jump to navigation

Tips dan kiat sukses snmptn Mei 1, 2008

Posted by Administrator in snmptn.
Tags: , ,
trackback

 

Buat kamu-kamu yang pengen ikutan spmb, berikut ada sedikit tips praktis tentang persiapan menjelang umptn. Sebenarnya kamu-kamu nggak perlu takut ya untuk ikutan spmb, yang penting kita harus mempersiapkan diri untuk menghadapi spmb.

Langkah pertama :

Kalo mau ikutan spmb, ya… Diniatkan yang mantap, jangan setengah hati. Siapkan semua “senjata” serta “perlengkapan perang” untuk menghadapi yang satu ini. Mantapkan tujuan kita pengen masuk kemana, misalnya kedokteran ui, teknik elektro itb, psikologi ugm atau teknik mesin undip. Pertimbangkan pula keadaan ekonomi orang tua, cita-cita, harapan orang tua, serta peluang kerjanya setelah lulus nanti.

Beli atau pinjam soal-soal spmb tahun-tahun terdahulu dari kakak-kakak kelas atau saudara, terus kerjakan soal-soal itu sebanyak mungkin. Karena soal spmb itu mengulang dari soal-soal tahun terdahulu, paling angkanya yang berubah. Oya, dari dulu spmb itu namanya selalu berubah, tapi inti-nya tetap sama. Dulu namanya proyek perintis, skalu, sipenmaru, umptn kemudian spmb.

Juga jangan remehkan mata ujian hari pertama, terutama bahasa indonesia. Rugi lho kalo nilai bhs. Indonesianya kecil, karena itu merupakan tambang nilai di spmb. Minimal bisa 25 soal yang benar.

Langkah kedua :

Kalo bisa ikutan bimbingan belajar alias bimbel, tapi kalo nggak bisa, usahakan untuk mencari referensi lain di luar bimbel, jangan malu minta ajarin sama kakak kelas yang sudah kuliah, bahkan jangan malu juga nanya sama adik kelas yang lebih pintar. Yang penting kan ilmunya bisa diserap.

Langkah ketiga :

Untuk mengukur sejauh mana persiapan dan kemampuan kita, ikut try-out spmb, pasti donk banyak tempat atau instansi di kotamu yang ngadain try-out spmb. So jangan ragu untuk ikutan. Begitu keluar nilai try-out kamu segera cocokkan sendiri dengan passing grade jurusan dan ptn yang akan kamu tuju. Kalo nilainya cukup pilih saja, tapi kalo nggak cukup pilih alternatif lain, misalnya pilih jurusan atau ptn dengan nilai passing grade yang lebih rendah. O,ya untuk bisa mengetahui nilai passing grade jurusan di ptn, bisa dilihat di bimbel atau tanya saja sama teman yang ikutan bimbel. Jangan segan untuk konsultasi ke pengajar bimbel ataupun ke kakak kelas yang pernah lulus umptn.

Langkah keempat :

Jangan lupa untuk selalu meminta petunjuk serta pertolongan dari allah, karena hanya allah yang akan menentukan segalanya. Perbanyak ibadah sunnah, misalnya shalat qiyamul lail, puasa senin kamis, shalat dhuha, dll

Langkah kelima :

Hati-hati dengan masalah teknis pengisian formulir pendaftaran. Pengisian formulir harus tepat dan hati-hati. Tidak boleh kotor, basah, terlipat atau lecek. Karena formulir umptn akan dibaca oleh komputer sehingga hal-hal tsb sangat berpengaruh. Sayang kan…, kalo sampai terjadi “kecelakaan” pada formulir spmb, padahal sebenarnya nilai spmb kamu cukup tinggi.

Langkah keenam :

Jangan lupa untuk survei tempat umptn minimal 2 hari sebelum spmb. Ambil resiko terburuk yaitu mendapatkan meja atau tempat duduk yang kurang memadai. Jadi, siapin semaksimal mungkin. Dan pada malam hari sebelum spmb jangan terlalu banyak belajar ataupun kegiatan berat lainnya, tapi istirahat untuk menenangkan pikiran, agar besoknya bisa segar. Pakailah pakaian yang nyaman, agar tidak menggangu konsentrasi.

Siapkan “senjata-senjata” berikut : minimal 4 mata pensil 2b yang siap pakai, bisa dengan menyerut 2 ujung pensil 2b, penghapus yang bersih, penggaris, klip/penjepit kertas minimal 5 buah, pulpen, tissue/saputangan, alas, jam yang tepat, air minum. O, ya kartu ujian-nya nggak boleh lupa lho…

Kalo bisa datang jangan terlalu kepagian atau terlambat. Kalo kepagian kita bisa be-te nungguin lama, kalo telat kita juga nggak tenang ngerjain soal. Waktu optimalnya kira-kira 15 menit sebelum masuk. Hindari membawa buku yang banyak, karena memberatkan, cukup “senjata” saja yang dibawa. Yakinlah bahwa kamu telah mengisi form nama, nomor ujian dan kode soal dengan benar. Jangan lupa periksa berulang-ulang.

Untuk mengerjakan soal-soal hitungan, pertama bukalah klip pada naskah soal, kemudian pisahkan satu-satu per mata pelajaran, jepit dengan klip/penjepit kertas yang telah kamu siapkan, nah, misalnya untuk mengerjakan soal fisika, dapat menghitung/mencoret-coret pada belakang naskah soal pelajaran lainnya. Lebih mudah khan??

Kerjakanlah soal yang kamu anggap paling mudah terlebih dahulu baru meningkat ke yang sedang kemudian yang sulit, sisakan waktu minimal 15 menit untuk memindahkan ke lembar jawaban. Manfaatkan waktu-waktu “injury time” untuk mengecek terakhir kebenaran form nama, nomor dll serta jawaban pada lembar jawaban komputer. Jangan terburu-buru tapi juga jangan membuang waktu. Hindari pekerjaan yang membuang waktu misalnya menyerut pensil, dsb. Rugi lho.

Setelah selesai ujian, langsung pulang, jangan keluyuran, siapkan untuk hari kedua. Kalo perlu sembunyikan lembaran soal yang kita bawa pulang. Hindari ajakan teman untuk membahas soal atau mengungkit-ungkit tentang umptn, karena akan sangat mengganggu “jiwa” kita. Kecuali kalo sudah “kebal” sih nggak apa-apa. Kalau ketemu teman cukup dengan obrolan yang ringan saja.

Hal-hal yang tak kalah penting dalam pemilihan jurusan

Sebelum memilih jurusan, ada baiknya cari informasi terlebih dahulu agar tidak terjadi penyesalan di kemudian hari. Tanya-tanya sama kakak kelas atau teman, bagaimana kuliahnya, dosennya, fasilitasnya, pergaulannya, ospeknya, biaya kuliahnya, praktikumnya, dll.

 

Sumber : syahril_dian@yahoo.com

About these ads

Komentar»

1. dian - Mei 13, 2008

saya mau tanya, boleh ya:
snmptn (seleksi nasiaonal masuk perguruan tinggi negeri) kapan waktunya, penjualan formulirnya, pengumumannya?
trus spmb tuh dihilangkan,ya.
Boleh minta daftar passing grade tiap jurusan di ptn wilayah jabar?
makasih sebelumnya, kalau bisa kirimin via e-mail saya

2. Pu3 - Mei 13, 2008

saya mw tw cara pengisian formulir SNMPTN?! saya khan tinggal di Palembang dan PTNnya khan UNSRI tapi pilihan saya hanya ada 1 di UNSRI sedangkan di UI atau di UNPAD ada semua, jadi gimana caranya supaya saya bisa pilihan di UNSRI ada dan di UI atau di UNPAD juga ada?

3. Pu3 - Mei 13, 2008

jangan lupa kirim ke e-mail saya langsung!

4. Dina - Mei 14, 2008

SNMPTN mang pengganti SPMB ya?? atau beda…sama kaya UMB, yang cuma bergabung sama beberapa universitas aj? trus kpn dilaksanakannya SNMPTN?? mulai jadwal pendaftaran sampai pasing grade-nya mulai dari nilai sampai sumbangan terutama universitas Indonesia fakultas kedokterannya..(katanya mahal ya…?)duh,,saya jadi minder klo masalah biaya…balas ke email saya…terima kasih..!!

5. Ivan - Mei 16, 2008

tolong kirimin biaya kuliah di its donk, sekalian daftar nilai nasional di ui, ugm, ama its.thnx

6. chaqy - Mei 20, 2008

hy…..
tolong kirimin nilai nasional di UI,IPB,ITB,UGM donk. yang up to date ya.
ke em@il chaky_dick@yahoo.co.id
yaph
thx b4

7. teddY - Mei 26, 2008

boleh minta passing grade

FKG-UNPAD
FT Industri-UI
FT Kimia

Plizzzz

8. teddY - Mei 26, 2008

boleh minta passing grade

FKG-UNPAD
FT Industri-UI
FT Kimia

Plizzzz

negh emailnya teddy_buzz_14@yahoo.com

swecepatnya yuakkk

9. imel - Mei 31, 2008

Aku mw nanya ni….
mana lebih tinggi passing gradenya
1.jurusan biologi UNIMED
2.JURUSAN KIMIA UNJAMBI
3.JURUSAN BAHASA INDONESIA UNIMED
4.B.INDONESIA UNRI

MAKASIH YA ….
Tlg krm ke e_mailq ya

10. Fyan - Juni 7, 2008

Asyik juga infonya bermanfaat.
Thnks dian

11. Ruri - Juni 7, 2008

Kalau passg grade tuh harus nanya ke BIMBEL ?!

12. IU - Juni 19, 2008

tolong kirim jadwal pendaftaran dan ujian UMPTN UNRI dong. makasih

13. V - Juni 20, 2008

Kiat bwt lls snmptn gmn c? Trz duit msukny gde g? Lz thx

14. aya - Juni 22, 2008

kalau udah diterima lewat umb, masih boleh ikut snmptn atau g???
aku udah diterima lewat umb jurusan pend.biologi unj. rencananya aku mw ikut snmptn.karena aku kepengen bgd msk pend.mtk unj.
boleh g kalau di snmptn aku milih pend.mtk unj n biologi non kpendidikan unj???
plisss jawab…bingung niyh…
makasih.

15. linha - Juni 23, 2008

saya ma nanya nih
untuk semua yang akan ikut dalam umptn 2008 khususnya untuk wilayah pekanbaru tepatnya UNRI,kiat gimana cara kita untuk menempuh ujian tahun ini agar mendapat hasil yang semaksimal mungkin untuk bisa benar benar lulus dan akan masuk ke perguruan tinggi yang di tujU.

16. niza_wulan - Juni 24, 2008

mau mau mau mau mau passing gradex UM ama UB dunk..:D

17. hariyanto - Juni 26, 2008

mau tanya soal passing grade di UM ma di UNESA donk!mkch sblmx

18. Kholizholic - Juni 26, 2008

Doain lulus SenamPTN STEI ITB ya kawand.

19. izzul - Juni 29, 2008

gw telat daftar huhuhuhu

20. izzul - Juni 29, 2008

duh duh duh reseeeeeeeeeeeeee
knpa sih ga bilang klo daftarnya telat2 tgl 27 juni

21. izzul - Juni 29, 2008

w jd na daftar UIN aja yaa
moga smua luluz,,,,,,,,,,,,,,,,

22. Husain - Juli 1, 2008

gw bingungnich ngadepin ujian bsok./>>>>>>>>>>>>>

23. Yiza.. - September 12, 2008

Aq pingin bngt lulus UMPTN d’uNsri juyusan FkG,Mohon d0′a na n tlg dunz bantu’n na cz aq mw prsiapan ne.. Mumpung maci kLz 3 SMA plizz yaa kirim min
d’ Aisyah_emon@yahoo.com

24. NAOMI OLIVIA.MTDG - September 12, 2008

temen2doain aq y agar aku bs masuk ke fakultas yang aku cita cita in.God bless

25. Cinot - September 12, 2008

Kazih tawu dkit z gMN sich Soal uMPtN di uNPad jurusan kedokteran

26. aiSha_sarvath - Oktober 11, 2008

kiRim ke eMaiL saya y?

aisha_sarvath@yahoo.co.id

27. Hendri - Oktober 20, 2008

Aku siswa sma mau masuk unsri jk lulus thun depan (2009).Tolong dong kasih tau passing grade
FK UNSRI
Fisika UNSRI
syarat ikut jalur PMDK apa aja sih? Please bantuin.
Nih alamat email ku
he_ndrye03@yahoo.co.id

28. YANTHY - Januari 7, 2009

gmn y cara hndari rasa gu2p saat SNMPTN nanti_a,……..?Ksh tips_a dnk…!!!

29. Vid - Januari 15, 2009

Aq mo tanya nich.. ^^,

aq kan kepingin masuk fak.Dok..
Nah apa aja sich syarat” pmdk FK UNSRi?? Makach yA.. ^^,

30. Vid - Januari 15, 2009

Aq mo tanya nich.. ^^,

aq kan kepingin masuk fak.Dok..
Nah apa aja sich syarat” pmdk FK UNSRi?? Makach yA.. ^^,

dun furGEt in heRE..
vivid_13s92@yahoo.co.id

31. RaCheLin@_a - Januari 17, 2009

kasih tau dunk jurusan apa yang paling mudah nantinya untuk mendapat pekerjaan setelah selesai kuliah???
kapan sieh formulir umptn ada n berapa haraganya???
kalaw kita jauh dari universitas yang kita tuju jauh bagaimana cara ikut ujian umptnnya???
jangan luopa jawabannya di kirim ke email saya

32. RaCheLin@_a - Januari 17, 2009
33. nuttertools - Januari 24, 2009

aku siswa sman 2 sukabumi tolong ksh tau rangking perg.tinggi duwnk?????

34. KIKI - Januari 27, 2009

Dalam SIMAK (seleksi Masuk) UI 2009 untuk pilihan IPA apa ada Materi IPA TERPADU layaknya SNM PTN?
atau hanya matematika IPA,BiOLOGI,FISIKA,dan KIMIA? Mohon jawabannya.

35. SmileZt - Januari 31, 2009

BagI2 doNk tipS lulus UN 2009x?!!krim k email aq yh lgsg
yulianaali26@yahoo.co.id

36. SmileZt - Januari 31, 2009

Thanks to kisi2 snmptnx yah k’dian. . .smOga yg ikt Unas n snMptn 2009 sukses mua..

37. yrma - Februari 3, 2009

syukron banged buad kisi kisinya
mohon doanya ya…
semangad !!!

oia…kirimin kisi kisi lu2s UN nya dunk

38. sohti - Februari 3, 2009

aq mw tanya kpn y pendaftaran spmb tuk unimed dibuka???

39. wardina - Februari 5, 2009

hai…aQ dina

aQ bingung bgt ne nentuin jurusan yg sesuai buat aQ…
pdhl,,bbrp bulan lg SMNPTN udh brlangsung..
bantuin aQ donk..
kasih tau kiat-kiat jitu pemilihan jurusan yg sesuai dengan Qta..

kirim ke email aQ ya..
dina_unik@yahoo.com

makasih bgt ya…^_^

40. die - Februari 5, 2009

Sya mw nanya,sblm nya mungkin ini masih lama,,

tp sya,
ingin lbih tau..
kmungkinan SPMB Untuk tahun 2009 tepat nya bln apa & tgl brp?

saya pgn mnt tips bwt ngadepin SPMB?
tolong kirimin k email saya :
eviill_zombie@yahoo.com

trmksh.

41. apry - Februari 24, 2009

tolong kirim’n passing grade ui donk..
makacii.^

42. nurnaningsi T. - Maret 5, 2009

asslm… aq mau banget jadi dokter. jadi aq butuh soal-soal spmb + pembahasannya biar aq bisa banyak latihan.
eh satu lagi… aq butuh motivasi, jd kirimin juga ya….

aq mohon bantuannya biar ngga grogi hadapin snmpt.
tolong dikirim ke email aq ya…
nurnaningsitajuddin@yahoo.com

thanks b4

43. denise - Maret 24, 2009

tolong kirim daftar ujian SNMPTN beserta tempat dan tanggal yang di pekanbaru. . . . . . .
please……………!!!!!!!!!!!

44. denise - Maret 24, 2009

tolong kirim daftar ujian SMNPTN beserta tempat dan tangal yang di PEKANBARU . . . . . .
PLEASE . . . . ! ! ! ! !

45. jane - April 19, 2009

kpan siy pembukaan pndftaran snmptn?
kshtau aq dong. .

46. Fitri - April 21, 2009

Sebelumnya aq ngucapin makasih ya buat tips2 di atas

oia bisa tolong kirimin soal2 spmb jurusan kedokteran plus pembahasannya?
Oia trus soal2 begitu dapatnya dimana ya?
Ada di internet?
Tolong di kirim ke email aku ya, fee3tvxq@yahoo.com
makasih ^_^

47. bhams - April 24, 2009

kak tolong kirim passing grade unand,dan unsri khusus FK , KIRIM ke email saya ya kak

birwandi@yahoo.com

48. bhams - April 24, 2009

oh ya kak tolong kirim soal -soal khusus fk ,plus pembahasabbya . thanks

49. Ferdy - Mei 2, 2009

Aslmkum.
Q tinggal di sumsel n rencana mau masuk unsri atau ipb …
Tlng dong kisi2 n pmbahasan soal2 SNMPTN ny !!
Email q :ferdyhirawan@yahoo.Com
trima ksh bnyk,,
wslamualaikm

50. Ferdy - Mei 2, 2009

Aslmkum.
Q mau msuk UNSRI ataw IPB,mau ikut SNMPTN th.2009,,tlng donk kisi2 SNMPTN+pmbahasanny,,
tlg q yaa,,pmdk udah gk dpet nii …
Email q :ferdyhirawan@yahoo.Com

51. ferdy - Mei 3, 2009

aslmlaikm…

q anak sumsel,,tlng passaing grade ny unib,,unila and unri dobg,,plisss . . .

mksiiih,,
wslamualaikum…

my email : ferdyhirawan@yahoo.com

52. nanu - Mei 9, 2009

Asslmkum.

q anak Batam. Rencananya mau ikut SNMPTN di UNAND.
tolong donk kisi kisi SNMPTN + pembahasannya, lagi butuh nie,,,

plisssss,,
krim ke emailku ya : pyo_stars@yahoo.co.id

makasih bnyak.
wasalamualaikum.

53. ardi - Mei 16, 2009

kapan jadwal pendaftaran di unimed,bls

54. ardi - Mei 16, 2009

bak kapan jadwal pendaftaran mahasiswa baru di unimed
dan tlng bls ke email ku
aardinovianhar@yahoo.com

55. innaa - Mei 21, 2009

saya sekolah d SMK jurusan TI, saya ingin ikut snmptn tp saya bingung memilih paket soal. Misal IPA, materi fisika,kimia ma biologi msh kurang…misal IPS, sejarah,geografi,ekonomi,dan s0siologi ga d ajarin d sekolah..klo IPC, apalagi???? minta tips’y dong…krim ke email saya..inatayuga@gmail.com…thanxs

56. Intan - Mei 27, 2009

HalO. ,
aku mau ikt snMptn ne.ambil jurusan akuntan,kira2 BERApa soal y6 b3nar y6 aku jawb agar aku bs lulus.t0l0ng d blz ya.

57. Yuyun Agustina - Mei 29, 2009

tolong kirimkan kapan pendaftaran SPMB untuk kota medan di buka????
Thank’s

58. wiEdh - Mei 29, 2009

haLuu,,aLL…
bNtuin gW dUnk,,
gW pndTang bR d pKu..

dMn tMpt peNgambiLan forMuLir SNMPTN y…??
aNd dMn z tmPtnYa..

tLongiN gW y…

itZ mY eMaiL : chilie_winni3@yahoo.co.id
thx..

59. artha - Juni 10, 2009

Tolong kirim kan soal prediksi SNMPTN 2009 ke Email q dong….

60. Frisma - Juni 16, 2009

q minta dkirimin biaya di UNAIR
trutama jurusan farmasi
please…!!!!!!!!

bagi tmen2 yg tw, tolong kirim ke emailq
M.Freez_M@yahoo.com

61. andi - Juni 16, 2009

Saran yang bagus.
Tolong kirimkan soal dan pembahasan snmptn 2008 dan prediksi untuk 2009. Ke e-mail saya di alvreyza@gmail.com. Mohon bantuannya segera, ujian sebentar lagi. Saya sangat butuh bantuan Anda.
Terima kasih.

62. muhammad sansy - Juni 27, 2009

semua yang baca ini tolong doa’in gua lulus SNMPTN please …………………

63. agus .m - September 4, 2009

THANK YOU bro.. atas infonya

64. raisa dian - September 14, 2009

apa sih bedanya jalur pmdk sama umptn ? dan dari kedua jalur tersebut,apa yang menjadi kelebihannya ?

65. raisa dian - September 14, 2009

apa sih bedanya jalur pmdk sama umptn ? dan dari kedua jalur tersebut,apa yang menjadi kelebihannya ? tolong di kirim ke e-mail saya. loveraisa23@yahoo.com

66. fetti - Oktober 3, 2009

klo snmptn itu kita bisa milih jurusan smpe brpa pilihan ?
kasih info dong ttg passing grade di UNPAD buat jurusan IPS .

lwt email aja nih ..
fetti_fetoth@yahoo.com
makasih ..

67. Junitas joe coman - Oktober 6, 2009

boleh nanya ngak?????

klo ank IPS mw masuk ke geologi bisa ngak????

mohon jwbaaaanx!!

68. lintang - Oktober 16, 2009

assalamu’alaikum
tolong dund kirim passing grade
FK UB ke email lintangbeibh@yahoo.com
pliiss..makasii

69. ntunk - Desember 10, 2009

s7

70. 3me - Desember 11, 2009

aduh aduh
trus yang anak sMkn gmn dunk….

71. juliuz - Desember 12, 2009

gue mo NnyA bgaiman sistem atau Cra bLjAr yang baik…unTuk nGaDEPIn SNmPTN,CoZ GuE biNgUnG BgEt cra nGAtasin sfat bLjAr saya Yng NgAk Karuan………?please d lz yahhhhhh?

72. PARULIAN - Januari 14, 2010

Tlang dnk krimkn soal SNMPTN tahun tahun terdahlu Cz Q moe ambill Kedokteran nie…..????
lZ KE EMAIL Q ZZ

73. annisahasbi - Januari 14, 2010

mm… mau nanya.. tolong kasih tau dungs.. tentang informasi jurusan farmasi di UNRI riau… thx..

74. arman simanjuntak - Januari 19, 2010

enak ga kuliah di unimed????????
q mw jurusan pend.matematikanya

75. doNna - Februari 19, 2010

aQ pngen tau brp passing grade tiap2 jurusan di PTN yg da d Indonesia..aQ pngen ambil ekonomi d unand..brp ya passing gradenya????

76. Meto - April 1, 2010

nih senam PTN serentak yah se indonesia taw per provinsi…?
Sy maw Ambil FK di UNHAS ma UGM pass gradenya brapa yah…?

77. Satria - April 5, 2010

Klu blh tau nilai standar umptn untuk itb, sm ugm brapa..?

78. putra - April 23, 2010

sblumnya trima kasih atas ajaran dan informasinya,,,,,
sngat berharga skli buat kami yg ingin mendaftar….
oh y,saya mau tnya sbrpa jauhnya prbdaan soal2 UN dgn soal spmb kalau bda kli soal yg sma nya yg mna???

79. sisma - April 26, 2010

aq maw tnya donk
gmana sh cra daftar snamptn secra online?/?

80. epuipe - April 28, 2010

Trims infonya :D

81. diena purnama ayu - Mei 4, 2010

kpn pendaftaran’a di buka,blom da kbr brita’a ne,,,,
truz brpa kira” biaya’a..

blas ke e-mail sya aja..
thanx sblm’a..

82. defita aprelia - Mei 24, 2010

ehm …setelah baca artikel di atas cukup termotivasi…
tp terkadang melihat saingannya ,soal2nya yg susah …kdang merasa pesimis..

mau tnya gmn bisa masuk fkip mtk unila ???

email : daprelia@yahoo.com
thanks before

83. widya - Mei 24, 2010

boleh minta passing grade farmasi unand n pend. mtk unp??
tlg via e-mail ya..
thenkz..

84. deemaz pantank ntuk menyerah - Juni 3, 2010

makasih buat kiat kiatnya…
semoga bermanfaat bagi semuanya…
amin…
moga aku masuk uns di ilmu komputer…
dan semuanya sukses..
aminn….

85. deri hendola - Juni 4, 2010

Mw nNya law ujian TPA pa pilihan jurusan ny juga di tulis?

86. deri hendola - Juni 4, 2010

Mw nNya law ujian TPA pa pilihan jurusan ny juga di tlis?

87. giia - Juni 4, 2010

snmptn jur.kedoktern di bandung di mana aja ??? kpn di buka snmptn nya ??? kalo unpad atu unjani ngadain snmptn ksh tw sblumnya yh ???

88. muhammad nasir pane - Agustus 17, 2010

klau smptn 2011 unpad kapan dibuka ??????? tolong kasih taw ya /???

89. yani - Agustus 20, 2010

tolong dong kirimin biaya/Bulan UNIMED, coz_a butuh banget nie…
blz ke email que ja ya suryani_9255@yahoo.com
thanks

90. yuliana - Oktober 3, 2010

please kirimkan daftar passing grade 2011,seluruh indonesia kalo bisa. aq g nemu2 nyari ne.
krm ke email q y.
yuliana_thequincy@yahoo.com
makasih…

91. Desri Addini - Oktober 15, 2010

snmptn jursan kmputer yg bgus d’bndung d’mna yah???
mksiii sblumnya!!

92. firda - November 23, 2010

mau tanya dong gimana caranya ikut pmdk unand 2011.
sekolah saya banyak yang minat ke unand tapi sekolah saya tidak pernah mendapat tawaran pmdk unand.
tolong di bales ya . mksh

93. firda - November 23, 2010

saya udah cari di web unand tapi ga ada. kalo ada, kasih tau yaaa

94. sarmita - Januari 11, 2011

mau tanya dunk….kpn buka pndftrn snmptn 2011 d pekan baru????????tolong d bls ea trimakasih.

95. rul - Januari 30, 2011

pndftaran tuk d unimed kpn ya ??
mang SPMB skrg ga ad ge ya ??
jgn lupa blz k e_mail saya ya,,
makaseh

96. eli astuti - Februari 11, 2011

kapan pengumuman undangan snmptn 2011 dan bidik misi?

97. marnala xmamora - Februari 14, 2011

kak jrusan yy bgus utk thn ni pa ea???

98. hendrayana - Februari 15, 2011

salam…saya pengen tanya, kalau snmptn 2011 program bahasa bisa ikutan gak? Makasih ataz perhatianny.. Dtunggu balasanny y

99. Martin James L - Februari 23, 2011

kak, saya mau tanya tentang pengisian nama, saya punya nama yang panjang, Martin James Lumbanraja, itukan gak cukup dikotak pengisian nama, jadi gimana ya?

100. Erwinsyah Ardi - Maret 13, 2011

salam super, saya mau nanya nih…

kalo masalah biaya di STEI ITB kira2 brapa yah?? (mksdnya uang pendaftarannya sama uang pembangunana)
makasih…

101. yusfriani - Maret 23, 2011

kak mw nny nee…
kpn pendaftaran d’unimed ????

jgn lupa ea bls’a ke email saya
makasih…

ricopradanarosady - Mei 5, 2011

ka mw t? nhe kpan pndaftaran d’unila yha
seX LIAN AK MAU SRNG NHe

klo smpt bls yha dialmt eM ku
yha

102. juneyear- mei 2, 2011 - Mei 2, 2011

apa mampu ea lulusan ponpes masuk jurusan kedokteran d UB Malang….pdhal q minim bgt bljr pljran MIPA swktu di ponpes…..

mhon saranx….dan pa yg hruz q lkukan prtma klix gar trcapai cta2 q itu….

thank……
jgn lp blz d email-q ea?

103. jekson manik yapim - Mei 3, 2011

kk aq mw nny
tekad aq sngat kuat tpi bljr aq kurang
gmn mnghadapi tuh kk
tlng d’blz y kk

104. eva - Mei 7, 2011

makasih buat kiat kiatnya…
aq mau nanya donk gimana cara pendaftaran snmptn secra online???
jgn lupa ych bls ke email saya
thankz…

Ardhy Yuliawan - Mei 11, 2011

Ya,, tinggal buka aja websitenya… di snmptn.ac.id :)

meri nova - Mei 19, 2011

mw nanya neh…….kebanyakan soal2 snmptn dari taon 2010 qn?????

105. Ardhy Yuliawan - Mei 11, 2011

Mas,, doakan saya diterima di fak.kedokteran UNS ya.. ><

106. Muhammad Benny Risdianto - Mei 22, 2011

hehehe bismillahirrohmanirrohim… yakin bisa nembus SNMPTN Tulis 2011

107. Eko Noprianto - Mei 22, 2011

Mudah-mudahan aku sukses di SNMPTN 2011, doakan ya semuanya ,,,

108. Afifur Rahman - Mei 22, 2011

tolong aku dikirimi passing gradeNya undip sama unnes donk,,,

terima kasih.

109. siska rinanda - Mei 29, 2011

do’a kan saya lulus mengikuti tes snmptn ea smua a.. ka2q adex.ibuq bpk. dsb…
oea… peserta ujian pakai pakaian apa ea??????
denger berita harus pakai kemeja bagi peserta yg mengikutinya.. apa itu benar adanya ? harus pakai kemeja.?

110. septia eka putri - Juli 18, 2011

assalamualaikum… mau tanya apa jurusan yg bagus untuk snmptn 2012 nanti ? supaya saya bisa mempersiapkan diri terlebih dahulu. terimakasi
wassalam..

111. muhaemin - Juli 24, 2011

tolong dong pak kirimin passing grad nya untuk UI ,ITB, IPB jurusan ilmu komputer/informatika, makasih sebelummya, dan bagimana caranya medapatkan soal2 yang dulu2 apa ada di toko2 buku atau di tempat kursus ya mohon dibalas yaa ka

112. Mei Ntuw Cii Yolanda - Oktober 1, 2011

tQ

113. sonny - November 3, 2011

jurusan apa yang prospek kedepannya paling bagus?

114. Wahyu Esti - November 26, 2011

thanks kak, doakan ya sukses di SNMPTN.
teman2,mohon doanya :)

115. Dewi rosa - Januari 17, 2012

Thanx ea ka’ atas tips na, n m0ga brmanfa’at bwat aku.:-)

116. isma - Februari 6, 2012

terimakasih

117. katerine silaban - Maret 4, 2012

passing grade terbaru’a kog gak ada yahhhh?

118. Ciput - Maret 23, 2012

Assalamu’alaikum wr.wb ,minta pass grade’y unnes ma undip . Kalu jur’ pendidikan yg bgus prospek kedepanya apa ya kak?krm via email .mksh


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 566 pengikut lainnya.