambar gak gan?
terus kalo peluangnya masuk situ susah gak?

208. mia - Desember 17, 2012

menurut panjengan2 sedoyo kalau ambil mipa biologi enak gak ya terus p berap peluang untuk dapet beasisiwa

209. benazir - Januari 7, 2013

Kalau jurusan PLS nanti kira” kerjanya apa ya?

210. allans - Januari 13, 2013

saya pengen masuk di ITS informatika,bagi agan dan agan wati yang mau bantu kasi infonya tolong donk!!!

211. DaynNee Asco - Januari 22, 2013

Pengen Masuk Jurusan Teknik IT ato Teknik Elektro,. agan ada yang bisa sananin gua gk ? soalnya kalo cuma pilih STEI di ITB saya gk terlalu yakin… (Universitas di daerah Pulau jawa kalo bisa Jawa Barat)

212. ririn - Januari 24, 2013

mengetahui great smua ptn dan tiap jurusan yang bner d mna kak…????
krena yang q tau greatnya beda beda

Prof Dr Ir H - Februari 13, 2013

passing great itu gk ada yg pakem, cz smua it yg mbuat adl lembaga ttt

213. nurul rizka farliani - Februari 6, 2013

kalau teknik lingkungan itu bgus gak sih ? prospek ke dpnnya gmn ?

214. izzi - Februari 12, 2013

kalo dikehutanan prospeknya gimana?

215. hamdan mustafa - Februari 13, 2013

saya dr IPS, tp pingin msk ke jurusan agribisnis PTN.. apakah ada peluang untuk msk?? tlg masukan n sarannya..

216. nita - Februari 16, 2013

farmasi dan akuntansi bisnis pilih mana ya ?
tolong share jawabanya dan alasan nya dong. butuh banget n kedua nya buat bingung. makasii
d balas y serta saran dan kritik diperlukan.

217. Indira Noormalita - Maret 6, 2013

prospek kerja lulusan d3 komunikasi periklanan kira2 apa ??

218. dwi indah - Mei 5, 2013

bingung pilih jurusan PGSD p akuntansi ya…
ortu pingin aku pilih PGSD tp aku a ingin akuntansi
pilih yang mana ea….
beri solusi donk…..

219. rtombaan - Mei 7, 2013

mau tnya jika saya lulus di ptn plihan pertama di dua jurusan dan lulus juga di ptn plihan kedua di dua jurusan tersebut apakah saya bisa mengambil di pilihan kedua

220. daniel - Mei 29, 2013

pasing great untk teknik sipil di UNSRI berapa.trus penerimaan lewat sbmptn skrng berapa banyak di terima y.untk seni rupa yg bagus dimana dan berpa pasing great.
makasih :)

221. Putri Tyas - Juni 12, 2013

kalo hubungan internasional gimana??

222. day - Juni 26, 2013

kalau mau ngambil jurusan kebidanan gimana ?

223. inezforefer - Juli 3, 2013

mau tanya donk? kan dr dulu aku tu bercita-cita pengen jadi perawat setelah lulus sekolah ,tp eh setelah saya lulus,sang kakak menyarang kan supaya aku kuliah ngambil jurusan komputer akuntansi,bg mn pendapat anda dngan pertanyaan ku itu?????//

224. winda - Juli 23, 2013

kalau mau ngambil jurusan akbid gimana,,& tes,nya apa sja

225. dina fatwa - Juli 26, 2013

Nie w tdk lulus kmrin snmptn and thn dpan pngen iktan lg gmna cra nyri jurusan y minat dkit tp lngsung ke dunia krj D3?

226. dina fatwa - Juli 26, 2013

Ksih tau y..

227. Dina cahyati - September 1, 2013

Saya ingin kuliah di unimed. Apa saja persyaratan agar saya mendapat beasiswa

228. Dina cahyati - September 1, 2013

Kalau saya ingin mengambil jurusan teknik sipil bagaimana

229. jenifer - September 2, 2013

Mau msk snmptn undangan tp nilai rapot naik turun. Trs apa yg hrs dilakuin?info yaaaa:-)

230. Masriani - September 10, 2013

dari dulu aku pengen banget masuk IPB dgn jurusan PETERNAKAN,,
Menurut kalian, peluang masuk di jurusan PETERNAKAN bagaimana yah ???

Balas yah

231. Masriani - September 10, 2013

berapa besar peluang masuk IPB dgn jurusan PETERNAKAN utk SNMPTN 2014 ??

232. desypermatasari - September 21, 2013

kalau pramugari gimana? bisa ngejamin ga tuh?

233. fahmi - Oktober 23, 2013

kalo ambil ilmu filsafat gimana?prospeknya cerah ga?

234. icha - Desember 29, 2013

kalo ambil sosiologo atau musik,kdepanya bgus g

235. isnaini - Agustus 20, 2014

assalamu’alaikum. gmna klu saya ingin ngambil jurusan fisika di ITB tapi sekolah saya blum ada alumni d ITB. apa sebaiknya saya ngmbil ITB-fisika tuk SNMPTN atau ngakk?? mnta sarannya…


Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 580 pengikut lainnya.