jump to navigation

Sejarah Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru April 14, 2008

Posted by Administrator in Informasi SNMPTN.
trackback

Dari Wikipedia Indonesia, ensiklopedia bebas berbahasa Indonesia.

Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru atau biasa disingkat SPMB adalah salah satu bentuk ujian penerimaan mahasiswa untuk perguruan tinggi negeri, selain program mandiri (melalui ujian mandiri) dan penyaluran minat dan bakat melalui sekolah-sekolah (PMDK). Ujian ini dilaksanakan selama dua hari dalam setiap tahunnya secara serentak di seluruh Indonesia, biasanya dilaksanakan pada awal bulan Juli.

sejarah

Ujian ini pada awalnya disebut SKALU (Sekretariat Kerja sama antar Lima Universitas) yang pertama kali diadakan secara serentak oleh lima perguruan tinggi negeri pada tahun 1976. Ke lima PTN ini merupakan lima PTN paling diminati (favorit) oleh para calon mahasiswa. Perguruan tinggi negeri (PTN) yang terlibat dalam program rintisan itu adalah Universitas Indonesia di Jakarta, Institut Pertanian Bogor, Institut Teknologi Bandung, Universitas Gadjah Mada di Yogyakarta, dan Universitas Airlangga di Surabaya.

Dengan sistem ujian masuk secara serentak ini, para calon mahasiswa tidak usah melakukan perjalanan jauh untuk menempuh beberapa ujian masuk perguruan tinggi negeri favorit pada waktu dan tempat yang berbeda untuk meningkatkan kemungkinan mereka diterima. Menurut Departemen Pendidikan dan Kebudayaan (sekarang Departemen Pendidikan Nasional), sistem ujian bersama ini bertujuan menolong para calon mahasiswa untuk menghemat waktu dan biaya walaupun sistem ini jelas mengakibatkan peluang seorang calon mahasiswa untuk memilih lebih dari satu PTN favorit menjadi hilang.

Pada 1977, sistem SKALU diperbaiki dengan mengharuskan mahasiswa memilih program studinya dan bukan hanya perguruan tinggi yang ingin dimasukinya. Atas pertimbangan jumlah PTN, standar dan lokasi, pada 1979 sistem ini dikembangkan dengan melibatkan lebih banyak perguruan tinggi negeri, yang dibagi ke dalam tiga kategori.

Kategori pertama di beri nama Proyek Perintis 1 yang melibatkan 10 perguruan tinggi, yaitu kelima perguruan tinggi di atas ditambah dengan Universitas Padjadjaran di Bandung, Universitas Diponegoro Semarang, Universitas Brawijaya Malang, Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya, dan Universitas Sumatera Utara di Medan.

Di masyarakat luas, Proyek Perintis 1 ini lebih dikenal dengan nama SKASU (Sekretariat Kerja sama Antar Sepuluh Universitas). Dalam sistem ini, mahasiswa diizinkan memilih tiga program studi di tiga perguruan tinggi.

Setelah kategori pertama, IPB, UI, ITB, dan UGM menyelenggarakan penerimaan mahasiswa baru tanpa ujian yang dikenal dengan nama Proyek Perintis 2. Sementara itu, 23 perguruan tinggi negeri lainnya mengembangkan sistem yang mirip Proyek Perintis 1 dengan nama Proyek Perintis. Sedangkan kategori tiga, yaitu perintis tiga, merupakan seleksi pada 23 PTN lainnya dengan proyek perintis tiga. Pada saat yang sama, 10 IKIP (Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan) mengembangkan sistem penerimaan dengan nama Proyek Perintis 4.

Tahun 1983, Depdikbud memutuskan mengadopsi sistem Proyek Perintis 1 dan 2 secara nasional dengan menghapus Proyek Perintis 3 dan 4. Sistem baru ini melibatkan semua perguruan tinggi negeri dan dikenal sebagai Sistem Penerimaan Mahasiswa Baru (Sipenmaru), sedangkan sistem penerimaan tanpa ujian dikenal dengan nama Penelusuran Minat dan Kemampuan (PMDK). Tahun 1989, PMDK dihapus dan Sipenmaru berubah menjadi UMPTN. Sistem penerimaan mahasiswa baru yang disebut terakhir ini bertahan hingga 2001, menyusul keluarnya SK Mendiknas No 173/U/2001 dan berubah nama menjadi SPMB.

Peserta

Peserta adalah lulusan IPA, IPS atau Bahasa dari SMA atau sederajat dan telah lulus ujian nasional pada tahun yang sama (hingga dua tahun sebelumnya) dengan penyelenggaraan SPMB. Misalnya pada tahun 2006, SPMB boleh diikuti lulusan IPA, IPS atau Bahasa dari SMA atau sederajat yang telah lulus ujian nasional pada tahun 2006, 2005 atau 2004. Peserta terbagi atas peserta jurusan IPA, IPS dan IPC. Masing-masing peserta IPA dan IPS mengikuti ujian hari kedua sesuai jurusannya, sementara peserta IPC harus mengikuti ujian kemampuan IPA dan IPS.

Biasanya calon peserta lulusan IPA dan ingin memilih jurusan perkuliahan yang noneksakta, maka calon peserta itu mengikuti ujian jurusan IPC. Padahal tidaklah harus demikian karena calon peserta itu dapat langsung memilih ujian jurusan IPS. Ini bergantung kepada pilihan-pilihan jurusan perkuliahan yang dipilih.

Materi yang Diujikan
ari pertama (Pk. 07.30 – 10.30 WIB)
emampuan dasar (kuantitatif dan bahasa):
Matematika Dasar 25 soal
Bahasa Indonesia 25 soal
Bahasa Inggris 25 soal
ari kedua
emampuan IPA (Pk. 07.30 – 10.00 WIB)
Matematika IPA 15 soal
Biologi 15 soal
Kimia 15 soal
Fisika 15 soal
IPA Terpadu 15 soal
emampuan IPS (Pk. 11.00 – 12.30 WIB)
Sejarah 20 soal
Geografi 20 soal
Ekonomi 20 soal
IPS Terpadu 15 soal

Ujian Khusus

Untuk jurusan perkuliahan tertentu seperti jurusan kinesiologi (ilmu olahraga) dan jurusan desain dan seni rupa, diadakan pula ujian ketiga yang merupakan keterampilan dasar bergantung kepada jurusan perkuliahan yang dipilih, contohnya masing-masing berupa ujian fisik dan ujian keterampilan seni rupa.

Ada baiknya para peserta ujian benar-benar telah mengetahui seluk beluk ujian sebelum memilih jurusan dalam SPMB, dengan bertanya langsung kepada perguruan tinggi yang dituju maupun bimbingan konseling pendidikan.

About these ads

Komentar»

1. student - Juni 26, 2008

minta tolong kirimin prediksi soal SNMPTN IPC k email w y, bsa kn?

2. nuna - Juli 19, 2008

minta toloooooong bgt..
ada yg tau ga ..gmn caranya liat arsip hasil spmb thn 2006??

3. iqbal - Februari 15, 2009

tolong kirimin kisi-kisi snmptn yeee….

4. dita eka novriana - April 3, 2009

Dear Sir/Mrs

Mohon bantuan daftar calon mahasiswa FK-UI dan UGM th 2009.
Tqu.

5. annisa - Mei 4, 2009

tolong kirimin kisi-kisi snmptn 2009 ke email gue dunk..
please banget…
thank before…

6. Tami - Mei 25, 2009

Tlong kirimin gmana cara pendaftaran SNMPTN 2009 ini,brhubung sya lulusan angkatan 2008,jd bingung sya gmana daftarnya dn kmana? Oia, tes TPA snmptn thn ini sama kya tes msuk peg.negri iya atau gk? Makasih.

7. baem taylor - Juni 5, 2009

mungkinkah saya dapat masuk universitas negeri di indonesia

8. ima - Juni 22, 2009

plis dund,, kirmn kisi-kisi cnth soal ipc,,
soalnya ima masi rada blank nih,,

kirm k email jja yia,,
saiaima@yahoo.com

trims before,, ^.^

9. marisa - Juni 30, 2009

smg aq lls.q da capek ikt ujian.

10. Rabka - Agustus 15, 2009

Bingung nih, mw msuk mna, unindo atw iteband…..

11. ira - Januari 2, 2010

kirimin dunkz kisi-kisi soal SNMPTN UGM 2010..di email aquh..

12. ibas - Januari 4, 2010

nilai rata rata snmptn yang diterima di ui berapa yah?

13. Rindu Kinanti - Februari 3, 2010

tolong ya di kirmkan ke e-mail saya info tentang beasiswa PTN di wilayah pulau Jawa , thanks ya..

14. IKA SULISTYAWATI - Februari 14, 2010

MBK AD FILE2 SOAL TES MSUK UNY GA

15. mega - Februari 19, 2010

bagaimana cara masuk ke universitas bandung, dan apa aja persyaratan tes masuknya, terima kasih

16. vera - Februari 21, 2010

tlong kirimin prediksi snmptn IPC UNTIRTA 2010 ,,, di email q yh,, bisa kan!!

email
vfajrin@yahoo.co.id

17. erva - Mei 5, 2010

tlong donk send k email gw prediksi utul sejarah UNM 2010

18. denisha - Mei 19, 2010

saya mau tanya, penilaian IPC gimana ya?

19. vania - Juni 15, 2010

besok udah snmptn aja,mudah²an soal²nya ga beda jauh sama yg taun kmaren..
dan qta smua bisa lulus,amiinn..
ui or unpad i’m coming… amiiiiiiiinnnn…….

20. hetty - Juli 10, 2010

pengumuman snmptn tinggal menghitung hari.jantung q dah deg deg an bgt ne…. minta doanya yach….


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 545 pengikut lainnya.